Pengaruh keterampilan perencanaan akademik, kemampuan memonitor diri, dan keterampilan mengevaluasi diri terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri se-kota Malang / Oktaviana Winda Shaladin

Main Author: Shaladin, Oktaviana Winda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2278/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKShaladinOktavianaWinda.2016.PengaruhKeterampilanPerencanaanAkademikKemampuanmemonitorDiriKeterampilanMengevaluasiDiriterhadapProkrastinasiAkademikSiswaSMPNegeriseKotaMalang.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingProgramStudiS1BimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.IM.HambaliM.Pd(II)Dr.DanyMoenindyahHandariniM.A.KataKunciKeterampilanPerencanaanAkademikKemampuanMemonitorDiriKeterampilanMengevaluasiDiriProkrastinasiAkademikProkrastinasicenderungpadaperilakusiswayangditunjukkandenganbermalas-malasanmengerjakantugaspadawaktuyangterlaludekatdengandeadlinetergantungpadatemanlainyangdapatmenjadikansiswamelakukanpenundaandalammengerjakantugas-tugasakademik.Haltersebutdapatmenimbulkanketerlambatandalammengumpulkantugasbahkankegagalandalammenyelesaikantugasakademik.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhketerampilanperencanaanakademikkemampuanmemonitordiridanketerampilanmengevaluasidiriterhadapprokrastinasiakademiksiswaSMPsekotaMalang.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkorelasional.PopulasiyangdiambildalampenelitianiniadalahseluruhSMPNegeriyangberadadiKotaMalang.Sampelyangdiambildalampenelitianmenggunakanclusterrandomsamplingdenganjumlahsampelsebanyak499siswa.Datadiperolehdenganmenggunakanskalaprokrastinasitesketerampilanperencanaanakademikinventorikemampuanmemonitordiridantesketerampilanmengevaluasidiri.Untukujikelayakaninstrumenpenelitianmenggunakanujivalidasidanreliabilitasuntukskalaprokrastinasiakademikdaninventorikemampuanmemonitordirisedangkanuntukujikelayakaninstrumentesketerampilanperencanaanakademikdantesketerampilanmengevaluasidirimenggunakanujivaliditasreliabilitasujitingkatkesukaransoaldanujidayapembeda.Selainitudatajugajugadianalisisdenganmenggunakanregresiganda.Berdasarkanhasilanalisisdatamenunjukkanbahwa(1)adapengaruhketerampilanperencanaanakademikyangnegatifsignifikanterhadapprokrastinasiakademik(2)adapengaruhkemampuanmemonitordiriyangnegatifsignifikanterhadapprokrastinasiakademik(3)adapengaruhketerampilanmengevaluasiyangnegatifsignifikanterhadapprokrastinasiakademik(4)keterampilanperencanaanakademikkemampuanmemonitordiridanketerampilanmengevaluasidirisecarabersama-samayangnegatifsignifikanterhadapprokrastinasiakademik.Berdasarkanhasildaripenelitianinidiberikansaransebagaiberikut(1)hasilpenelitianinidapatmemberikandasarkonseloruntukmengembangkanaspekketerampilanperencanaanakademikkemampuanmemonitordiridanketerampilanmengevaluasidiriuntukmengatasidanmencegahprokrastinasiakademiksiswadengancaramemberikanlayananbimbingandankonselinguntuksiswa(2)hasilpenelitiandapatdigunakanolehgurumatapelajaransertapersonilsekolahuntukmemahamiprokrastinasiakademiksiswadenganpemahamankarenaprokrastinasiakademikdipengaruhiolehketerampilanperencanaanakademikkemampuanmemonitoridiridanketerampilanmengevaluasidiri(3)bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenulispenelitianmengenaivariabel-variabellaindalamteoriselfregulatedlearning.