Pengembangan media pembelajaran multimedia berbasis komputer pada materi sifat koligatif larutan di SMA / Reni Ratih Artanti

Main Author: Artanti, Reni Ratih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23341/
Daftar Isi:
  • Ilmukimiamerupakanbagiandariilmupengetahuanalam(naturalscience)yangsebagianbesarkonsep-konsepnyabersifatabstrak.PenyampaiankegiatanpembelajaranilmukimiadiSMAbiasanyadituangkandalamkomunikasiverbalsehinggasiswamengalamikesulitanmemahamikonsepyangabstrak.Untukmengatasihambatantersebutsiswamemerlukanmediapembelajarandalammempelajariilmukimia.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmediaberbantuankomputerdapatmeningkatkanprestasibelajardanpemahamankonsepsiswadalampembelajarankimia.OlehsebabitupenelitianpengembanganinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranberbantuankomputerberbentukCDpembelajaranyanginteraktifmenarikdanmudahdipahamiuntukmaterisifatkoligatiflarutan.Mediayangdikembangkandiperuntukkanuntukgurusebagaialatbantupembelajarandanuntuksiswasebagaialatbelajarmandiri.PengembanganmediapembelajaransifatkoligatiflarutaninidilakukanmengikutimodelrancanganDickandCarreydenganbeberapapenyesuaian.Adapunlangkah-langkahyangdilakukanadalahsebagaiberikut(1)mengidentifikasitujuanumumpembelajaran(2)melakukananalisispengajaran(3)mengidentifikasitingkahlakumasukandankarakteristiksiswa(4)merumuskantujuanperformansi(5)mengembangkanbutir-butirtesacuanpatokan(6)mengembangkanstrategipengajaran(7)mengembangkandanmemilihmaterialpengajaran(8)mendesaindanmelaksanakanevaliasiformatifdan(9)merevisimediapembelajaran(10)produksihasilpengembangan.Instrumenpenelitianyangdigunakanuntukmengumpulkandatavaliditasadalahangket.Validatorpenelitianiniterdiridariduadosenkimiadan2oranggurukimiaSMA/MA.Jenisangketyangdigunakanadalahangkettertutup.Pengumpulandatadilakukansetelahpaketprogramkomputeryangdibuatselesaidisusun.HasilpenelitianpengembanganiniadalahmediapembelajaransifatkoligatiflarutandalambentukCDpembelajaranyangterdiridari5tampilanyaknicoverpendahuluanmaterilatihansoaldansoaltes.Padatampilanpendahuluanterdapat5menuutamayaknimenuidentitasmaterimenupetakonsepmenupengertianlarutanmenularutanelektrolitdannonelektrolitdantmenukonsentrasilarutan.Padatampilanmateriterdapat8menuutamayaknimenupengertianmenupenurunantekananuap(916P)menukenaikantitikdidih(916Tb)menupenurunantitikbeku(916Tf)menudiagramPTmenutekananosmotik(960)menuperbedaansifatkoligatiflarutanelektrolitdannonelektrolitdanmenumanfaatdanaplikasi.Darihasilujivalidasikepada2orangdosenkimiadan2oranggurukimiaMAN3Malangmediainimemilikipersentasekelayakanrata-ratasebesar796%ataudengankriteriavalidsebagaisebuahmediapembelajaran.Walaupundemikianhasilvalidasitersebutperludilanjutkandenganujicobamediadikelasuntukmengetahuiefektifitasmediadalammeningkatkanpemahamankonsepsiswa.