Hubungan antara kecenderungan akses internet dan kebiasaan belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yudhistira Anggi Arianto
Main Author: | Arianto, Yudhistira Anggi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2286/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnggiYudhistira2016.HubunganKecenderunganAksesInternetdanKebiasaanBelajarSiswaKelasXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkirpsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AndiMappiareATM.Pd(II)Dra.EllaFaridatiZenM.Pd.KatakunciKecenderunganAksesInternetKebiasaanBelajarSiswaSMAInternetmemilikibanyakmanfaatdalamaktivitasmanusia.Empathalmanfaatinternetberdasarkankategorinyayaitukesenanganinformasikomunikasidantransaksi.Manfaatyangdimilikiinternetmemberikankemudahanmanusiadalamberaktivitassehinggakemudahanyangtersediapadainternetmenjadikanmanusiasecaraberulang-ulangmenggunakannyadanberindikasimemberikanefekketergantungan(internetaddiction).Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(a)mendeskripsikankecenderunganaksesinternetsiswakelasXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang(b)mendeskripsikankebiasaanbelajarsiswakelasaXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang(c)mengetahuihubunganantarakecenderunganaksesinternetdankebiasaanbelajarsiswakelasXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.RancanganPenelitianinimenggunakananalisisdeskriptifpersentasedankorelasiProductMoment.Jumlahpopulasi324dansampel180.DatadikumpulkandenganinstrumenkuesionerkecenderunganaksesinternetdankebiasaanbelajardalambentukkuesionertertutupdenganskalaLinkertyangdimodifikasi.AnalisisdalammenentukanhubunganmenggunakananalisisProductMomentdanmenentukanpersentaseuntukmenemukananalisisdeskriptif.Variabelbebas(X)dalampenelitianiniadalahKecenderunganAksesInternetdanvariabelterikat(Y)KebiasaanBelajar.HasilPenelitianmenunjukan(1)SebagianbesarsiswakelasXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangmemilikiintensitaskecenderunganaksesinternetyangcukuptinggi.(2)SebagianbesarsiswakelasXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangmemilkikebiasaanbelajaryangburuk.HasilanalisisKorelationProductMomentmununjukanadahubunganyangsignifikanantarakecenderunganaksesinternetdankebiasaanbelajar.Saranuntukpihaksekolahdalammempertimbangkankebijakanpendampingankepadasiswasaatpengoperasianponselyangberbasisinternetdisekolahpadasaatjampelajaranberlangsung.Konselordiharapkanmenggunakanhasilpenelitianinisebagaibahanmemberikanlayananbimbinganbelajarbagisiswadalammemanfaatkaninternet.Penelitiselanjutnyadiharapkandapatlebihmemerincivariabelpenelitiankarenasaatinivariabelyangditelitimasihdapatdikupaslebihdalamterutamapadakecenderunganaksesinternet.