Penentuan struktur dengan metode difraksi sinar-X senyawa-senyawa kompleks dari perak (I) tiosianat dan perak(I) sianat dengan difenil (2,4,6-Trimetoksifenil)Fosfina / oleh Eva Wahyudin
Main Author: | Wahyudah, Eva |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2005
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23182/ |
Daftar Isi:
- WahyudahEva.2015.KeefektifanPendekatanPerubahanKonseptualdenganTeknikPredict-Observe-Explain(POE)danAnimasiTerhadapPemahamanKonsepIkatanKimiaPesertaDidikKelasXSMANegeri3Kediri.Tesis.ProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SriRahayuM.EdPh.D.(II)Dr.MunzilM.Si.KataKuncipendekatanperubahankonseptualPOEanimasiikatankimia.Pesertadidikdatangkekelasuntukpembelajaransudahmembawapemahamanawalyangdiperolehdariinteraksidenganlingkungan.Pemahamanawalpesertadidikyangberbedadengankonsepyangbenardapatmenghambatdalampembelajaran.Ikatankimiamerupakankonsepyangcenderungsulitdipahamiolehpesertadidikkarenakonsepyangbersifatabstrakdankompleks.Halinidapatmenimbulkankesalahankonsep.OlehkarenaituperlupendekatanpembelajaranuntukmencegahkesalahankonsepsejakawalpembelajaranyaitupendekatanperubahankonseptualdenganteknikPredict-Observe-Explain(POE)dananimasi.PenelitianinibertujuanmengetahuikeefektifanpendekatanperubahankonseptualdenganteknikPOEdananimasiterhadappemahamankonsepretensidankesalahankonseppadaikatankimia.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu(quasieksperimen).Subyekpenelitinadalah64pesertadidikkelasXSMANegeri3Kediritahun2013/2014yangterbagidalamduakelas.Kelaspertamaterdiridari32pesertadidiksebagaikelaseksperimenyangdibelajarkandenganpendekatanperubahankonseptual.Kelaskeduaterdiridari32pesertadidiksebagaikelaskontrolyangdibelajarkandenganpendekatankonvesional.Datapenelitianberupaskorpretespostesdandelayedtestyangmenggunakan22itemtespilihangandaduatingkat.DatapenelitiandianalisismenggunakananalisisANCOVAdenganujilanjutujitdaneffectsize.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasecarasignifikansiterdapatperbedaankeefektifanantarapendekatanperubahankonseptualdenganpembelajarankonvensionalterhadappemahamankonsepdanretensipemahaman.Pemahamankonsepdanretensipemahamankonsepikatankimiapadakelasekperimenlebihbaikdaripadakelaskontrol.PendekatanperubahankonseptualdenganteknikPOEdananimasimemilikipengaruhpalingkuatpadakelompokkonsepidentifikasiikatan.Persentasekesalahankonseppesertadidikpadamateriikatankimiakelaseksperimenlebihrendahdibandingkankelaskontrol.HalinimenunjukkanbahwapendekatanperubahankonseptualdenganteknikPOEdananimasiefektifterhadappemahamankonsepretensipemahamankonsepdanmencegahkesalahankonsepikatankimiapadapesertadidik.Penelitianlebihlanjutuntukmengetahuiresistensikesalahankonsepdapatdilakukandenganwawancara.