Hubungan antara kecenderungan akses internet dan kebiasaan belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yudhistira Anggi Arianto

Main Author: Arianto, Yudhistira Anggi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/2286/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnggiYudhistira2016.HubunganKecenderunganAksesInternetdanKebiasaanBelajarSiswaKelasXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkirpsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AndiMappiareATM.Pd(II)Dra.EllaFaridatiZenM.Pd.KatakunciKecenderunganAksesInternetKebiasaanBelajarSiswaSMAInternetmemilikibanyakmanfaatdalamaktivitasmanusia.Empathalmanfaatinternetberdasarkankategorinyayaitukesenanganinformasikomunikasidantransaksi.Manfaatyangdimilikiinternetmemberikankemudahanmanusiadalamberaktivitassehinggakemudahanyangtersediapadainternetmenjadikanmanusiasecaraberulang-ulangmenggunakannyadanberindikasimemberikanefekketergantungan(internetaddiction).Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(a)mendeskripsikankecenderunganaksesinternetsiswakelasXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang(b)mendeskripsikankebiasaanbelajarsiswakelasaXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang(c)mengetahuihubunganantarakecenderunganaksesinternetdankebiasaanbelajarsiswakelasXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.RancanganPenelitianinimenggunakananalisisdeskriptifpersentasedankorelasiProductMoment.Jumlahpopulasi324dansampel180.DatadikumpulkandenganinstrumenkuesionerkecenderunganaksesinternetdankebiasaanbelajardalambentukkuesionertertutupdenganskalaLinkertyangdimodifikasi.AnalisisdalammenentukanhubunganmenggunakananalisisProductMomentdanmenentukanpersentaseuntukmenemukananalisisdeskriptif.Variabelbebas(X)dalampenelitianiniadalahKecenderunganAksesInternetdanvariabelterikat(Y)KebiasaanBelajar.HasilPenelitianmenunjukan(1)SebagianbesarsiswakelasXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangmemilikiintensitaskecenderunganaksesinternetyangcukuptinggi.(2)SebagianbesarsiswakelasXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangmemilkikebiasaanbelajaryangburuk.HasilanalisisKorelationProductMomentmununjukanadahubunganyangsignifikanantarakecenderunganaksesinternetdankebiasaanbelajar.Saranuntukpihaksekolahdalammempertimbangkankebijakanpendampingankepadasiswasaatpengoperasianponselyangberbasisinternetdisekolahpadasaatjampelajaranberlangsung.Konselordiharapkanmenggunakanhasilpenelitianinisebagaibahanmemberikanlayananbimbinganbelajarbagisiswadalammemanfaatkaninternet.Penelitiselanjutnyadiharapkandapatlebihmemerincivariabelpenelitiankarenasaatinivariabelyangditelitimasihdapatdikupaslebihdalamterutamapadakecenderunganaksesinternet.