Studi kelayakan penggunaan modul minyak bumi dalam pembelajaran kimia siswa kelas I SMA Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2003/2004 oleh Ani Ekowati

Main Author: Ekowati, Ani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23510/
Daftar Isi:
  • Pergeseranparadigmapembelajarandariparadigmabehaviorismemenujuparadigmakonstruktivismemendasariterjadinyaperubahankurikulumyqitu_darikuritcutum1994menjadiKurikulum2004.SalahsatuusahauntukmelengkapiqerangkatKurikulum2004adalahdikembangkannyabanajar.Sahsatubahanajaryangmampumembuatsiswaaktifmengkonstruksipengetahuannyaadalahirodrit.PadasaatinitelahdikembangkansalahsatucontohmodulpembelajaranminyakbumiyangberorientasKiurikulum2004olehAini(200a).Pengem-banganmociulinitelahmencapaitahapvalidasiisidengantingkatvaliditassebesar8349%yangberartivalid(tidakperludirevisi).Namunmodulinibelumditerapkandalamiembetalarandikelas.Untukmengetahuikelayakanmodulpembelajaraninimakaferludiujicobakankepadasiswa.RumusanMasalahdalampenelitianiniadalah(1)adakahperbedaanyangsigrrifikanantarasiswayangpembelajarannyadenganmoduldantanpamodul(2)bagaimanatingkatketuntasanbelajarsiswa(3)bagaimanakeaktifansiswadalamprosespembelajarandenganmoduldan(a)bagaimanapersepssiiswaterhadapmodulRancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganpenelitianeksperimentaslemu(qraslexperimental)dandeslcriptif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasISMANegeri4Malangtatrunpelajaran200312004S.ampelpenelitianiniadalahkelasIrsebagaikelaseksperimendankelasIrsebagaikelaskontrol.Teknikyangdipakaiuntukpengambilansampeladalahpurposivesampling.Hasilpenelitiantentang(l)hasilbelajardianalisisdenganbantuanSPSS10.0/orWindowsdengantehtikIndependent-SampeTlest(2)ketuntasanbelajardanpersepsisiswaterhadapmoduldan(3)prosespembelajarandenganmenggunakanmoduldianalisisdeskriptifkualitatif.Darihasilpenelitianinidapatdisimpulkan(1)siswayangpembelajarannyadenganmodulmemilikihasilbelajar(nilaireraa7852)lebihtinggidibandingkandengansiswayangpembelajarannyatanpamodul(nilairerata6436)(2)ketuntasanbelajarsiswayangpembelajarannydaenganmodul(925%)lebihtinggidibandingkandengansiswayangpembelajarannyatanpamodul(4285%)(3)Keahifansiswadalamprosespembelajarandenganmodulmengalamipeningkatan.PeningkatanKeaktifansiswadalamwaktupembelajaransatujampelajaransebesar2orangsedangkandalamwaltuduajampelajaransebesarl0orangdBn(4)menurutpersepsisiswaSMANegeri4Malangmodulyangdigunakanbaikdanmenarik.Persepsisiswapadaketigakelompok(kelompokatassedangdanterhadapmodulsamayaitubahwamodulyangdigunakanbaikdanmenarik.Darihasilpenelitiandisarankan(l)diadakannyapenelitiandengansampelyanglebihluassehinggahasilyangdiperolehlebihsahihdan(2)sebelumdigunakansebagabiahanajarsebaiknyadilakukanrevisiterhadapmodulpembelajaranminyakbumiini.