Peningkatan kualitas pembelajaran pada konsep tetapan kesetimbangan dengan pendekatan problem posing siswa kelas II SMU Panjura Malang oleh Dwi Indrayanti

Main Author: Indrayanti, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23497/
Daftar Isi:
  • MateritetapankesetimbanganmerupakanmateriyangdianggapsulitolehsiswaSMUPanjuraMalang.Nilairata-rataulanganharianIIsiswakelasIIsemester1200212003sebesa5r56.Dalammateriinidipelajaritetapankesetimbanganberdasarkankonsentrasiderajatdisosiasidantetapankesetimbanganberdasarkantekananparsialuntukreaksifasagas.Berdasarkankenyataantersebut.perluadanyapendekatanpembelajaranyangbaruuntukmeningkatkankualitaspembela.jaransiswayaitudenganpendekatanproblemposing(pengajuansoal).YangmenjadipermasalahannyaadalahapakahdenganpendekatanproblemposingdapalmeningkatkankualitaspembelajaransiswakelasIISMUPanjuraMalang.SubyekpenelitianadalahsiswakelasII-2SMUPanjuraMalangsebanyak30siswa.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangmenggunakanduasiklus.SiklusIsiswamembuatsoalkemudiandiselesaikansendiri.HasilyangdiperolehdarisiklusIadalahnilairata-ratateskemampuanproblemposfugsebesa5r.33sedangkannilairata-ratatespemahamansiswasebesarI19darinilaitespemahamansiswaantara9sampaidenganI7nilaimaksimum2l.SiklusIIsiswamembuatsoalkemudiandiselesaikanolehsiswalain.HasilyangdiperolehdarisiklusIIadalahnilairata-ratateskemampuanproblemposlngsebesar667sedangkannilairata-ratatespemahamankonsepsiswasebesar1853darinilaitespemahamansiswaantara15sampaidengan25nilaimaksimum28.PadasiklusIIsiswalebihaktifdibandingkansiklusI.Dengandemikianpendekatanproblemposingdapalmeningkatkankualitaspembelajaranyangditunjukkanadanyapeningkatanpemahamankonsepsiswa.