Studi tentang faktor-faktor penghambat dan pendukung pembelajaran kimia pada program akselerasi SMUN III Malang oleh Ibnu Mukti

Main Author: Mukti, Ibnu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23514/
Daftar Isi:
  • PenelitianinidilakukankarenapenyelenggaraapnrognmakselerasdiiSMUNIIIMalangmasihdalamtahapujicobasehinggataklepasdaripermasalahan-permasaladhaalnampelaksanaannyOa.lehkarenaituperludiidentifikasipermasalahan-permasalayhaanngdihadapiolehgurusiswadansekolahdalamrnelaksanakapnrogramtersebutT.ujuanpenelitianiniadalahmengidentifkiasifaktor-faktorpenghambadtanpendukungpembelajaraknimiayangdialamiolehgurudansiswa)rogramakselerasi.DatapenelitianinidihimpundarihasilpengisianangketolehgurudansiswaprogramakselerasAi.nalisisdatapenelitiandilakukandengancaramenghitungpresentasejawabarenspondenuntuksetiapvariabelpenelitianD.atatersebudtideskripsikandikualifikasikandandisimpulkansehinggadiperolehfaktor-faktorpenghambadtanpendukungpembelajaraknimiapadaprogramakselerasOi.lehkarenaitupenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwafaktorpenghambaytangdialamiolehguru.Semuagurukimiaprogramakselerasmiengajajrugapadaprogramreguler.Sebagianbesar(667%)gurumengajarlebihdari24jampelajarandalamminggu.Sebagiankecil(333%)gurupemahmengikutikegiatanilmiahdanpendidikantambahanF.aktorpendukungyangdialamiolehguru.Semuagurubergelarsarjanapendidikankimiaberstatusgurutetapmempunyapiengalamanmengajarcukupdandalamkerjanyagurumembentuk1tim.Semuagurumenyusunperangkaptembelajarandanmenggunakamnetodeceramahdiskusipraktikumdantanyajawabsertadilengkapidenganmediapembelajaraynangcukup.Penilaiandilakukansecaraberkelanjutandanterintegrasaintararanahkognitifafektifpsikomotorikdanditambahdenganportofolio.Faktor-faklorpenghambaytangdialamiolehsiswaprogramakselerasiS.ebagianbesar(61%)siswabaikdalamkerjaindividutetapikurangsukakerjakelompok.Sebagianbesar(64%)siswakurangpersiapandalarnmengikutiKBM.Faktor-faktorpendukun5nyayangdialaomleihsiswa.Sebagiabnesar(57%)siswamempunyaimotivasibelajaryangtinggidancukupbesar(54%)siswamemilikiperalatanbelajardenganlengkapP.adaumumnya(8a%)siswamempunyagiuruprivatdan89%siswaaklifdalammengikutpiembelajaraknimiadikelas.