Efektifitas konseling realita untuk pengubahan konsep diri siswa broken home / Afifah Army Age

Main Author: Age, Afifah Army
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/2339/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAgeAfifahArmy.2017.EfektifitasKonselingRealitauntukPengubahanKonsepDiriSiswaBrokenHome.Skripsi.JurusanBimbingandanKonseling.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.LutfiFauzanM.Pd.(2)Drs.WidadaM.Si.KataKuncikonselingrealitakonsepdiribrokenhomKondisikeluargabrokenhomemenimbulkandampaknegatifpadaanak.Salahsatudampakyangmunculadalahanakcenderungmemilikikonsepdiriyangnegatifsepertimemunculkancarapandangterhadapdirisendiriyanglebihfokuspadakelemahanbukanpadakelebihankurangdapatmenerimadirimerasaberbedadaritemannyamudahmarahdansulitmengendalikanemosi.Penelitianinimenerapkankonselingrealitasebagaiupayauntukmengetahuiefektifitasnyadalammengubahkonsepdirisiswabrokenhometersebut.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahonegrouppretest-posttest.Rancanganpenelitianinimerupakanrancanganyangmencakupsatukelompokyangdiobservasipadatahappretestyangselanjutnyadilakukantreatmentdanposttest.PengukuranpretestdanposttestmenggunakanskalakonsepdiriyangdikembangkandarialatukurTSCS(TennesseSelfConceptScale)dandatatambahanberupaessaytidakterstrukturuntukmengetahuilatarbelakangkeluargayangdiisisaatpretest.SubjekpenelitianadalahsiswaSMKBrawijayaBatukelasXsejumlah5siswa.Penetapansubjekpenelitianberdasarkanhasilanalisisskalakonsepdiridanpengisianessayyangmenunjukkankonsepdirirendahsertaberasaldarikeluargabrokenhome.Analisisdatamenggunakanstatistiknon-parametrikujiWilcoxonSignedRanksTest.Hasilujimenunjukkannilaizhitung-2.023anilaiAsymp.Sig.(2-tailed)adalah0.043bahwa0.043