Penggunaan model siklus belajar dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri I Lawang / Nurin Mariyatul Ulfa
Main Author: | Nurin Mariyatul Ulfa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23267/ |
Daftar Isi:
- SalahsatukarakteristikpembelajaranberdasarkanKurikulum2006(standarisi)adalahmenggunakanparadigmapembelajarankonstruktivistikdimanapembelajarandilaksanakanberpusatpadasiswa.Salahsatumodelpembelajaranyangberorientasipadaparadigmabelajarkonstruktivistikadalahmodelsiklusbelajar.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuidampakpenggunaanmodelsiklusbelajarterhadapkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswakelasXISMANegeri1lawangdalammempelajarimaterilajureaksi.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifdaneksperimentalsemu(QuasyExperimental).Rancangandeskriptifuntukmendeskripsikankeaktifansiswaselamapelaksanaanmodelsiklusbelajar.Rancanganeksperimensemuuntukmembandingkanhasilbelajardankemampuanberpikirkritissiswakelaseksperimendengankelaskontrol.PenelitiandilakukanpadasiswakelasXIIPA1sebagaikelaseksperimendanXIIPA2sebagaikelaskontrolSMANegeri1Lawang.Pemilihansampelsecarabertujuandenganmelihatnilairata-rataulangansebelumnya.InstrumenyangdigunakanadalahRPPlembarobservasikeaktifansiswalembarobservasikualitaspelaksanaanpembelajaranteshasilbelajardanangket.RPPdigunakansebagaiacuanpelaksanaanpembelajarandikelaslembarobservasidigunakanuntukmelihatkeaktifansiswaselamaprosespembelajarantesdigunakanuntukmemperolehhasilbelajardankemampuanberpikirkritisdanangketdigunakanuntukmelihatresponsiswaterhadapmodelsiklusbelajar.Analisisdatadilakukandenganujitpadasignifikansi005dananalisisdeskriptifdenganteknikpersentase.Hasilpenelitianadalahpembelajarandenganmenggunakanmodelsiklusbelajarmembuatsiswacenderunglebihaktif.Haliniditunjukkandengansemakinmeningkatnyajumlahsiswayangaktifdalamtiap-tiappertemuan.Uji-tmenunjukkanbahwahasilbelajarkelaseksperimenlebihbaikdibandingkankelaskontrol(thitung2511ttabel1992)dankemampuanberpikirkritiskelaseksperimenjugalebihbaikdibandingkankelaskontrol(thitung2104ttabel1992).Persepsisiswaterhadapmodelsiklusbelajaryangdigunakansecaraumumadalahsangatpositif.