Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP / Arda Nurdihansyah

Main Author: Nurdihansyah, Arda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2287/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurdihansyahArda.2016.PengembanganPanduanSosiodramauntukMeningkatkanKonsepDiriSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HarmiyantoM.Pddan(II)Dr.TriyonoM.Pd.KataKuncipanduansosiodramakonsepdirisiswaSMPMasaremajamerupakanmasapencarianidentitasdiri.Padapencarianjatidiriatauidentitasdiriremajacenderungdipengaruhiolehlingkungansosialilmupengetahuankemajuanteknologidaninformasiyangmerekadapatseharihari.Darifenomenayangpenulistemuidilapanganremajacenderungmengikutitrenyangkekinianmisalnyadalamhalmodelpakaianbahasaperilakumodelrambutdanalat-alatpemuaskebutuhansehari-harilainyayangterkesandipaksakantanpamelihatkemampuanyangdimiliki.Fenomenatersebutmerupakanpencarianidentitasdiriyangnegatifkarenatidakdisesuaikandengankemampuanataupotensiyangdimilikinyasehinggadapatmempengaruhikonsepdiriindividutersebut.Konsepdiriadalahbagaimanaindividumelihatdirinyasebagaipribadisertabagaimanaindividumembentukmanusiayangidealmenurutdirinyasesuaikemampuandanpotensiyangdmiliki.Terkaitkonsepdirikonselormempunyaitanggungjawabuntukmembimbingsiswaagardapatmeningkatkankonsepdiriyangdimilikisiswasalahsatulayananyangdipandangdapatmeningkatkankonsepdirisiswaadalahtekniksosiodrama.TujuanpengembanganadalahmenghasilkanpanduansosiodramauntukmeningkatkankonsepdirisiswaSMPyangdapatditerimaberdasarkanketepatankegunaankemudahandankemenarikannya.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmemilikisembilanlangkahpenelitianyangdiadaptasidarisepuluhlangkahpenelitianpengembanganBorgGall.SembilanlangkahtersebutadalahResearchandInformationCollectingPlanningDevelopPreliminaryofProductPreliminaryFieldTestingMainProductRevisionMainFieldTestOperationalRevisionProductOperationalfiledtestingFinalProductRevisionUjicobadalampenelitianinidilakukanmelaluilangkahPreliminaryFieldTestingadalahujiahlimateribimbingandankonselingdanahlimediapembelajaran.UjicobaprodukdalamlangkahMainFieldTestmelibatkankonselorsebagaicalonpenggunaprodukdanlangkahOperationalfiledtestingsiswasebagaisasaranlayananproduk.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahinventorikonsepdirisiswainstrumenpenilaianahlidancalonpenggunaproduk.Datayangdidapatkandarihasilpengujianberupadatakuantitatifdatakualitatifdandatapretestandposttestsaatmelakukanujikelompokkecil.BerdasarkanhasildatakuantitatifdiperolehpenilaiandariahlimateriBimbingandanKonselingtepatsangatbergunamudahdansangatmenarik.Penilaianahlimediasangattepatsangatbergunamudahdansangatmenarik.Penilaiancalonpenggunaproduk(konselor)sangattepatsangatbergunasangatmudahdanmenarik.Hasilujicobakelompokkecildiketahuiadaperubahankonsepdirisebelumdansesudahdiberikannyalayananbimbingandenganpanduansosiodramayangtelahdikembangkan.KesemuapenilaiantersebutdapatdisimpulkanbahwaPanduansosiodramauntukMeningkatkanKonsepDiriSiswaSMPsangatlayakdanefektifdigunakansebagaisalahsatulayananbimbinganterhadapsiswaSaranyangdiberikanadalah(1)konselorlebihmemanfaatkanwaktuyangtelahdisediakandansebelummelakukanpermainandramakonselorharusmemberikanpenjelasanalurceritakepadapemainperanagaralurceritayangdibawakanbisaruntutataualurkedepan(2)penelitiselanjutnyadapatmelanjutkanpenelitiandenganujicobakelompokbesardalamrangkaujiefektifitasprodukpenelitiantindakanbimbinganataupunpengembanganprodukuntuktopiklain.