Efektifitas konseling realita untuk pengubahan konsep diri siswa broken home / Afifah Army Age
Main Author: | Age, Afifah Army |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2339/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAgeAfifahArmy.2017.EfektifitasKonselingRealitauntukPengubahanKonsepDiriSiswaBrokenHome.Skripsi.JurusanBimbingandanKonseling.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.LutfiFauzanM.Pd.(2)Drs.WidadaM.Si.KataKuncikonselingrealitakonsepdiribrokenhomKondisikeluargabrokenhomemenimbulkandampaknegatifpadaanak.Salahsatudampakyangmunculadalahanakcenderungmemilikikonsepdiriyangnegatifsepertimemunculkancarapandangterhadapdirisendiriyanglebihfokuspadakelemahanbukanpadakelebihankurangdapatmenerimadirimerasaberbedadaritemannyamudahmarahdansulitmengendalikanemosi.Penelitianinimenerapkankonselingrealitasebagaiupayauntukmengetahuiefektifitasnyadalammengubahkonsepdirisiswabrokenhometersebut.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahonegrouppretest-posttest.Rancanganpenelitianinimerupakanrancanganyangmencakupsatukelompokyangdiobservasipadatahappretestyangselanjutnyadilakukantreatmentdanposttest.PengukuranpretestdanposttestmenggunakanskalakonsepdiriyangdikembangkandarialatukurTSCS(TennesseSelfConceptScale)dandatatambahanberupaessaytidakterstrukturuntukmengetahuilatarbelakangkeluargayangdiisisaatpretest.SubjekpenelitianadalahsiswaSMKBrawijayaBatukelasXsejumlah5siswa.Penetapansubjekpenelitianberdasarkanhasilanalisisskalakonsepdiridanpengisianessayyangmenunjukkankonsepdirirendahsertaberasaldarikeluargabrokenhome.Analisisdatamenggunakanstatistiknon-parametrikujiWilcoxonSignedRanksTest.Hasilujimenunjukkannilaizhitung-2.023anilaiAsymp.Sig.(2-tailed)adalah0.043bahwa0.043