Pengembangan panduan sosiodrama berdasarkan sifat tokoh pewayangan pendawa untuk meningkatkan nilai karakter positif siswa SMP / Denik Hardika Sari
Main Author: | Sari, Denik Hardika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2290/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSariDenikHardika.2016.PengembanganPanduanSosiodramaBerdasarkanSifatTokohPewayanganPandawauntukMeningkatkanNilaiKarakterPositifSiswaSMP.JurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.WidadaM.Si(II)YuliatiHotifahS.PsiM.Pd.KatakuciSosiodramaSifatPandawaNilaiKarakterSiswaSMPWayangmerupakanhasilbudayayangperludilestarikankarenabanyakmengandungmaknaataunilaimendalamtentanghubungansosialdalamkehidupan.Disinilahletakartilambangwayangpandawalambangyangmemilikisifatketeladanan.Olehkarenaitudenganmempelajaritokohwayangpandawadiharapkansiswadapatmemahamitentangkepribadianwatakdansifatdarinilai-nilaiadiluhungdibalikkarakterwayangpandawa.Pengetahuantentangwayangmengarahpadakerjareflektifkarenawayangadalahbayanganmanusiaitusendiri.Inilahletakfungsiwayangsebagaituntunankehidupanbagimanusiadidalammembangunkarakteryangpositif.Peningkatannilai-nilaipendidikankarakterpadatingkahlakuperludalamkehidupansehari-hari.Karenasimbolisasimerupakankegiatanintidaribudipekertimanusia.PenelitimenemukanmasihbanyaksiswaSMPawalyangmengalamikesulitandalammeningkatkannilaikarakterpositifmerekadizamanmodernini.Untukitupenelitimengembangkansebuahbukupanduanyangberisimetodesosiodramauntukmeningkatkansikappositifsiswa.Tujuannyamenciptakansebuahmediapengembanganbagikonseloruntukparasiswa.Penelitianpengembanganinimenggunakanrancanganpenelitianmodelpengembanganprosedural.Modelpengembanganproseduraladalahmodelyangbersifatdeskriptifyaitumenggunakanlangkah-langkahyangharusdiikutiuntukmenghasilkanprodukProsedurPenelitiandanPengembanganada3tahapyaituperencanaanpengembanganprodukdanujicobaproduk.Sedangkanuntukmelengkapikebutuhanpenelitijugamenyiapkaninstrumenvalidasiuntukujiahlimediadalammenilaibukupanduanyangsudahdisusundandikembangkan.Setelahprodukdivalidasikemudiandirevisisesuaihasilvalidasibarudideskripsikandalambentukkualitatifdankuantitatif.Subjekujiahlimediaadalahahlidesaingrafisyaitudosensenidesaindangrafissertaujiahlibimbingandankonselingyangmemahamitekniksosiodramayaitudosenahlibimbingandankonselingyangahlidalamtekniksosiodrama.Berdasarkanhasilanalisisyangdilakukanolehahlibimbingandankonselingyangmemahamitekniksosiodramadiperolehnilai86%yangmasukdalamkategorivaliddenganrevisiantaralain1)pemilihanhurufFontterlalukecil2)carapenulisandaftarpustakabelumtepat3)beberapatulisansalahketik.Sedangkanhasilanalisisyangdilakukanolehujiahlimediadiperolehnilai75%yangmasukdalamkategorivaliddenganrevisiantaralain1)penggunaanfontsansserifuntukketerbacaanyangtinggi2)coversebaiknyadidesaindengankomposisiyangbaik3)kontensudahruntutdancukupuntukukuranbuku.Darihasilpenelitianmakasaranyangdapatdiberikanpenelitikepadakonselorbahwacalonpenggunaprodukharusmengeksperimenkanterlebihdahuluagardapatmemahamidanmempelajaripanduansosiodrama.Kemudiandiaplikasikanuntukmembantusiswameningkatkannilaikarakterpositifdenganmenggunakantekniksosiodramasecaraefektifdalammelaksanakanlayananbimbingandankonseling.