Penggunaan model siklus belajar dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri I Lawang / Nurin Mariyatul Ulfa

Main Author: Nurin Mariyatul Ulfa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23267/
Daftar Isi:
  • SalahsatukarakteristikpembelajaranberdasarkanKurikulum2006(standarisi)adalahmenggunakanparadigmapembelajarankonstruktivistikdimanapembelajarandilaksanakanberpusatpadasiswa.Salahsatumodelpembelajaranyangberorientasipadaparadigmabelajarkonstruktivistikadalahmodelsiklusbelajar.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuidampakpenggunaanmodelsiklusbelajarterhadapkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswakelasXISMANegeri1lawangdalammempelajarimaterilajureaksi.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifdaneksperimentalsemu(QuasyExperimental).Rancangandeskriptifuntukmendeskripsikankeaktifansiswaselamapelaksanaanmodelsiklusbelajar.Rancanganeksperimensemuuntukmembandingkanhasilbelajardankemampuanberpikirkritissiswakelaseksperimendengankelaskontrol.PenelitiandilakukanpadasiswakelasXIIPA1sebagaikelaseksperimendanXIIPA2sebagaikelaskontrolSMANegeri1Lawang.Pemilihansampelsecarabertujuandenganmelihatnilairata-rataulangansebelumnya.InstrumenyangdigunakanadalahRPPlembarobservasikeaktifansiswalembarobservasikualitaspelaksanaanpembelajaranteshasilbelajardanangket.RPPdigunakansebagaiacuanpelaksanaanpembelajarandikelaslembarobservasidigunakanuntukmelihatkeaktifansiswaselamaprosespembelajarantesdigunakanuntukmemperolehhasilbelajardankemampuanberpikirkritisdanangketdigunakanuntukmelihatresponsiswaterhadapmodelsiklusbelajar.Analisisdatadilakukandenganujitpadasignifikansi005dananalisisdeskriptifdenganteknikpersentase.Hasilpenelitianadalahpembelajarandenganmenggunakanmodelsiklusbelajarmembuatsiswacenderunglebihaktif.Haliniditunjukkandengansemakinmeningkatnyajumlahsiswayangaktifdalamtiap-tiappertemuan.Uji-tmenunjukkanbahwahasilbelajarkelaseksperimenlebihbaikdibandingkankelaskontrol(thitung2511ttabel1992)dankemampuanberpikirkritiskelaseksperimenjugalebihbaikdibandingkankelaskontrol(thitung2104ttabel1992).Persepsisiswaterhadapmodelsiklusbelajaryangdigunakansecaraumumadalahsangatpositif.