Keefektifan teknik self instruction untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri 2 Malang / Kumil Lailah

Main Author: Lailah, Kumil
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/2337/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLailahKumil.2017.KeefektifanTeknikSelfInstructionuntukMengurangiPerilakuProkrastinasiAkademikSiswaSMKNegeri2Malang.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.EllaFaridatiZenM.Pd.(II)Dra.EliaFlurentinM.Pd.KataKunciselfinstructionprokrastinasiakademiksiswaSMKProkrastinasiakademikmerupakansuatutindakanpenghindaranataumenunda-nundasuatupekerjaanyangdilakukansecarasengajadanberulang-ulang.Penundaanyangdilakukandisebabkanolehadanyakeyakinan-keyakinanirasionaldalammemandangtugas.Prokrastinasiakademikmenjadipersoalanyangpentingkarenamemilikiakibatluasjikatidaksegeradiatasi.Selfinstructionmerupakansalahsatuteknikkonselingyangdapatdigunakanuntukmengurangiperilakuprokrastinasiakademik.Melaluiteknikselfinstructaionsiswadiajarkanuntukmenggantipikirannegatifyangmunculmenjadipikiranpositifbaruuntukmemperbaikiperilaku.PenelitianinibertujuanuntukmengujiapakahteknikselfinstructionefektifuntukmengurangiperilakuprokrastinasiakademiksiswaSMK.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpre-experimentaldengandesainpenelitianOneGroupPretes-Posttest.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXISMKNegeri2Malangsebanyak5orangsiswayangdipilihberdasarkanhasilpengisianinventoriprokrastinasiakademikdanmemilikikategoriskorprokrastinasiakademiktinggidansedang.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahinventoriprokrastinasiakademikpanduaneksperimendanlembarobservasi.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahWilcoxonSigned-Rank.AnalisisstatistikmenggunakanujibedatworelatedsamplestestWlicoxoninidigunakanuntukmengetahuiperbedaanprokrastinasiakademiksiswasebelumdansesudahdiberikantreatmentHasilpenelitianmenunjukkannilaipadaanalisisWilcoxonSigned-RankZ-2.032dengansig0.042.Angkasig0.042berarti