Hubungan motivasi diri, manajemen waktu, dan penetapan tujuan terhadap prokrastinasi akademik siswa SMPN di Kota Malang / Handita Widhi Atma
Main Author: | Atma, Handita Widhi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2251/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAtmaHanditaWidhi.2016.HubunganMotivasiDiriManajemenWaktuDanPenetapanTujuanTerhadapProkrastinasiAkademikSiswaSMPNdiKotaMalang.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingProgramStudiS1BimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AdiAtmokoM.Si(II)Dr.DanyMoenindyahHandariniM.A.KataKunciMotivasiDiriManajemenWaktuPenetapanTujuanProkrastinasiAkademikProkrastinasiakademikmengacupadaperilakuindividuuntukmenunda-nundadalammemulaidanmenyelesaikantugasakademiknya.Siswapelakuprokrastinasimemilihuntukmengerjakantugas-tugasakademiknyadiakhirwaktusehinggamenimbulkankegelisahansubjektifsertaketerlambatandankegagaldalammenyelesaikantugasnya.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmotivasidirimanajemenwaktudanpenetapantujuanterhadapprokrastinasiakademik..PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhSMPNegeriyangadadiKotaMalang.Sampeldiambildenganmenggunakanclusterrandomsamplingdenganjumlahsampel455siswa.Datadiperolehdenganmenggunakanskalaprokrastinasiakademikskalamotivasidiriskalamanajemenwaktudanskalapenetapantujuan.Skalatersebutsudahmemenuhiujivaliditasitem880503danujireliabilitas880505.Metodeanalisisyangdigunakanadalahanalisisregresilinearganda.Hasilpenelitianmenginformasikanbahwa(1)motivasidirimanajemenwaktudanpenetapantujuansecarasimultanberpengaruhnegativesignifikansebesar425%terhadapprokrastinasiakademik(2)motivasidiriberpengaruhnegativesignifikansebesar1313%terhadapprokrastinasiakademik(3)manajemenwaktuberpengaruhnegativesignifikansebesar1818%terhadapprokrastinasiakademik(4)penetapantujuanberpengaruhnegativesignifikansebesar1119%terhadapprokrastinasiakademik.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankansebagaiberikut(1)hasilpenelitianinidapatmemberikandasarbagikonselorsekolahuntukmemberikanlayananbimbingandankonselingdenganmengembangkanmediauntukaspekmanajamenwaktumotivasidiridanpenetapantujuangunamencegahdanmengatasiprokrastinasiakademiksiswa(2)informasiprokrastinasiakademikdipengaruhiolehmanajemenwaktumotivasidiridanpenetapantujuandapatdigunakanolehgurumatapelajarandanpersonilsekolahlainnyauntukbisamemahamidanmengambiltindakanpencegahanberkolaborasidengankonselorsekolahmenghadapiprokrastinasiakademiksiswa(3)bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiantentangprokrastinasiakademikdenganmenggunakanvariabelbebasyanglebihberagam.AtmaHanditaWidhi.2016.RelationshipsSelfMotivationTimeManagementGoalSettingAndStudentsAgainstAcademicProcrastinationsecondaryschoolsinMalang.ThesisDepartmentofGuidanceandCounselingS1BimbinganandCounselingStudyProgramFacultyofEducationUniversityofMalang.Supervisor(I)Dr.H.AdiAtmokoM.Si(II)Dr.DanyMoenindyahHandariniM.A.KeywordsSelfMotivationTimeManagementGoalSettingAcademicProcrastinationAcademicprocrastinationreferstothebehaviorofindividualstoprocrastinateininitiatingandcompletingtasksprocrastinationakademiknya.Siswaactorschoosetoworkonacademictasksattheendoftimeresultinginsubjectiveanxietyaswellasdelaysincompletingtugasnya.Penelitianandkegagalaimstodeterminetheeffectself-motivationtimemanagementandgoalsettingtoacademicprocrastination..PopulasiInthisstudyareallJuniorHighSchoolinthecityMalang.Sampeltakenusingclusterrandomsamplingwithasampleof455students.Dataobtainedusingascaleofacademicprocrastinationselfskalamotivasithescaleoftimemanagementandgoalsettingscale.Thescalemeetsthetestofvalidity880503itemandujireliabilitas88050.5.Theanalyticalmethodusedismultiplelinearregressionanalysis.Theresultsofthestudyinformsthat(1)self-motivationtimemanagementandgoalsettingsimultaneouslyasignificantnegativeeffectof42.5%oftheacademicprocrastination(2)asignificantnegativeeffectonself-motivationof13.13%oftheacademicprocrastination(3)managementtimesignificantlynegativeeffectamountedto18.18%oftheacademicprocrastination(4)Thegoal-settingnegativeeffectsignificantlyby11.19%againstacademicprocrastination.Basedontheresultsofthisstudysuggestedasfollows(1)Theresultsofthisstudymayprovideabasisforschoolcounselorstoprovideguidanceandcounselingservicesbydevelopingmediaforaspectsmanajamentimeself-motivationandgoalsettingtopreventandcopewithacademicprocrastinationstudents(2)informationacademicprocrastinationisaffectedbytimemanagementself-motivationandgoalsettingcanbeusedbythesubjectteachersandschoolpersonnelothertounderstandandtakepreventivemeasuresincollaborationwiththeschoolcounselorfacingacademicprocrastinationstudents(3)forthenextresearcherisadvisedtodosomeresearchaboutacademicprocrastinationbyusingindependentvariablesthataremorediverse.