Keefektifan Spiritual Emotional Freedom Tehnique (SEFT) untuk menurunkan stres belajar siswa SMPN 9 Kota Malang / Sofia Ilma Nafi'a

Main Author: Nafi'a, Sofia Ilma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2305/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNafiaSofiaIlma.2016.KeefektifanSpiritualEmotionalFreedomTehnique(SEFT)UntukMenurunkanStresBelajarSiswaSMPN9KotaMalang.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HariadiKusumoM.Pd.(2).YuliatiHotifahS.Psi.M.Pd.KataKuncikeefektifanSEFTstresbelajarsiswaStresbelajardapatterjadipadasiswadalamprosesbelajaryangdisebabkanolehadanyakesenjanganantarakeinginanpesertadidikdenganlingkunganbelajarnya.Stresbelajarperludiorganisasikandenganbaikjikatidakakanberpotensimelahirkanperilakumaladaptifsepertikenakalanpelajargagalbelajarcemasdepresitidakpercayadiripemaluagresifhargadirirendahtertutupdangejalapsikosomatislainnya.PenangananstresbelajarmemerlukanupayaholistiksecarafisikpsikissosialdanspiritualmelaluimanajemenProblemFocusStrategiesdanEmotionalFocusStrategies.TrainingmotivasidanterapiSEFT(SpiritualEmotionalFreedomTehnique)merupakansalahsatucarayangdipakaidalamEmotionalFocusStrategies.SEFTadalahteknikpenyembuhanyangmemadukanfungsienergipsikologi(energymedicine)dandoa(spiritualitas)dalammemperbaikikondisipikiranemosiperilakuindividudanefektifmengatasisejumlahmasalahbelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikeefektifanSpiritualEmotionalFreedomTehnique(SEFT)untukmenurunkanstresbelajarsiswaSMPN9KotaMalang.DesainpenelitianyangdigunakanadalahQuasy-ExperimentaldenganrancanganpenelitianOneGroupPretest-PostestDesign.Subjekpenelitianadalah5siswakelasVIISMPN9KotaMalangdengankategoristresbelajarsedangdanberatpengumpulandatamenggunakanskalastresbelajarsertaanalisisdatasecaradeskriptifdan/atauujibedanonparametrikWilcoxon.Hasilpenelitianmenemukanbahwa(1)terdapatpenurunanmeanantarasebelumdansesudahdiberikanterapiSEFTdan(2)SEFTefektifmenurunkantingkatstresbelajarsiswaSMPN9KotaMalangdimanaditerimanyaH1dantertolaknyaH0denganrata-ratatarafsiginifikansi