Persepsi siswa kelas 3 jurusan IPA SMU Negeri Kota Kdiri tentang bimbingan belajar kimia dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar kimia di sekolah oleh Trisning Ambarwati
Main Author: | Ambarwati, Trisning |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23507/ |
Daftar Isi:
- Jikakitakajilebihdalammasalahbelajaryangdialamisiswasangatkompleks.Salahsatunyayangpalingmenonjoladalahmasalahprestasibelajar.Apalagipenentuankelulusandanketamatanbelajarsiswasangatditentukanolehprestasbielajarsiswadisekolah.Siswadituntutuntukmelakukanpenyesuaianyangbaikdalamsituasibelajaroptimalsesuaidenganpotensibakatminatdankemampuanyangadapadasiswakarenaituadabebarapasiswamengikutibirnbinganbelajar.Penelitianinibertujuanmengetahui(1)persepssiiswakelas3jurusanIPASMUNegeriKotaKediriterhadapbimbinganbelajar(2)motivasisiswakelas3jurusanIPASMUNegeriKotaKediridalammengikutibimbinganbelajarkimia(3)materipelqiarankimiayangmenurutsiswakelas3jurusanIPASMUNegeriKotaKediriperlumendapatbimbinganbelajar(4)perbedaanprestasibelajarkimiasiswakelas3jurusanIPASMUNegeriKotaKediriantarayangmengikutibimbinganbelajardenganyangtidakmengikutibimbinganbelajar.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskripifkomparatif.Populasidalampenelitianiniadalahsemuasiswakelas3jurusanIPASMUNegeriKotaKediri.SampelpenelitianmeliputisampelsekolahdansampelsiswaterdiriatasSMUNegeriIKotaKediri36siswgSMUNegeri2KotaKediri29siswaSMUNegeri3KotaKediri40siswaSMUNegeri5KotaKediri4lsiswaSMUNegeri6KotaKediri31siswadanSMUNegeri7KotaKediri43siswa.Instrumenpenelitianberupaangkettentangpersepsisiswakelas3jurusanIPASMUNegenKotaKediritentangbimbinganbelajar.DataprestasibelajarkimiadiperolehdengancaradokumentasiA.ngketdianalisismelaluiperhitunganpersentasjeawabanrespondenD.ataprestasibelajardianalisismenggunakanuji-tHasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)siswakelas3jurusanIPASMUNegeriKotaKedirimempunyaipenepsibahwabimbinganbelajartambahanpelajarankimiaprlu(2)siswatermotivasimengikutibimbingankimiakarenamerekainginmemahamiilmukimia(814%)inginmeningkatkanprestasbielajarhtmia(523o/oi)ngrnmenambahpengetahuandibidangkimia(597o/o)danagardapatmenyelesaikansoal-soaklimiasecaracepatpraktisdantepat(431o/o)(3)materipelajarankimiayangmenurutsiswaperlubimbinganbelajaryaituredoksdaneleltrokimia(796Yo)tatanamasenyawaorganik(568%)termokimia(536%)tatanamasenyawaanorganik(523o/o)hitungkaimnia(455%)lajureaksi(436%)persamaarnesi(a27%)larutan(405o/od)ankonsepmol(3417o)(4)prestasibelajarkimiasiswayangmengikutibimbinganbelajarkimialebihbaikdaripadapreasibelajarkimiasiswayangtidakmengikutibimbinganbelajarkimia.