Kajian tentang retensi konsep mol dan persepsi terhadap pembelajaran kimia serta hubungannya dengan prestasi belajar siswa kelas 1 dan 2 MAN Kandangan Kediri oleh Laili Candrayani

Main Author: Candrayani, Laili
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23482/
Daftar Isi:
  • ATISIRAKCandrayanLiaili.2003.KajiantentangRetensKicnsepMoldanPersepsi-.TerhadapPembelajaraKnimiasertaHubungannydaenganPrestasBielajarSiswaKelasIdan2MANKanCangaKnediri.skripsiJurusanPendidikanKimiaFMIPAUniversitaNsegenMalangP.embimbing(1)DrIWayanDasnaM.Si.M.Ed.(2Y)ahminS.Pd.M.Si.KstaKunciretensikonsepmolpersepsiprestasbielajar.Prestasbielajarsiswadipengaruhoilehbeberapafahordiantaranyaadalahpersepsdianretensi.Dalampenguasaaknonsepkimiakeberhasilasniswadalammenguaskaoinsep-konsekpimiadijenjang1anglebihrendahakanmempengaruhiprestabsielajakrimiapadaperiodeberikutnyaD.emikianjugadenganpersepsisiswatcrhadappcmbclajaraknimiamcntpcngaruthinigkatpemahamasniswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahupiersentasreetensikonsepmolsiswatingkatkualifikasipersepssiiswatcrhadappembelajaraknimiadansejauhmanakorelasaintarafaktorretensdianlrrsepsimempengaruhpirestasbielajar.PenelitiainnidilakukandiMANKandangadnansebagasiubyekpenelitianadalahsiswakelasIyangberjumlah33siswadansiswakelas2yangberjumlah3lsiswaD.atapersepsdiiperolehdengannrenggunakaanngketpersepsisedangkandataretensdiiperolehdenganmenggunakasnoaltesretenskionsepmol.Untukdataprestassiiswadiperolehdenganteknikdokumentasyiangdiambildaridatanilaiulanganhariankonsepmolkelasl.TeknikanalisisyangdigunakanadalahanalisiskorelaspiroduclmomentdarjPearsondananalisisregresgiandasertaujikomparasdiengant-tesyangdilakukanpadatarafsignifikan5%(ps005).Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(I)Persentasreetensikonsepmolsiswakelas2lebihbesardaripersentaseretensisisvrakelasIhalinidisebabkanolehbanyakfaktorsalahsatunyakarenasiswakelas2telahmenerimakonsepstoikiometrisebelumdilakukantesretensikonsepmol(2)SiswakelasIMANKandanganmemilikipersepsyiangrendahdenganskorrata-rata6882dibandingkandenganpersepssiiswakelas2yangskorrata-raunya7732paskorrata-rataharapan75(3)Adahubunganpositifyangsignifikanantararetensdianprestasdiengankoefisienkorelasisebesa0r596untukkelasIdan0607untukkelas2(4)Terdapahtubunganpositifyangsigrrifikanantarapersepsdianprestasdiengankoefisienkorelasisebesa0r673(kelasI)dan055I(kelas2)dan(5)Adaperbedaaynangsignifikanantarapersepsdianretensikelasldengankelas2denganilaitsebesa3r54dan329.