Identifikasi kesulitan siswa kelas XII IPA-2 MAN Malang 1 dalam memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) serta pemahaman materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari / Gustie Wahyu Alfatie

Main Author: Gustie Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/22899/
Daftar Isi:
  • IlmukimiamerupakanpelajaranyangdianggapsulitolehsiswaSMUmaupunmahasiswaperguruantinggi.Beberapapenyebabkesulitanyangdialamisiswaadalahsifatilmukimiayangabstrakkonsepyangdipelajarisangatbanyaksertaberurutandanrendahnyakemampuansiswadalamoperasimatematik.Padaumumnyasiswadalammemahamimateripelajarankimiacenderungbelajardenganhafalandaripadamemahamikonsepmateritersebut.Halinimenyebabkansebagianbesarkonsep-konseppelajarankimiamenjadikonsepyangabstrakbagisiswadanbahkanmerekatidakdapatmengenalikonsep-konsepkunciatauhubunganantarkonsepyangdiperlukanuntukmemahamikonseptersebut.Sehinggasiswatidakmemilikipemahamankonsep-konsepkimiayangbersifatdasarpadaawalmerekamempelajariilmukimia.Halinimengakibatkanpemahamansiswayangdiperolehdisekolahcenderungsebataspemahamanteoritanpapemahamandalamkehidupannyata.Sehinggasiswatidakmampuberpikirilmiahterhadapperistiwasehari-hariyangterjadidalamdunianyatasiswa.Salahsatumateripelajarankimiayangkonsepnyabersifatabstrakdanberurutanadalahkelarutandanhasilkalikelarutan(Ksp).Tujuandalampenelitianiniadalahsebagaiberikut.1)Mengidentifikasikesulitansiswadalammemahamidanmenentukankelarutanyangterdiridari(a)pengertiankelarutan(b)konsentrasizatterlarutdalamlarutanjenuh(c)kelarutansenyawa(d)massazatterlarutdalamlarutanjenuh(e)perbandingankelarutansenyawaberdasarkanKsp.2)Mengidentifikasikesulitansiswadalammemahamidanmenentukanhasilkalikelarutan(Ksp)yangterdiridari(a)rumusanKsp(b)Kspberdasarkanmassazatterlarut(c)Kspberdasarkankelarutan.3)Mengidentifikasikesulitansiswadalammemahamidanmenentukanpengendapanyangterdiridaria)meramalkanterbentuknyaendapanb)menentukanhubunganKspdanQsp.4)Mengidentifikasikesulitansiswadalammemahamidanmenentukanfaktoryangmempengaruhikelarutandanhasilkalikelarutan(Ksp)yangterdiridari(a)pengaruhionsenama(b)pengaruhpH(c)pengaruhsuhu.5)Mengetahuitingkatkesulitansiswadalammemahamimaterikelarutandanhasilkalikelarutandalamkehidupansehari-hari.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptif.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXIIIPAMANMalangIyangterdiridari3kelasyanghomogen.SampelpenelitianiniadalahsiswakelasXIIIPA-2yangterdiridari39siswa.Instrumenpenelitianiniberupatesobyektifyangterdiridari30soal.Darihasilujicobadiperolehvaliditasisitessebesar956%danreliabilitas(r11)sebesar067yangdiukurmenggunakapersamaanK-R20.Berdasarkandatayangdiperolehdaritestersebutdiidentifikasikesulitan-kesulitanyangdihadapisiswadalammemahamimaterikelarutandanhasilkalikelarutansertapemahamanmateritersebutdalamkehidupansehari-hari.Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasanmakadiperolehkesimpulanisebagaiberikut.1)Kesulitansiswadalammemahamidanmenentukankelarutanadalah(a)siswamenganggapkelarutanterjadipadalarutanlewatjenuh(b)siswatidakdapatmelakukanpenyetaraanreaksi(c)siswatidakdapatmenentukanmassazatyangmembentuklarutanjenuh(d)siswatidakdapatmembedakanlarutanjenuhdanlewatjenuh(e)siswatidakmemahamimaknahargaKspsuatuzat.2)Kesulitanyangdihadapisiswadalammemahamidanmenentukanhasilkalikelarutanadalah(a)siswatidakdapatmenyetarakanpersamaanreaksi(b)siswatidakdapatmenentukanjumlahzatyangmembentuklarutanjenuh(c)siswatidakmemangkatkankonsentrasidengankoefisien.3)Kesulitanyangdihadapisiswadalammemahamidanmenentukanpengendapanadalah(a)siswatidakmemperhatikanrumusanKspdanhargaKspsuatuzat(b)siswatidakmemahamimaknaKspdanQsp.4)Kesulitanyangdihadapisiswadalammemahamidanmenentukanfaktoryangmempengaruhihasilkalikelarutanadalah(a)siswaberanggapanbahwaadanyaionsenamatidakberpengaruhterhadaphargakelarutandansiswatidakmemahamipengaruhionsenamaterhadapkesetimbangan(b)siswatidakmemahamihubunganpHdengankonsentrasiion-iondalamlarutan(c)siswatidakmemahamipengaruhsuhuterhadapkelarutan.5)Tingkatkesulitansiswadalammemahamimaterihasilkalikelarutandalamkehidupansehari-haritergolongsangattinggi.