Identifikasi pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Malang pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Dina Meylia Shari
Main Author: | Dina Meylia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23138/ |
Daftar Isi:
- Katakuncipemahamankonseptualpemahamanalgoritmikkelarutandanhasilkalikelarutan.Pemahamandalamilmukimiadapatdibedakanmenjadiduayaitupemahamankonseptualdanpemahamanalgoritmik.Pemahamankonseptualadalahkemampuansiswadalammemecahkansoal-soalberupatekssedangkanpemahamanalgoritmikmengacupadasoalyangmelibatkanoperasimatematika.Dalampembelajarandanevaluasiproporsikonseptualdanalgoritmikharusseimbangnamunselamainipembelajarankimialebihmenekankanpadaalgoritmikdaripadakonseptualnya.Padahalsecarakonseptualsebenarnyajauhlebihpentingkarenakonsepmerupakandasarberpikirsiswauntukdapatmemecahkansoal-soalpemahamanalgoritmik.Evaluasidalampembelajarankimiakhususnyadalammaterikelarutandanhasilkalikelarutanjugacenderungmengalipemahamanalgoritmikdankurangmemperhatikanpemahamankonseptualnya.Tujuanpenelitianiniadalah(1)MengetahuidanmengklasifikasikanpemahamankonseptualdanpemahamanalgoritmiksiswakelasXIIPASMANegeri8Malangdalammaterikelarutandanhasilkalikelarutanyangdirincidalamkategori(a)benarsoalkonseptualdanalgoritmik(BKBA)(b)benarsoalkonseptualtetapisalahalgoritmik(BKSA)(c)salahsoalkonseptualtetapibenaralgoritmik(SKBA)(d)salahsoalkonseptualdanalgoritmik(SKSA)(2)MengujiadaatautidaknyahubunganantarapemahamankonseptualdenganpemahamanalgoritmiksiswakelasXIIPASMANegeri8Malangpadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Penelitianyangdilakukanmenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifdankorelasional.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXISMANegeri8Malangtahunajaran2011/2012dandiambilduakelassebagaisampelyangterdiridari68siswa.Instrumenyangdipakaidalampenelitianadalahtesobjektifyangberupa18soalpilihangandadenganlimaalternatifjawaban.Setiapindikatormeliputiduapertanyaanyangberpasanganyaitupertanyaankonseptualdanpertanyaanalgoritmik.Tesmemilikivaliditasisisebesar983%danreliabilitas075.Datapenelitiandianalisisdenganstatistikmenggunakanujiprasyaratyaituujinormalitashomogenitasvariansdanujilinearitas.SelanjutnyadianalisisdenganujikorelasimenggunakanujiPearson.Hasilujikorelasimenunjukkanbahwanilaikoefisienkorelasi(0429)05dengannilaiprobabilitas(000)005.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)PersentasesiswakelasXIIPASMANegeri8Malangyang(a)menjawabbenarsoalkonseptualdansoalalgoritmiksebanyak5180%(b)menjawabbenarsoalkonseptualtetapimenjawabsalahpadasoalalgoritmiksebanyak1127%(c)menjawabsalahsoalkonseptualtetapimenjawabbenarpadasoalalgoritmiksebanyak2647%(d)menjawabsalahsoalkonseptualdansoalalgoritmiksebanyak1046%(2)TerdapathubunganyangpositifdansignifikanantarapemahamankonseptualdanpemahamanalgoritmiksiswakelasXIIPASMANegeri8Malangtetapihubunganantarakeduanyamasihtergolonglemah.Mengacupadahasilpenelitianinimakadisarankanagardalamprosespembelajarankimiadiberikanproporsiyangseimbangantarakonseptualdanalgoritmiknya.Keseimbanganantaraaspekkonseptualdanalgoritmiktidakhanyadilakukanpadatahapprosestetapijugasampaievaluasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.