Pengembangan modul pembelajaran hidrokarbon dengan model daur belajar (learning cycle) untuk pembelajaran kimia siswa kelas I sebagai penunjang penerapan pendekatan konstruktivistik oleh Enis Suliastifah

Main Author: Suliastifah, Enis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23424/
Daftar Isi:
  • AdanyaperubahanparadigmapembelajarandaribEhavioristikmenujukonstruktivistikmenuntutperubahanpendekatandanmetodepembelajarandikelasyaitudariteacher-centeredmenjadistudent-centered.Perubahanparadigmatersebujtugamendasariperubahankurikulumyaitukurikulum1994menjadikurikulum2004(kurikulumberbasiskompetensi).Untukmembantumenerapkanpendekatankonstruktivistikdansepertianjurankurikulumberbasiskompetensidiperlukanperangkatataumediapembelajaranmisalnyabahanajar.Bahanalarseyoryanyabersifatmandiriyaitudapatdipelajariolehsiswasendiribaikdisekolahmaupunditempatlain.Salahsatubentukbahanajartersebutadalahmodulpembelajaran.Padapenelitianinidikembangkanmodulpembelajaranhidrokarbonsesuaimodeldaurbelajar(learningcycle)untukpembelajarankimiaSMUKelasLLangkah-langkahpengembanganmodulantaralainmengkajikurikulummenetapkanmaterimengkajipendekatanpembelajarananalisissumberbelajarmenyusunmodulpembelajaranmelakukanvalidasianalisisdatamelaksanakanrevisidanmemproduksimodulpembelajaran.Validasiyangdilakukanadalahvalidasiisi(content)yaituuntukmengetahuiketepatandankesesuaianisidengankurikulumketepatandankesesuaiankegiatanbelajardenganmodellearningcycletigafasesertakemenarikanmodulsecaraumum.Validatoryangdipilihadalah2dosenJurusanKimiaUMdan6guruKimiaSMUNegerimaupunSMUswastadiMalang.Modulhasilpengembanganterdiridariduabagianyaitubagianpendahuluanantaralainhalamanmukakatapengantardaftarisidaftartabeldaftargambarpanduanbagipembacadanpendahuluan(sekilastentangkimiakarbon)sertabagianisiyangterdiridai4kegiatanbelajaryaituberkenalandenganhidrokarbonalkanaalkenadanalkuna.Setiapkegiatanbelajarterdiridaribeberapakomponenyaitusubjudulkompetensidasarindikatorhasilbelajaruraianfaktualmenujuuraiankonseptualtahapan-tahapanlearningcycletigafase(eksplorasipengenalankonsepdanaplikasikonsep)yangdidalamnyaterdapatlembarkerjasiswauraianmateridansoal-soalaplikasi.Selainitusetiapkegiatanbelajarditengkapirangkumanevaluasi(tugasperformansidansoal-soallatihan)umpanbalikrubrikperformansidaftarpustakadankuncijawaban.HasilvalidasimenunjukkanbahwamodulyangdisusunadalahvaliduntukbahanajarhidrokarbondiSMUmeskipunterdapatbeberapasaranuntukperbaikanmodul.Setelahdirevisimodulpembelajaranhidrokarboninidapatdigunakandalamkegiatanpembelajaransebagaipenunjangpenerapanpen