Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMP / Abdi Robi Irhami
Main Author: | Irhami, Abdi Robi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2301/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIrhamiAbdiRobi2016.PengembanganPanduanSosiodramauntukMeningkatkanTanggungJawabAkademikSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuslihatiS.AgM.Pd(II)Dra.EliaFlurentinM.Pd.KataKuncitanggungjawabakademiksosiodramasiswaSMPTanggungjawabadalahsifatyangadadidalamdirimanusia.Tanggungjawabharusmunculketikamanusiamelakukansebuahtindakanatauperlakuanyangbaikmaupunsalah.Setiapmanusiaharusmempunyaisikaptanggungjawabbaikdimasyarakatmaupundisekolahterutamatanggungjawabakademik.Bentuktanggungjawabakademiksiswamisalnyabelajarmateripelajaransetiapharimengerjakantugasmengerjakanpekerjaanrumah.DiperlukancarauntukmemfasilitasikonselordalammeningkatkantanggungjawabakademiksiswaSMPdiantaranyamenggunakanbimbingankelompokdengantekniksosiodrama.Didalamsosiodramasiswaterlibatsecaralangsungdalammemainkanperan.PermasalahanyangmunculberkaitandenganpermasalahanyangterjadidilingkungansekolahsehinggasosiodramadipandangtepatuntukmeningkatkantanggungjawabakademiksiswaSMP.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenghasilkanprodukpanduansosiodramauntukmeningkatkantanggungjawabakademiksiswaSMPdenganmemenuhikriteriaketepatankegunaankemudahandankemenarikan.MetodeyangdigunakandalampenelitianpengembangantekniksosiodramainidiadaptasidarimodelpengembanganBorgandGalldenganlangkah-langkah(1)PengumpulanInformasi(2)Perencanaan(3)PengembanganProduk(4)UjiCobaProduk(5)panduansosiodramauntukmeningkatkantanggungjawabakademiksiswaSMP.Produkhasilpengembangandivalidasiolehahlimediaahlimatericalonpengguna(konselor)dandiujicobakankepadasiswa.Berdasarkanhasilvalidasidariahlimateriprodukinitermasukdalamkategoritepatsangatbergunamudahdanmenarikahlimediaprodukinitermasukdalamkategorisangattepatsangatbergunamudahdanmenarik.Berdasarkanhasilujicalonpenggunadidapatkanhasilbahwaprodukinitermasukdalamkategoritepatbergunamudahdanmenarik.Darihasilvalidasiujikelompokkecilprodukinitermasukdalamkategorimudahsangatjelassangatbergunadansangatmenarik.Saranyangdiberikanadalah(1)bagikonselorpanduansosiodramainidapatdigunakanolehkonselordalammelaksanakanlayananbimbingandankonselingkhususnyadalammembantusiswaSMPmeningkatkantanggungjawabakademik.(2)bagipenelitiselanjutnyasebagaipengetahuandanstudipustakauntukpenelitianselanjutnya.Selainitupenelitianinidapatjugadijadikanbahanreferensiuntukpenelitianyangserupa.