Studi eksplorasi pelaksanaan pembelajaran kimia pada program akselerasi SMAN II Lumajang / oleh Fenti Eka Nurulia
Main Author: | Nurulia, Fenti Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23184/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodulelektronikhidrokarbonmindmaplearningcycleHidrokarbonadalahsalahsatutopikkimiayangdipelajariolehsiswakelasXSekolahMenengahAtas(SMA).Topikinicukupsulitdipelajariolehsiswakarenamerekaharusmemahamibanyakhalsepertijenissenyawahidrokarbonstrukturnamadanreaksinya.Salahsatuindikatorkesulitansiswaditunjukkandenganketidakmampuanmerekauntukmerepresentasikanpemahamankonsepyangterkandungdalamtopikhidrokarbondalambentukmindmap.SejauhinibahanajaruntuktopikhidrokarbonyangtersediadapatdianggaptidakcocokuntukpembelajaransiswaaktifsecarabelajarmandiridantidakmemanfaatkanICT.Ketersediaanbahanajaryangsesuaidapatmembantusiswadalammempelajaritopikhidrokarbon.BahanajaryangtampaknyacocokadalahdalambentukmodulelektronikmemanfaatkanICTditulisberdasarkanpetapikiran(mindmap)danmenggunakanpendekatandaurbelajar(learningcycle).Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkanmodulelektroniktopikhidrokarbondengankarakteristiksepertitersebutdiatasdanuntukmengetahuiefektivitaspenggunaannyadalamprosespembelajaran.Pengembanganmodulinimenggunakanmodelpengembangan4-DdariThiagarajanet.alyangterdiridari4langkah.Langkahpertamaterdiridaritigakegiatanutamayaitu(1)analisiskompetensidasardanstandarkompetensitopiksenyawahidrokarbon(2)analisiskebutuhansiswadan(3)penyusunanindikatorhasilbelajar.Langkahkeduaadalahdesainmodulpembelajaranyangdikembangkan.Langkahketigaadalahpengembanganmodulpembelajaran.Langkahkeempatadalahpenyebaranmodulpembelajaranyangdikembangkan.SebelumlangkahkeempatmodulyangdikembangkanditelaaholehduadosenkimiaUniversitasNegeriMalang(UM)dantigagurukimia.Validasiberkaitandengankesesuaianisibahasadanpenyajiannya.Isidankesesuaiansajiandidasarkanpadamindmapdanpendekatanlearningcycle.Efektivitasmodulyangdikembangkandiidentifikasiberdasarkanperbedaanhasilbelajarsiswayangmenggunakanmodulyangtelahdikembangkandenganhasilbelajarsiswayangmenggunakanmodultidakberbasismindmap.Datayangdikumpulkanterdiridaridatakualitatifdankuantitatif.Datakualitatifterdiridarimasukandansaranuntukperbaikanmodulyangdiberikanolehdosenkimiadangurukimia.DatakualitatifdikumpulkandenganmenggunakaninstrumenpenilaianmodulyangdikembangkanberdasarkanstandarpenilaianmateripembelajaranolehBadanStandarNasionalPendidikan(BSNP).Datakuantitatifdikumpulkandenganmenggunakanangketdanteshasilbelajarsiswa.Teshasilbelajarsiswaadalahtespilihangandayangterdiridari30itemdenganvaliditasisisebesar090dankoefisienreliabilitasdihitungdenganmenggunakanrumusKuder-Richardson21sebesar080.Modulelektronikhidrokarbonyangdikembangkanterdiridariempatkegiatanbelajar.Kegiatanbelajar1membahastentangkarakteristikatomkarbonkegiatanbelajar2membahastentangklasifikasidansifat-sifathidrokarbonkegiatanbelajar3membahastentangisomerismedalamhidrokarbondankegiatanbelajar4membahastentanghaloalkana.Setiapkegiatanpembelajaranterdiridaribeberapatujuanpembelajaranpendahuluanstudikasusdenganlangkah-langkahpemecahannyamateripembelajaranringkasanevaluasidanumpanbalik.Selainitujugaterdapatglosarykuncijawabandanreferensiyangdiberikanpadabagianakhirdarisetiapmodul.Hasilvalidasimoduladalah852%untukkesesuaianisi809%untukkesesuaiansajiandan920%untukkesesuaianbahasa.Revisimodultelahdilakukanberdasarkansaranyangdiberikanolehdosenkimiadanguru.BerdasarkanhasilvalidasimodulhasilrevisidapatdianggapsesuaiuntukdigunakandalamprosespembelajarankimiadiSMA.Prosespembelajaranmenggunakanmodulyangdikembangkanmenunjukkan760%siswamencapaikriteriaketuntasanminimumsedangkanpadaprosespembelajaranyangmenggunakanmodultidakberbasismindmapmenunjukkan680%siswamencapaikriteriaketuntasanminimum.Berdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwamodulelektronikhidrokarbonyangdikembangkanberbasismindmapdanpendekatanlearningcyclelayakdigunakanpembelajarandalamproses.Evaluasilebihlanjuttentangkelayakandankeefektifanmodultersebutperludilakukanuntukpenyebaranyanglebihluas.