Pengembangan modul bahan kimia di rumah tangga menurut model daur belajar (leaarning cycle) untuntuk pembelajaran sains-kimia SMP kelas vii sesuai dengan kurikulum SMP 2004 oleh Rita Susilawati

Main Author: Susilawati, Rita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23516/
Daftar Isi:
  • Kurikulum2004merupakankunkulumberbasiskompetensiyangakandiberlakukapnemerintahsebagapienggantikurikulum1994.Kurikulum2004mempunyapiaradigmayangberbedadengankurikutum1994sehinggamembawakonsekuenspiadaprosespembelajaranmaterigurudansekolah.SelainitukurikutumZOO4mimuatbahankajiankimiadiSMPyangsebelumnyatidakada.DalamrangkamenyambutpelaksanaanKwikulum2004dansepertianjurankurikulumberbasiskompetensidiperlukanperangkatataumediapengajaranmisalnyabahanajar.Bahanajarseyogyanyabersifatmandiriyaitudapatdipelajanolehsiiwasendiribaikdisekolahmaupunditempatlain.SblahsatubentukbahanajartersebuatdalahmodulpembelajaranP.adapenelitianinidikembangkanmodulpembelajarabnahankimiadirumahtanggamenggunakanmodeldaurbelalar(LearnrngCycle)urftupkembelajarasnainskimiadiSMPKelasVIIyangmenacupadaKurikulum2004.Langkah-langkahpengembangamnodulantaralainmengkajikurikulumdanmenetapkarimateyriangikandikembangkanmengkajipendekatanpembelajarananalisissumberbelajarmenyuslmmodulpembelajaranmelakukanvalidasianalisisdatamelaksanakarnevisidanmemproduksimodulpembelajaranv.alidasiyangdilalrukanadalahvalidasiisi(content)yaituuntukmengetahukietepalandankesesuaiainsidengankurikulumketepatandankesesuaiankegiatanbelajardenganmodellearningyctetigafasesertakernenafikanmodulsecaraumurn.Validatoryangdipilihadalah2dosenJurusanKimiaUMdan5guruSainssMPNegertmaupunSMPswastadiMalang.Modulhasilpengembangatnerdiridariduabagianyaitubagianpendahuluanantaralainhalamanjudulkatapengantardaftarisidaftartabeldaftargambarpanduanbagipenggunamoduldanpendahuluan(sekilastentangbahankimiadirumahtangga)settabagia.tisiyangterdiridari4kegiatanbelajaryattgza.tpembersihiitpemutihzatpewangidanpembasmsieranggaS.etiapkegiatanbelajarierdiriclaribeberapakomponenyaitusubjudulkompetensidasarindikatorhasilbelajaruraianfaktualmenujuuraiankonseptualtahapan-tahapalnearningcycletigafase(ekplorasipengenalankonsepdanaplikasikonsep)yangdldalamnya.terdapatlembarkerjasiswauraianmateridansoal-soaalplikasi.Selainitusetiapkegiatanbelajardrlingftapirangtumandaftarpustakadankuncijawaban.Hasilvalidasimenunjukkanbihwamodulyangdisusunadalahvalidmeskipunterdapatbeberapasaranuntukperbaikanmodul.SetelahdirevisimodulpembelajaranbahankimiadirumahtanggiinidapatdigunakandalamkegiatanpembelajarandisekolahdalamrangkaperielapanI(urikulum2004.untukkesempumaanmoduldisarankanuntukmelakukanvalidasiempirikpadasiswaSMP.