Pengembangan modul pembelajaran hidrokarbon dengan model daur belajar (learning cycle) untuk pembelajaran kimia siswa kelas I sebagai penunjang penerapan pendekatan konstruktivistik oleh Enis Suliastifah
Main Author: | Suliastifah, Enis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23424/ |
Daftar Isi:
- AdanyaperubahanparadigmapembelajarandaribEhavioristikmenujukonstruktivistikmenuntutperubahanpendekatandanmetodepembelajarandikelasyaitudariteacher-centeredmenjadistudent-centered.Perubahanparadigmatersebujtugamendasariperubahankurikulumyaitukurikulum1994menjadikurikulum2004(kurikulumberbasiskompetensi).Untukmembantumenerapkanpendekatankonstruktivistikdansepertianjurankurikulumberbasiskompetensidiperlukanperangkatataumediapembelajaranmisalnyabahanajar.Bahanalarseyoryanyabersifatmandiriyaitudapatdipelajariolehsiswasendiribaikdisekolahmaupunditempatlain.Salahsatubentukbahanajartersebutadalahmodulpembelajaran.Padapenelitianinidikembangkanmodulpembelajaranhidrokarbonsesuaimodeldaurbelajar(learningcycle)untukpembelajarankimiaSMUKelasLLangkah-langkahpengembanganmodulantaralainmengkajikurikulummenetapkanmaterimengkajipendekatanpembelajarananalisissumberbelajarmenyusunmodulpembelajaranmelakukanvalidasianalisisdatamelaksanakanrevisidanmemproduksimodulpembelajaran.Validasiyangdilakukanadalahvalidasiisi(content)yaituuntukmengetahuiketepatandankesesuaianisidengankurikulumketepatandankesesuaiankegiatanbelajardenganmodellearningcycletigafasesertakemenarikanmodulsecaraumum.Validatoryangdipilihadalah2dosenJurusanKimiaUMdan6guruKimiaSMUNegerimaupunSMUswastadiMalang.Modulhasilpengembanganterdiridariduabagianyaitubagianpendahuluanantaralainhalamanmukakatapengantardaftarisidaftartabeldaftargambarpanduanbagipembacadanpendahuluan(sekilastentangkimiakarbon)sertabagianisiyangterdiridai4kegiatanbelajaryaituberkenalandenganhidrokarbonalkanaalkenadanalkuna.Setiapkegiatanbelajarterdiridaribeberapakomponenyaitusubjudulkompetensidasarindikatorhasilbelajaruraianfaktualmenujuuraiankonseptualtahapan-tahapanlearningcycletigafase(eksplorasipengenalankonsepdanaplikasikonsep)yangdidalamnyaterdapatlembarkerjasiswauraianmateridansoal-soalaplikasi.Selainitusetiapkegiatanbelajarditengkapirangkumanevaluasi(tugasperformansidansoal-soallatihan)umpanbalikrubrikperformansidaftarpustakadankuncijawaban.HasilvalidasimenunjukkanbahwamodulyangdisusunadalahvaliduntukbahanajarhidrokarbondiSMUmeskipunterdapatbeberapasaranuntukperbaikanmodul.Setelahdirevisimodulpembelajaranhidrokarboninidapatdigunakandalamkegiatanpembelajaransebagaipenunjangpenerapanpen