Perbedaan prestasi belajar kimia siswa kelas I yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model JIGSAW dengan pembelajaran konvensional pokok bahasan allkana, alkena, dan alkuna di SMA Negeri 1 Torjun Kabupaten Sampang oleh Qoidatul Farhah

Main Author: Farhah, Qoidatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23448/
Daftar Isi:
  • Dewasainiterjadiperubahanparadigmapendidikandaribehaviorismekekonstrulitivisme.Perubahaniniberpengaruhterhadapmetodepembelajaranyangditerapkan.SalahsatumetodepembelajaranyangmenganutteorikonfrultivismeadalahmetodepembelajarankooperatifmodelJigsaw.PenelitianinibertujuanuntukmengetahupierbedaanprestasibelajarsiswakelasIantarayangdiajarmenggunakanpembelajarankooperatifJigsawdenganpembelajarankonvensionalpokokbahasanalkanaalkenadanalkuna.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasiexperimental)R.ancangapnenelitianiniadalahpostrustonlycontrolgroupdesign.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswaSMANegeriITodunKabupatenSampangkelasIsemesterIItahunajaran2003l2004yangterdiriatas5kelasdenganjumlah231siswa-PengambilansampeldilakukansecaraacakkelompokyaitukelasI.Idankelas1.2.Analisishasilyangdipakaiadatahujinormalitashomogenitaskesamaanduarata-ratadanujitHasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(l)TerdapatperbedaanyangsignifikanprestasibelajarsiswakelasIantarayangdiajarmenggunakanpembelajarankooperatifmodeljigsawdenganpembelajarankonvensionalpadapokokbahasanalkanaalkenadanalkuna.(2)TidakadaperhdaanyangsignifikanprestasibelajarsiswakelasIyangberkemampuantinggiantarayangdiajarmenggunakanpembelajarankooperatifmodeljigsawdenganpembelajarankonvensionalpadapokokbahasanalkanaalkenadanalkuna.(3)TerdapatperbedaanyangsigrrifrkanprestasibelajarsiswakelasIyangberkemampuanrendahantarayangdiajarmenggunakanpembelajarankooperatifmodeljigsawdenganpembelajarankonvensionalpadapokokbahasanalkan4alkenadanalkuna.KeunggulandaripembelajarankooperatifmodelJigsawiniadalahsiswabersikapaktifdalammenyelesaikantugasataupunmenanggapi/mengajukanpertanyaansaatdiskusiberlangsung.