Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP / Rizka Rosida Hayuni

Main Author: Hayuni, Rizka Rosida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2282/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHayuniRizkaRosida.2016.PengembanganPanduanSosiodramauntukMeningkatkanKepedulianSosialSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.EliaFlurentinM.Pd.(II)Dra.EllaFaridatiZenM.Pd.KataKuncisosiodramakepeduliansosialsiswaSMPKepeduliansosialadalahsuatusikapmaumemberibantuanmemberiperhatiandanberbagidenganoranglain.Berdasarkanhasilstudiawaladaperilakuremajatertentuyangmengindikasikanrendahnyakepeduliansosialsepertikurangnyakesadarandalammembantuguruorangtuamaupuntemanyangkesulitanmemahamipelajaran.RemajaSMPmemerlukanlayananbimbingandankonselinguntukmeningkatkankepeduliansosial.Salahsatuteknikdalambimbingandankonselingadalahtekniksosiodrama.Penerapantekniksosiodramamemerlukansuatupanduanpelaksanaanagarlayananberjalanefektif.TujuanpenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkanpanduansosiodramauntukmeningkatkankepeduliansosialsiswaSMPyangberterimasecarateoritisdanpraktis.MetodepenelitianpengembanganinimengadaptasidarimodelBorgandGall(1983)yangtahapannyameliputiperencanaanpengembanganprodukdanujicobaproduk.Desainpengujianprodukmenggunakantigatahappengujianprodukyaitumelaluipenilaianahlimateridanahlidramapenilaiancalonpenggunaprodukdanpengujianprodukterbatasdalamtatarankelompokkecil.Datadikumpulkandenganinstrumenskalapenilaian.Jenisdatayangdihimpunadalahdatanumerikaldandataverbal.Datanumericaldianalisismenggunakanreratadandataverbaldianalisisdenganmenyimpulkanmasukan-masukanhasilpengujianproduk.HasilpengembanganiniadalahpanduansosiodramauntukmeningkatkankepeduliansosialsiswaSMP.Berdasarkanpenilaianahliprodukinimemenuhikriteriasangattepatsangatbergunasangatmudahdansangatmenarik.Calonpenggunaprodukmemberikanpenilaiansangattepatsangatbergunacukupmudahcukupmenariksehinggabermaknasangatlayakuntukdigunakan.Dapatdisimpulkanbahwaprodukinitelahberterimasecarateoritismelaluipenilaianahlidanberterimasecarapraktismelaluipenilaiancalonpenggunaprodukdanpengujianprodukterbatas.DisarankanpadakonselormengunakanPanduansosiodramauntukmeningkatkankepeduliansosialsiswaSMP.Konselordapatjugamemperbaikiprodukmelaluipenelitiantindakanbimbingandankonseling.Saranbagipenelitiselanjutnyadapatmengujiefektifitasprodukmelaluipenelitianeksperimen..