Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMP / Abdi Robi Irhami

Main Author: Irhami, Abdi Robi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2301/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIrhamiAbdiRobi2016.PengembanganPanduanSosiodramauntukMeningkatkanTanggungJawabAkademikSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuslihatiS.AgM.Pd(II)Dra.EliaFlurentinM.Pd.KataKuncitanggungjawabakademiksosiodramasiswaSMPTanggungjawabadalahsifatyangadadidalamdirimanusia.Tanggungjawabharusmunculketikamanusiamelakukansebuahtindakanatauperlakuanyangbaikmaupunsalah.Setiapmanusiaharusmempunyaisikaptanggungjawabbaikdimasyarakatmaupundisekolahterutamatanggungjawabakademik.Bentuktanggungjawabakademiksiswamisalnyabelajarmateripelajaransetiapharimengerjakantugasmengerjakanpekerjaanrumah.DiperlukancarauntukmemfasilitasikonselordalammeningkatkantanggungjawabakademiksiswaSMPdiantaranyamenggunakanbimbingankelompokdengantekniksosiodrama.Didalamsosiodramasiswaterlibatsecaralangsungdalammemainkanperan.PermasalahanyangmunculberkaitandenganpermasalahanyangterjadidilingkungansekolahsehinggasosiodramadipandangtepatuntukmeningkatkantanggungjawabakademiksiswaSMP.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenghasilkanprodukpanduansosiodramauntukmeningkatkantanggungjawabakademiksiswaSMPdenganmemenuhikriteriaketepatankegunaankemudahandankemenarikan.MetodeyangdigunakandalampenelitianpengembangantekniksosiodramainidiadaptasidarimodelpengembanganBorgandGalldenganlangkah-langkah(1)PengumpulanInformasi(2)Perencanaan(3)PengembanganProduk(4)UjiCobaProduk(5)panduansosiodramauntukmeningkatkantanggungjawabakademiksiswaSMP.Produkhasilpengembangandivalidasiolehahlimediaahlimatericalonpengguna(konselor)dandiujicobakankepadasiswa.Berdasarkanhasilvalidasidariahlimateriprodukinitermasukdalamkategoritepatsangatbergunamudahdanmenarikahlimediaprodukinitermasukdalamkategorisangattepatsangatbergunamudahdanmenarik.Berdasarkanhasilujicalonpenggunadidapatkanhasilbahwaprodukinitermasukdalamkategoritepatbergunamudahdanmenarik.Darihasilvalidasiujikelompokkecilprodukinitermasukdalamkategorimudahsangatjelassangatbergunadansangatmenarik.Saranyangdiberikanadalah(1)bagikonselorpanduansosiodramainidapatdigunakanolehkonselordalammelaksanakanlayananbimbingandankonselingkhususnyadalammembantusiswaSMPmeningkatkantanggungjawabakademik.(2)bagipenelitiselanjutnyasebagaipengetahuandanstudipustakauntukpenelitianselanjutnya.Selainitupenelitianinidapatjugadijadikanbahanreferensiuntukpenelitianyangserupa.