Faktor-faktor pendukung, penghambat bagi guru kimia kelas I Cawu III dalam mengembangkan proses belajar mengajar materi redoks, hidrokarbon, dan minyak bumi berdasarkan kurikulum 1994 di beberapa SMU Kota malang oleh Mawarsih

Main Author: Mawarsih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23509/
Daftar Isi:
  • Kurikulummerupakanperangkaptembelajaraynangberisikanrambu-rambutujuantopikpembelajaranmetodologpiembelajarandanaspekpembelajaratnainya.KeberhasilanmencapatiargetkurikulumtidaklepasdariperanangurusebagapiihakyangterlibatlangsungsehubungadnengantugasnyasebagapierencanapelaksanadansekaligussebagapiengevaluaskiegiatanbelajarmengajarG.uruyangmemilikiperananpentingdalamprosespembelajaranmerupakansumberinformasuintukmengetahufiaktor-faktorpendukungpenghambadtansolusiyangdiperlukanuntukmelaksanakapnembelajaraknimia.PenelitianinibertujuanuntukmengetahufaiktorfaktorpendukungpenghambabtagigurukimiakelasIcawuIIIdalammengembangkapnrosesbelajarmengajamrateriredokshidrokarbondanminyakbumiberdasarkaknurikulum1994dibeberapaSMUkotaMalang.Faktor-faktorpendukungpenghambattersebutditinjaudarikondisigurupercncanaanpengajarankegiatanbelajarmengajarevaluaspienilaiankegiatanbelajarmengajar.Metodepenelitianadalahdeskriptifdenganteknikpengambilansampeslecararandom.SubyekpenelitianadalahgurukimiadiSMUMalangbaiknegeriatauswastayangmengajakrelasI.Jumlahsubyekpenelitianyangterjangkaudalampenelitianinisebanyaktujuhorangguru.Instrumenpengumpulandatamenggunakanangketsedangteknikanalisisdatayangdigunakanadalahprosentase.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaberdasarkainjasahterakhirpengalamandalammengajarsertajumlahpenataraynangdiikutidapatdisimpulkanbahwagurukimiaSMUdiMalangprofesionaslebagagiurukimia.Halinimerupakanfalctorpendukungbaggiurukimiadalampelaksanaankurikulu1m994.TetapiselaintugasmengajarbebanmengajayrangberlebihankesulitanmenyusunrencanapengajaranbelumditerapkannymaetodeCBSAkesulitanmembuaetvaluasimerupakahnal-halyangmenghambaptengajarankimia