Pengembangan panduan sosiodrama berdasarkan sifat tokoh pewayangan pendawa untuk meningkatkan nilai karakter positif siswa SMP / Denik Hardika Sari

Main Author: Sari, Denik Hardika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2290/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariDenikHardika.2016.PengembanganPanduanSosiodramaBerdasarkanSifatTokohPewayanganPandawauntukMeningkatkanNilaiKarakterPositifSiswaSMP.JurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.WidadaM.Si(II)YuliatiHotifahS.PsiM.Pd.KatakuciSosiodramaSifatPandawaNilaiKarakterSiswaSMPWayangmerupakanhasilbudayayangperludilestarikankarenabanyakmengandungmaknaataunilaimendalamtentanghubungansosialdalamkehidupan.Disinilahletakartilambangwayangpandawalambangyangmemilikisifatketeladanan.Olehkarenaitudenganmempelajaritokohwayangpandawadiharapkansiswadapatmemahamitentangkepribadianwatakdansifatdarinilai-nilaiadiluhungdibalikkarakterwayangpandawa.Pengetahuantentangwayangmengarahpadakerjareflektifkarenawayangadalahbayanganmanusiaitusendiri.Inilahletakfungsiwayangsebagaituntunankehidupanbagimanusiadidalammembangunkarakteryangpositif.Peningkatannilai-nilaipendidikankarakterpadatingkahlakuperludalamkehidupansehari-hari.Karenasimbolisasimerupakankegiatanintidaribudipekertimanusia.PenelitimenemukanmasihbanyaksiswaSMPawalyangmengalamikesulitandalammeningkatkannilaikarakterpositifmerekadizamanmodernini.Untukitupenelitimengembangkansebuahbukupanduanyangberisimetodesosiodramauntukmeningkatkansikappositifsiswa.Tujuannyamenciptakansebuahmediapengembanganbagikonseloruntukparasiswa.Penelitianpengembanganinimenggunakanrancanganpenelitianmodelpengembanganprosedural.Modelpengembanganproseduraladalahmodelyangbersifatdeskriptifyaitumenggunakanlangkah-langkahyangharusdiikutiuntukmenghasilkanprodukProsedurPenelitiandanPengembanganada3tahapyaituperencanaanpengembanganprodukdanujicobaproduk.Sedangkanuntukmelengkapikebutuhanpenelitijugamenyiapkaninstrumenvalidasiuntukujiahlimediadalammenilaibukupanduanyangsudahdisusundandikembangkan.Setelahprodukdivalidasikemudiandirevisisesuaihasilvalidasibarudideskripsikandalambentukkualitatifdankuantitatif.Subjekujiahlimediaadalahahlidesaingrafisyaitudosensenidesaindangrafissertaujiahlibimbingandankonselingyangmemahamitekniksosiodramayaitudosenahlibimbingandankonselingyangahlidalamtekniksosiodrama.Berdasarkanhasilanalisisyangdilakukanolehahlibimbingandankonselingyangmemahamitekniksosiodramadiperolehnilai86%yangmasukdalamkategorivaliddenganrevisiantaralain1)pemilihanhurufFontterlalukecil2)carapenulisandaftarpustakabelumtepat3)beberapatulisansalahketik.Sedangkanhasilanalisisyangdilakukanolehujiahlimediadiperolehnilai75%yangmasukdalamkategorivaliddenganrevisiantaralain1)penggunaanfontsansserifuntukketerbacaanyangtinggi2)coversebaiknyadidesaindengankomposisiyangbaik3)kontensudahruntutdancukupuntukukuranbuku.Darihasilpenelitianmakasaranyangdapatdiberikanpenelitikepadakonselorbahwacalonpenggunaprodukharusmengeksperimenkanterlebihdahuluagardapatmemahamidanmempelajaripanduansosiodrama.Kemudiandiaplikasikanuntukmembantusiswameningkatkannilaikarakterpositifdenganmenggunakantekniksosiodramasecaraefektifdalammelaksanakanlayananbimbingandankonseling.