Pengembangan media pembelajaran multimedia berbasis komputer pada materi sifat koligatif larutan di SMA / Reni Ratih Artanti
Main Author: | Artanti, Reni Ratih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23341/ |
Daftar Isi:
- Ilmukimiamerupakanbagiandariilmupengetahuanalam(naturalscience)yangsebagianbesarkonsep-konsepnyabersifatabstrak.PenyampaiankegiatanpembelajaranilmukimiadiSMAbiasanyadituangkandalamkomunikasiverbalsehinggasiswamengalamikesulitanmemahamikonsepyangabstrak.Untukmengatasihambatantersebutsiswamemerlukanmediapembelajarandalammempelajariilmukimia.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmediaberbantuankomputerdapatmeningkatkanprestasibelajardanpemahamankonsepsiswadalampembelajarankimia.OlehsebabitupenelitianpengembanganinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranberbantuankomputerberbentukCDpembelajaranyanginteraktifmenarikdanmudahdipahamiuntukmaterisifatkoligatiflarutan.Mediayangdikembangkandiperuntukkanuntukgurusebagaialatbantupembelajarandanuntuksiswasebagaialatbelajarmandiri.PengembanganmediapembelajaransifatkoligatiflarutaninidilakukanmengikutimodelrancanganDickandCarreydenganbeberapapenyesuaian.Adapunlangkah-langkahyangdilakukanadalahsebagaiberikut(1)mengidentifikasitujuanumumpembelajaran(2)melakukananalisispengajaran(3)mengidentifikasitingkahlakumasukandankarakteristiksiswa(4)merumuskantujuanperformansi(5)mengembangkanbutir-butirtesacuanpatokan(6)mengembangkanstrategipengajaran(7)mengembangkandanmemilihmaterialpengajaran(8)mendesaindanmelaksanakanevaliasiformatifdan(9)merevisimediapembelajaran(10)produksihasilpengembangan.Instrumenpenelitianyangdigunakanuntukmengumpulkandatavaliditasadalahangket.Validatorpenelitianiniterdiridariduadosenkimiadan2oranggurukimiaSMA/MA.Jenisangketyangdigunakanadalahangkettertutup.Pengumpulandatadilakukansetelahpaketprogramkomputeryangdibuatselesaidisusun.HasilpenelitianpengembanganiniadalahmediapembelajaransifatkoligatiflarutandalambentukCDpembelajaranyangterdiridari5tampilanyaknicoverpendahuluanmaterilatihansoaldansoaltes.Padatampilanpendahuluanterdapat5menuutamayaknimenuidentitasmaterimenupetakonsepmenupengertianlarutanmenularutanelektrolitdannonelektrolitdantmenukonsentrasilarutan.Padatampilanmateriterdapat8menuutamayaknimenupengertianmenupenurunantekananuap(916P)menukenaikantitikdidih(916Tb)menupenurunantitikbeku(916Tf)menudiagramPTmenutekananosmotik(960)menuperbedaansifatkoligatiflarutanelektrolitdannonelektrolitdanmenumanfaatdanaplikasi.Darihasilujivalidasikepada2orangdosenkimiadan2oranggurukimiaMAN3Malangmediainimemilikipersentasekelayakanrata-ratasebesar796%ataudengankriteriavalidsebagaisebuahmediapembelajaran.Walaupundemikianhasilvalidasitersebutperludilanjutkandenganujicobamediadikelasuntukmengetahuiefektifitasmediadalammeningkatkanpemahamankonsepsiswa.