Identifikasi kesalahan konsep materi kesetimbangan kimia melalui penggambaran mikroskopis pada siswa kelas 2 SMA Negeri 1 Pandaan tahun pelajaran 2003/2004 dan upaya menguranginya dengan strategi konflk kognitif oleh Fitry Indah Suradiana

Main Author: Suradiana, Fitry Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23485/
Daftar Isi:
  • Konsep-konsepkimiasebagianbesarbersifatabstrakmemungkinkansiswaSMAmengalamikesulitanuntukmemahaminyasehinggacenderungterjadikesalahapnemahamanI.(esalahaninidiidentifikasisebagakiesalahankonsepbilaterjadisecarakonsisten.Salahsatucarauntukmengidentihkasiterjadinyakesalahaknonsepadalahdcnganrnenggunakangambaranmikroskopis.KesalahankonsepyangterjadimungkinclapatdikurangimelaluipembelajaranremididenganstrategkionflikkognitifStrategiinimeliputiempatlangkahpokokyaitu(1)Identifikaskiesalahankr)nsep(2)Penciptaansituasikonflikpadastrukturkognitifsiswa.(3)Pemberianbimbinganpadasiswauntukmelakukanprosesekuilibrasidan(4)Rekonstmksipemahamansiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengetairui(1)Pemahamansisu.akelas2SMAtentangkonsep-konsepdalammaterikesetimbangankimiamelaluipenggambaranmikroskopissebelumdansesudarhemidi.(2)KesalahankonsepIangdialamisiswakelas2tentangkonsepkonsepdalammaterikesetirnbangankimiamelaluipenggambaranmikroskopissebelumdansesudahremidi(3)KeefektifanremiCidenganmenggunakanstrategikonflikkognitifdalamurengurangikesalahankonsepyangdialamisiswakelas2tentangkonsep-konsepdalar-nmaterikesetimbangankimiamelaluipenggambaranmikoskopis.Penelitianinitermasukpenelitiandeskriptifdaneksperimen.rUntukpenelitianeksperimenrancanganyangdigunakiuradalahonegrouppretestpostest.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas2SMANegeri1Pandaansebanyak279oratg.Sampelpenelitianiniadalahsiswakelas2.1sebanyak40orangyangdiambildenganteknikpurposivesample(pengambilanbertujuan).Instrumenpenelitianberupatesobyektifbentukpilihangandayangterdiridari12butirsoal.Instrumensebelurndigunakandiverifikasiterlebihdahulumelaluiujivaliditasisidanreliabilitas.Validitasisidalampenelitianadalah1sedangkanreliabilitastesdiukrrrdengankorelasiproduct-momentsebesar09.Untukujikeefektifanremididenganstrategikonflikkognitifdalammengurangikesalahankonsepdigunakanujil.DarihasilperhitunganpadapenelitianinidiperolehIsebesa1r092sedangkatnututsebesalrti9.Hasilpenelitianinidiperoleh(1)Pemahamansiswatentangkonsepkonsepdalammaterikesetimbangankimiamelaluipenggambaranmikroskopissebelumremidisangatrendahdansesudahremiditergolongsangattinggi(2)Kesalahankonsepyangdialamisiswatentangkonsep-konsepdalammaterikesetimbangankimiaadalah(a)keadaansetimbangtercapaibilareaktanselaluhabisbereaksi(51%)(b)konsentrasireaktantidakpernahtetapmeskipunkeadaansetimbangtercapaikarenareversiber(30%)(kkeosnesteimntbraasnhigaasanildreaalakhshinarsaisl.kinagli-mkosninsgdeinptaransgpikeartekaakndseidnigbaa(cng)ikdroeuenmfgiuJaisenahrenaatsetistlarknpayarain9r)-1)_FaktyrKonsenrraszrat-zatyaynagngb.emreearkgsuib(3r9%ir)ar(gea)rpeetnaapmanbkaehsaenktoimnbseannlgraasnaisdealalaluhPcj.jelimbayanmpkKeeeesnsnegegtgrigfmumenbsaaaenakknrgneagastaknaekneletiisamaraabtrohaarenhngkkdaoe.nkteeeafrrimsaaihirekaknhat5n.r.%aeUna)e(k4rs(5-giyb)1oep)Are(kn0noin.pngrnki.anut)aninpat.eentk.b.saleuinhraauni.lm.ga.nnegvngolglgur.emris)eertsetnralatenggmikaotnefrlkiikeskeotgimniTbtitafnengresaktnitmuir9i.akde.9as1raemtimmbeaingguarkanenagriakhepsraordauhka(4nkgons)espesrrisa(w3)a