Peningkatan kualitas pembelajaran pada konsep tetapan kesetimbangan dengan pendekatan problem posing siswa kelas II SMU Panjura Malang oleh Dwi Indrayanti
Main Author: | Indrayanti, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23497/ |
Daftar Isi:
- MateritetapankesetimbanganmerupakanmateriyangdianggapsulitolehsiswaSMUPanjuraMalang.Nilairata-rataulanganharianIIsiswakelasIIsemester1200212003sebesa5r56.Dalammateriinidipelajaritetapankesetimbanganberdasarkankonsentrasiderajatdisosiasidantetapankesetimbanganberdasarkantekananparsialuntukreaksifasagas.Berdasarkankenyataantersebut.perluadanyapendekatanpembelajaranyangbaruuntukmeningkatkankualitaspembela.jaransiswayaitudenganpendekatanproblemposing(pengajuansoal).YangmenjadipermasalahannyaadalahapakahdenganpendekatanproblemposingdapalmeningkatkankualitaspembelajaransiswakelasIISMUPanjuraMalang.SubyekpenelitianadalahsiswakelasII-2SMUPanjuraMalangsebanyak30siswa.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangmenggunakanduasiklus.SiklusIsiswamembuatsoalkemudiandiselesaikansendiri.HasilyangdiperolehdarisiklusIadalahnilairata-ratateskemampuanproblemposfugsebesa5r.33sedangkannilairata-ratatespemahamansiswasebesarI19darinilaitespemahamansiswaantara9sampaidenganI7nilaimaksimum2l.SiklusIIsiswamembuatsoalkemudiandiselesaikanolehsiswalain.HasilyangdiperolehdarisiklusIIadalahnilairata-ratateskemampuanproblemposlngsebesar667sedangkannilairata-ratatespemahamankonsepsiswasebesar1853darinilaitespemahamansiswaantara15sampaidengan25nilaimaksimum28.PadasiklusIIsiswalebihaktifdibandingkansiklusI.Dengandemikianpendekatanproblemposingdapalmeningkatkankualitaspembelajaranyangditunjukkanadanyapeningkatanpemahamankonsepsiswa.