Pengaruh penerapan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan TS-TS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas X MAN 3 Malang pada materi alkana, alkena, dan alkuna / Reni Antasari
Main Author: | Reni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23015/ |
Daftar Isi:
- KatakuncikombinasimodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether)modelpembelajarankooperatiftipeTS-TS(TwoStay-TwoStray)hasilbelajarmotivasibelajarAlkanaAlkenadanAlkuna.PenerapanKTSPmerupakansalahsatuusahapemerintahuntukmemperbaikisistempendidikandiIndonesia.SalahsatumodelpembelajaranyangsesuaidenganKTSPyaitumodelpembelajarankooperatif.Dalammodelpembelajarankooperatifsiswadituntutuntukbisaaktifdanberinteraksidenganoranglain.TipemodelpembelajarankooperatifdiantaranyayaituNHT(NumberedHeadTogether)danTS-TS(TwoStay-TwoStray).TujuandaripenelitianyangdilakukanadalahuntukmengetahuipengaruhpenerapankombinasimodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadTogeher)danTS-TS(TwoStay-TwoStray)terhadaphasilbelajarkimiasiswadanuntukmengetahuibagaimanamotivasibelajarsiswayangdibelajarkandengankombinasimodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether)danTS-TS(TwoStay-TwoStray)padamateriAlkanaAlkenadanAlkuna.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianadalaheksperimentalsemu(QuasyExperimentalDesign)dandeskriptifkualitatif.PenelitianinidilakukandiMAN3MalangdimanapopulasinyaadalahsiswakelasXsemester2yangberjumlahtujuhkelas.TeknikPengambilansampeldilakukandenganmenggunakanPurposiveSamplingyaitudenganpertimbanganpertimbangantertentudimanapenelitibertanyakegurukimiatentangkelasXyangmemilikikemampuanyangsama.Dariinformasiyangdiberikandiperolehduakelasyangdapatdijadikansampel.KelasXCsebagaikelaseksperimendikenaiperlakuanmenggunakankombinasimodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether)danTS-TS(TwoStay-TwoStray)dankelasXDsebagaikelaskontrolmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether).InstrumenyangdigunakandalampenelitianadalahinstrumenperlakuandanpengukuranHasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapankombinasimodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether)danTS-TS(TwoStay-TwoStray)berpengaruhterhadaphasilbelajardanmotivasibelajarsiswa.Hasilbelajarsiswakelaseksperimenlebihtinggi(rata-ratakelas8354)dibandingkandenganhasilbelajarsiswakelaskontrol(rata-ratakelas7009).Demikianjugadenganmotivasibelajardimanarata-ratamotivasibelajarsiswalebihtinggiyaitu8351dibandingkandenganrata-ratamotivasibelajarsiswakelaskontrol.