Perbandingan model pembelajaran learning cycle 5E (LC 5E) dengan think pair share (TPS) dalam materi zat aditif makanan dan zat aditif dan psikotropika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Malang tahun ajaran 2009-2010 / Yeyek Ihdal Umam

Main Author: Yeyek Ihdal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/22993/
Daftar Isi:
  • KataKunciLearningCycle5E(LC5E)ThinkPairShare(TPS)HasilBelajarTigakomponenutamayangpentingdalamkontekspembaruanpendidikanyaitupembaruankurikulumpeningkatankualitaspembelajarandanefektivitasmetodepembelajaran.PeningkatankualitaspembelajarandanefektivitasmetodepembelajarandapatdilakukanmelaluikegiatanpembelajarandikelasdiantaranyamelaluipenerapanmodelpembelajaransepertiLearningCycle5E(LC5E)danpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS).LCmengembangkanprosesberpikirsiswamemberikesempatankepadasiswamelakukanpercobaansainssecaralangsungdanmembuatpelajaranbermaknasedangkanTPSmemberikankepadasiswawaktuuntukberpikirdanmeresponsertasalingmembantusatusamalain.meskipunkeduamodelpembelajaranmemberikandampakpositifterhadappeningkatanhasilbelajarsiswaakantetapibelumdiketahuimodelpembelajaranTPSatauLC5Eyangmampumemberikankontribusiterbaikdalammembangunpengetahuanpesertadidikmelaluiinteraksidarisegalaarah.OlehsebabitudilakukanpenelitiandengantujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranLC-5EdenganTPSpadamaterizataditifmakanandanzatadiktifdanpsikotropikapadaSMPNegeri11Malang.Rancanganpenelitianmenggunakanpenelitianeksperimensemudandeskriptif.PopulasipenelitianadalahsiswakelasVIIISMPNegeri11MalangdengansampelkelasVIII-DsebagaikelasLC5EdankelasVIII-FsebagaikelasTPStahunajaran2009-2010.Instrumenyangdigunakanberupainstrumenperlakuandaninstrumenpengukuranhasilbelajar.Datapenelitianberupadatakemampuanawalhasilbelajardankeaktifansiswa.Teknisanalisisdatadilakukandenganduacarayaituanalisisdeskriptifdananalisisstatistik.Analisisdeskriptifdigunakanunrukmengetahuipersepsidankeaktifansiswa.TeknikanalisisdatastatistikbertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranLC-5EdenganTPS.TeknikanalisisyangdigunakanadalahUjihipotesisatauUji-tdenganbantuanSPSSforWindows.Datahasilbelajarsiswamenunjukkannilairata-ratasiswapadakelasTPSuntukmaterizataditifmakananadalah7826sedangkankelasLC5Ermempunyairata-rata7207.Padamaterizatadiktifdanpsikotropikanilairata-ratakelasTPSdanLC5Eadalah8233dan7647.Ujihipotesis(uji-t)menunjukanbahwabaikpadamaterizataditifmakananmaupunzatadiktifdanpsikotropikanilaithitungttabelpadatarafsignifikansi005dengandemikiandapatdisimpulkanadaperbedaanhasilbelajarantarakelasLC5-EdenganTPS(VIII-DdenganVIIIF)SMPNegeri11Malang.