Keefektifan teknik self instruction untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri 2 Malang / Kumil Lailah
Main Author: | Lailah, Kumil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2337/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLailahKumil.2017.KeefektifanTeknikSelfInstructionuntukMengurangiPerilakuProkrastinasiAkademikSiswaSMKNegeri2Malang.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.EllaFaridatiZenM.Pd.(II)Dra.EliaFlurentinM.Pd.KataKunciselfinstructionprokrastinasiakademiksiswaSMKProkrastinasiakademikmerupakansuatutindakanpenghindaranataumenunda-nundasuatupekerjaanyangdilakukansecarasengajadanberulang-ulang.Penundaanyangdilakukandisebabkanolehadanyakeyakinan-keyakinanirasionaldalammemandangtugas.Prokrastinasiakademikmenjadipersoalanyangpentingkarenamemilikiakibatluasjikatidaksegeradiatasi.Selfinstructionmerupakansalahsatuteknikkonselingyangdapatdigunakanuntukmengurangiperilakuprokrastinasiakademik.Melaluiteknikselfinstructaionsiswadiajarkanuntukmenggantipikirannegatifyangmunculmenjadipikiranpositifbaruuntukmemperbaikiperilaku.PenelitianinibertujuanuntukmengujiapakahteknikselfinstructionefektifuntukmengurangiperilakuprokrastinasiakademiksiswaSMK.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpre-experimentaldengandesainpenelitianOneGroupPretes-Posttest.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXISMKNegeri2Malangsebanyak5orangsiswayangdipilihberdasarkanhasilpengisianinventoriprokrastinasiakademikdanmemilikikategoriskorprokrastinasiakademiktinggidansedang.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahinventoriprokrastinasiakademikpanduaneksperimendanlembarobservasi.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahWilcoxonSigned-Rank.AnalisisstatistikmenggunakanujibedatworelatedsamplestestWlicoxoninidigunakanuntukmengetahuiperbedaanprokrastinasiakademiksiswasebelumdansesudahdiberikantreatmentHasilpenelitianmenunjukkannilaipadaanalisisWilcoxonSigned-RankZ-2.032dengansig0.042.Angkasig0.042berarti