Pengembangan paket bimbingan sinema edukasi untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa SMP di sekolah berbasis pondok pesantren / Listina Atul Hidayah
Main Author: | Hidayah, Listina Atul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2351/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANHidayahListinaA.2017.PengembanganPaketBimbinganSinemaEdukasiuntukMeningkatkanKemampuanPenyesuaianDiriSiswaSMPdiSekolahBerbasisPondokPesantren.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.MuslihatiS.Ag.M.Pd.(II)Dr.IM.HambaliM.Pd.KatakunciPenyesuaianDiriPondokPesantrenSinemaEdukasi.Penyesuaiandirimerupakansuatuprosesyangdilakukanseseorangsecaraterusmenerusuntukmenyeimbangkandiridengantuntutanlingkunganuntukdapatmencapaikenyamanandalammenjalaniaktivitas.BerdasarkanneedassessmentdiSMPplusAl-FatimahBojonegorodiketahuipermasalahanyangdihadapiolehsebagianbesarsiswibaruketikatinggaldiasramapondokpesantrenyaitutidakbetahmerasatidakmampumengaturwaktudankegiatanmerasaterlalulelahinginpindahsekolahinginpulangkarenarinduorangtuamenyendiridanmenarikdiridarilingkunganhal-haltersebutmerupakangejalaketikaseseorangtidakmampumenyesuaikandiridenganlingkungan(Hurlock2000)yangakhirnyamengakibatkansiswaboyongbahkanketikasemesterawalbarudimulaisatupekan.TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanpaketbimbinganpenyesuaiandirimenggunakanbimbingankelompokdengantekniksinemaedukasiuntukmembantusiswakelasVIImeningkatkankemampuanpenyesuaiandiridisekolahberbasispondokpesantren.PenelitiandanpengembanganinimengadaptasilangkahBorgGall(1983).Proseduryangdilaksanakanadalah(1)pengumpulandata(2)penyusunanproduk(3)ujicobaproduk(4)revisiprodukdan(5)penyajianprodukpenelitian.Produkdiujiberdasarkanaspekkeberterimaanyangdikembangkanmenjadiinstrumenskalapenilaianolehpeneliti.Subjekujicobadibagimenjadiduayaituujicobaprodukawaldanujilapanganterbatas.Ujicobaprodukawaltelahdilakukanolehahlimateridanahlimediasedangkanujilapanganterbatasdilakukanolehcalonpenggunayaitukonselor.Datakuantitatifdarihasilujiahlimaterimediadancalonpenggunadianalisismenggunakaninter-rateragreementmodel(Gregory2011)sertahasilberupasarandianalisissecaradeskriptif.BerdasarkanhasilujiahlimateriolehDosenJurusanBimbingandanKonselingahlimediaolehDosenJurusanTeknologiPendidikandanJurusanBimbingandanKonselingdiperolehindeksvaliditassangattinggidianalisismenggunakaninter-rateragreementmodel(Gregory2011).Sedangkandatadeskripstifpadalembarsaranperbaikandijadikansebagaipertimbangandalamrevisiproduk.KesimpulanyangdiperolehdalampenelitiandanpengembanganiniadalahprodukpaketbimbingansinemaedukasiuntukmeningkatkankemampuanpenyesuaiandirisiswaSMPdisekolahberbasispondokpesantrentelahmemenuhiaspekkegunaanketepatankemudahandankemenarikan.Untukmengetahikeefektifanpaketbimbinganinikonselordanpenelitilaindapatmelakukanujieksperimendengankelompokterbatas.