Pengaruh penerapan model pembelajaran daur belajar (learning cycle, Johnson) terhadap motivasi belajar kimia siswa kelas II SMU Negeri 2 Malang tahun pelajaran 2002/2003 oleh Ika Fajarini
Main Author: | Fajarini, Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23517/ |
Daftar Isi:
- Salahsatukrurcikeberhasilandalambelajmadalahadanyamotivasiyangkuatdaridirisiswa.Kurangryaminatsiswaterhadappelajarankimiajelasakanmempengaruhmiotivasisiswadalammempelajarkiimia.Motivasimerupakanfaktorpemrnjangkeberhasilanbelajarsiswa.Siswayangmemilikimotivasibelajarrendahdalambelajarakanmenampakkansikapyangenggandanbosanselamakegiatanbetajarmengajarberlangsungsebaliknyasiswayangmemilikimotivasiyangtinggldalambelajarakanmenampakkansikapyangbersungguhsungguhdalambelajarnya.TeoriKonstruktivismemenekankanmotivasiintrinsikyangadapadadirisiswa.SalahsatumodelpembelajaranymgberonentaspiadaTeoriKonstruktivismeyangdapatdiangkatsebagamiodelpembelajaraanlternatifuntukmemotivassiiswadalamkegiatanbelajaradalahdaurbelajar(learningcycle).Modelpembelajaraninimempunyaienamfase/tahappadasetiapsiklusnya.PenelitianinidilakukandiSMUNegeri2MalangdenganpopulasisiswakelasIItahunpelajaran200212003yangterdiridari8kelas.Sampeldalampenelitianiniterdiridari2kelasyaitukelasII-BsebagakielompokeksperimendankelasII-Csebagakielompokkontrol.TeknikyangdipakaidalampengambilansampealdalahsarnpeblertujuanQturposivesample)maksudnyasampelyangdigunakandalampenelitianinitidakdapatdiubahformasikelasnyadisampingitudalamkegiatanpilotingkelasyangakandiberikanpe.ria-i.-trsaLrrrriairillcntuliani.ciornpckckspcrimcndialardorganmodeipembeiajaracniaurbeiajar(leamingc1cle)se.dangkaknelompokkontroltidaLdiajai.letganliiodeipcrnbi1rcaurbeiajartieamrngqtcielswamumimeiainkandialardorganmcdeikonvenstonallcarnpuran)P.eneiitianininterupakarpretteiriiurrekspei-iiiieiitaAi.naiisisiiasiiperrelitranyangdipakaradalahulItterltadapmotivasibelalarktmtakeduakelompok.Rr-i2s111-laiaiisilireirelil3npenerapanmodelpembelajarandaurbelajar(leaningc-vcle.msmpuntaipengaruh-vangposltitritadaDoti/astrei41i.rriiiais.na.iiarririaatiiit-taaltnasiianaiisisdatapenelitianvartumotivasibelaiarkimiasiswayangdalamkegiatanbela-iriyarnenggu-aia.iiiJipembelajaradnaurbelajar(leamingcycle)wnderurtgtinggisebanya2k2siswaatau5238o/soiswamemilikikriteriapositifterhadapmotivasibelajarkimiasedangkasniswayangdalamkegiatanbelajarnyatidakmenggunakamnodelpembJlajaradnaurbelajar(/eamingcycle)hanya14siswaatau3333%siswayangmemilikikriteriapositifterhadapmotivasibelajarkimiahaliniberartisiswayangdiajardenganmodelpembelajarandaurbelaju(learningcycle)mempunyalmotivasibelajarkimiayanglebihbaikdaripadasiswayangtidakdiajardenganmodelpembelajarandaurbelajar(learningcycle).Berdasarkahnasilanalisisujitpadatarafsignifikans0i05terdapatperbedaanmotivasibelajarkimiaantarakelaseksperimendankelaskontrol.Penerapamnodelpembelajaradnaurbelajar(leamingcycle)mempunyaipengaruhyangpositifterhadapmotivasibelajarkimiadaripadapenerapanmodelkonvensiona(lcampuran)B.erdasarkahnasilpenelitianyangdiperolehpenerapanmodelpembelajaradnaurbelajar(leamingcycle)dalampembelajaraknimiadapatmeninskatkanmotivasibelaiarkimiasiswa.