Pengembangan media pembelajaran dengan pemrograman visual untuk mata pelajaran IPS SD kelas 5 di SDN Cepokomulyo 02 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Aedhon Zunaedi
Main Author: | Zunaedi, Aedhon |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/235/ |
Daftar Isi:
- Kata Kunci : Pengembangan, Pemrograman Visual, IPA Pengembangan media pembelajaran dengan pemrograman visual untuk mata pelajaran IPA merupakan media yang di tujukan untuk membantu kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa. Dari hasil observasi ke sekolah, proses belajar mengajar masih menggunakan metode klasikal yaitu menggunakan buku penunjang / buku paket. Maka dari itu diharapkan pengembangan ini dapat menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih bervariatif dan dapat memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu media pembelajaran yang variatif dan layak agar pembelajaran yang dilakukan tidak monotone dan dapat meningkatkan prestasi serta motivasi belajar siswa. Pengembangan ini di uji cobakan di SDN Cepokomulyo 02 Kepanjen pada kelas 5 yang berjumlah 28 siswa. Uji coba ini di peruntukkan untuk mengumpulkan data dalam rangka mengetahui tingkat ke valid media yang dikembangkan. Pengumpulan data yang digunakan meliputi : angket ahli materi, media, dan audien serta tes hasil belajar untuk siswa. Hasil dari pengembangan media pembelajaran dengan pemrograman visual untuk mata pelajaran IPA memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 90%, ahli materi mencapai tingkat kevalidan 90%, dan uji audien (siswa) Uji kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 82,5%, uji lapangan mencapai tingkat kevalidan 83,83%. Berdasarkan hasil pengembangan telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komputer berbasis pemrograman visual untuk mata pelajaran IPA kelas di SDN Cepokomulyo 02 Kepanjen, valid/layak digunakan dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Saran dalam pengembangan ini meliputi, bagi sekolah dengan adanya media berbasis komputer ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk menambah media lainnya sehingga dapat menunjang kegiatan belajar siswa, bagi guru dalam pemanfaatan media ini agar tidak terjadi kesalahan atau kekurangan hendaknya guru terlebih dahulu membaca serta memahami betul petunjuk pemanfaatan yang telah disediakan, sehingga penggunaan media dalam proses belajar tidak tergangggu. Disamping itu guru harus memiliki ketrampilan mengoperasikan computer/ laptop dan LCD proyektor, bagi siswa Saran bagi siswa dalam penggunaan media ini saat melihat tayangan hendaknya disertai dengan membuka buku yang berkaitan dengan materi sehingga dapat memaksimalkan pembelajaran, bagi pengembang selanjutnya, hendaknya harus lebih selektif dalam memilih komposisi gambar, animasi, video, desain background, susunan tombol-tombol agar siswa lebih tertarik untuk mempelajarinya. Disamping itu, pengembang juga disarankan agar mengembangkan pembelajaran ini pada semua mata pelajaran.