Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP / Rizka Rosida Hayuni
Main Author: | Hayuni, Rizka Rosida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2282/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHayuniRizkaRosida.2016.PengembanganPanduanSosiodramauntukMeningkatkanKepedulianSosialSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.EliaFlurentinM.Pd.(II)Dra.EllaFaridatiZenM.Pd.KataKuncisosiodramakepeduliansosialsiswaSMPKepeduliansosialadalahsuatusikapmaumemberibantuanmemberiperhatiandanberbagidenganoranglain.Berdasarkanhasilstudiawaladaperilakuremajatertentuyangmengindikasikanrendahnyakepeduliansosialsepertikurangnyakesadarandalammembantuguruorangtuamaupuntemanyangkesulitanmemahamipelajaran.RemajaSMPmemerlukanlayananbimbingandankonselinguntukmeningkatkankepeduliansosial.Salahsatuteknikdalambimbingandankonselingadalahtekniksosiodrama.Penerapantekniksosiodramamemerlukansuatupanduanpelaksanaanagarlayananberjalanefektif.TujuanpenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkanpanduansosiodramauntukmeningkatkankepeduliansosialsiswaSMPyangberterimasecarateoritisdanpraktis.MetodepenelitianpengembanganinimengadaptasidarimodelBorgandGall(1983)yangtahapannyameliputiperencanaanpengembanganprodukdanujicobaproduk.Desainpengujianprodukmenggunakantigatahappengujianprodukyaitumelaluipenilaianahlimateridanahlidramapenilaiancalonpenggunaprodukdanpengujianprodukterbatasdalamtatarankelompokkecil.Datadikumpulkandenganinstrumenskalapenilaian.Jenisdatayangdihimpunadalahdatanumerikaldandataverbal.Datanumericaldianalisismenggunakanreratadandataverbaldianalisisdenganmenyimpulkanmasukan-masukanhasilpengujianproduk.HasilpengembanganiniadalahpanduansosiodramauntukmeningkatkankepeduliansosialsiswaSMP.Berdasarkanpenilaianahliprodukinimemenuhikriteriasangattepatsangatbergunasangatmudahdansangatmenarik.Calonpenggunaprodukmemberikanpenilaiansangattepatsangatbergunacukupmudahcukupmenariksehinggabermaknasangatlayakuntukdigunakan.Dapatdisimpulkanbahwaprodukinitelahberterimasecarateoritismelaluipenilaianahlidanberterimasecarapraktismelaluipenilaiancalonpenggunaprodukdanpengujianprodukterbatas.DisarankanpadakonselormengunakanPanduansosiodramauntukmeningkatkankepeduliansosialsiswaSMP.Konselordapatjugamemperbaikiprodukmelaluipenelitiantindakanbimbingandankonseling.Saranbagipenelitiselanjutnyadapatmengujiefektifitasprodukmelaluipenelitianeksperimen..