Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP / Arda Nurdihansyah
Main Author: | Nurdihansyah, Arda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2287/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurdihansyahArda.2016.PengembanganPanduanSosiodramauntukMeningkatkanKonsepDiriSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HarmiyantoM.Pddan(II)Dr.TriyonoM.Pd.KataKuncipanduansosiodramakonsepdirisiswaSMPMasaremajamerupakanmasapencarianidentitasdiri.Padapencarianjatidiriatauidentitasdiriremajacenderungdipengaruhiolehlingkungansosialilmupengetahuankemajuanteknologidaninformasiyangmerekadapatseharihari.Darifenomenayangpenulistemuidilapanganremajacenderungmengikutitrenyangkekinianmisalnyadalamhalmodelpakaianbahasaperilakumodelrambutdanalat-alatpemuaskebutuhansehari-harilainyayangterkesandipaksakantanpamelihatkemampuanyangdimiliki.Fenomenatersebutmerupakanpencarianidentitasdiriyangnegatifkarenatidakdisesuaikandengankemampuanataupotensiyangdimilikinyasehinggadapatmempengaruhikonsepdiriindividutersebut.Konsepdiriadalahbagaimanaindividumelihatdirinyasebagaipribadisertabagaimanaindividumembentukmanusiayangidealmenurutdirinyasesuaikemampuandanpotensiyangdmiliki.Terkaitkonsepdirikonselormempunyaitanggungjawabuntukmembimbingsiswaagardapatmeningkatkankonsepdiriyangdimilikisiswasalahsatulayananyangdipandangdapatmeningkatkankonsepdirisiswaadalahtekniksosiodrama.TujuanpengembanganadalahmenghasilkanpanduansosiodramauntukmeningkatkankonsepdirisiswaSMPyangdapatditerimaberdasarkanketepatankegunaankemudahandankemenarikannya.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmemilikisembilanlangkahpenelitianyangdiadaptasidarisepuluhlangkahpenelitianpengembanganBorgGall.SembilanlangkahtersebutadalahResearchandInformationCollectingPlanningDevelopPreliminaryofProductPreliminaryFieldTestingMainProductRevisionMainFieldTestOperationalRevisionProductOperationalfiledtestingFinalProductRevisionUjicobadalampenelitianinidilakukanmelaluilangkahPreliminaryFieldTestingadalahujiahlimateribimbingandankonselingdanahlimediapembelajaran.UjicobaprodukdalamlangkahMainFieldTestmelibatkankonselorsebagaicalonpenggunaprodukdanlangkahOperationalfiledtestingsiswasebagaisasaranlayananproduk.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahinventorikonsepdirisiswainstrumenpenilaianahlidancalonpenggunaproduk.Datayangdidapatkandarihasilpengujianberupadatakuantitatifdatakualitatifdandatapretestandposttestsaatmelakukanujikelompokkecil.BerdasarkanhasildatakuantitatifdiperolehpenilaiandariahlimateriBimbingandanKonselingtepatsangatbergunamudahdansangatmenarik.Penilaianahlimediasangattepatsangatbergunamudahdansangatmenarik.Penilaiancalonpenggunaproduk(konselor)sangattepatsangatbergunasangatmudahdanmenarik.Hasilujicobakelompokkecildiketahuiadaperubahankonsepdirisebelumdansesudahdiberikannyalayananbimbingandenganpanduansosiodramayangtelahdikembangkan.KesemuapenilaiantersebutdapatdisimpulkanbahwaPanduansosiodramauntukMeningkatkanKonsepDiriSiswaSMPsangatlayakdanefektifdigunakansebagaisalahsatulayananbimbinganterhadapsiswaSaranyangdiberikanadalah(1)konselorlebihmemanfaatkanwaktuyangtelahdisediakandansebelummelakukanpermainandramakonselorharusmemberikanpenjelasanalurceritakepadapemainperanagaralurceritayangdibawakanbisaruntutataualurkedepan(2)penelitiselanjutnyadapatmelanjutkanpenelitiandenganujicobakelompokbesardalamrangkaujiefektifitasprodukpenelitiantindakanbimbinganataupunpengembanganprodukuntuktopiklain.