Efektivitas tekni sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas VII B SMP Negeri 15 Malang / Erindah Eka Kusuma Dewi
Main Author: | Dewi, Erindah Eka Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2297/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDewiErindahEkaKusuma.2016.EfektifitasTeknikSosiodramauntukMeningkatkanPercayaDiriSiswaKelasVIIBSMPNegeri15Malang.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.EliaFlurentinM.Pd(II)IreneMayaSimonS.PdM.Pd.KataKuncipercayadirisosiodramasiswaSMP.BerdasarkanhasilpengamatanpadaKajiandanPraktikLapangan(KPL)banyakdijumpaisiswayangkesulitandalamberinteraksi.Siswayangberadapadausia11-12tahunadalahsiswayangmemasukiSekolahMenengahPertamakelasVIImerekaberadadalammasatransisidarimasakanak-kanakmenujumasaremajaawal.Salahsatuhambatanperkembanganadalahsiswaterlihatcanggungdanlebihbanyakberdiamdiriketikaberadapadalingkunganbaru.Hambatanperkembanganberikutnyaadalahsiswaberinteraksidengantemansekelashanyaseperlunyasaja.Hambatanperkembangansepertiituterjadidisebabkankarenatingkatpercayadiriyangrendah.Lindenfieldyangmenyatakanbahwaorangyangpercayadiriadalahorangyangmerasapuasdengandirinya.Adapunmaksuddarimerasapuasterhadapdirinyayaituorangyangmemahamidengankelebihandankekuranganyangdimilikinyadanbanggaatasapayangdimilikisertabertanggungjawabatastindakanyangdilakukantanparasacemasdanragu-ragu.Tekniksosiodramamerupakansalahsatuteknikyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanpercayadiritekniksosiodramamerupakanalatuntukmencapaitujuanbimbingan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifantekniksosiodramauntukmeningkatkanpercayadirisiswakelasVIIBSMPNegeri15Malang.Desainpenelitianekperimendalampenelitianinimenggunakanonegrouppretest-posttestdesign.Subjekdalampenelitianiniadalahlimasiswayangmempunyaitingkatpercayadiriterendahdalamsatukelas.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahinventoripercayadiridanpedomaneksperimen.UjipembedauntukmengukurhipotesisdalampenelitianinimenggunakanujiT-Test.padahasilujiT-Testyangdiperolehnilaisignifikansip-valuesebesar0000.Nilaitersebutkurangdaribataskritispenelitianyaitu005.Nilaithitung-9.237lebihbesardaritabeltpadaDF30yaknisebesar1694sehinggakeputusanhipotesisadalahmenerimaH1atauyangberartiterdapatperbedaanyangbermaknaantaraskorpretestdanskorposttest.Berdasarkankesimpulanyangdiperolehdalampenelitianiniadabeberapasaranyangperludipertimbangkanuntukkonselordanpenelitiselanjutnya.Bagikonselorsebaiknyamengetahuiisigarisbesarceritadanpesanyangterkandungdidalamskenariososiodramasertamemperhatikanketersediaanwaktu.Bagipenelitiselanjutnyaagardalammelaksanakanpenelitiansebaiknyamenggunakankelompokkontrolagarsama-samadiberiperlakuan.agarbisadiketahuiperbedaanskorantarakelompokkontroldengankelompokeksperimensertamenggunakanteknikpermainanterstrukturagarkeseluruhanjabaranvariabelpercayadiriterlampaui.