Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi sebagai upaya preventif perilaku bullying siswa SMP / Luthfita Cahya Irani

Main Author: Irani, Luthfita Cahya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2249/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIraniLuthfitaCahya.2016.PengembanganPanduanPelatihanKeterampilanMengelolaEmosisebagaiUpayaPreventifPerilakuBullyingSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DanyMoenindyahHandariniM.A.(II)Drs.LutfiFauzanM.Pd.KataKuncipanduanmengelolaemosibullyingsiswaSMP.Berbagaifaktorpenyebabtimbulnyaperilakubullyingpadasiswadisekolahsalahsatunyaadalahtingkatketerampilanmengelolaemosiyangrendah.Keterampilanmengelolaemosimerupakansalahsatuaspekpengembangankepribadianindividuyangberfungsisebagaipengendalidiridariberbagaiperilakumaladaptiftermasukbullying.Prosesterjadinyabullyingdiawalidarisebuahperistiwayangmenyebabkantimbulnyaemosinegatifyangselanjutnyaemositersebutakanmembawaseseorangpadapilihanuntukmengatasimelarikandiriataumenantangterhadapemosinegatifyangiarasakan.Aspekmenantanginilahyangdianggapsangatseriussebabmenjadiakardaritimbulnyaperilakubullyingsehinggaseseorangdengantingkatketerampilanmengelolaemosiyangtinggimemilikikecenderunganyangrendahterhadapperilakubullying.Berdasarkanpenelitianawalyangdilakukanterhadap301siswaSMPterkaitskalaketerampilanmengelolaemosidi5sekolahyangtersebardi5kecamatandiKotaMalangdiketahuibahwa431%atau13siswamasukpadaskalasangatrendahselanjutnya481%atau145siswamasukpadaskalarendahsisanyaberturut-turutmasukpadaskalasedangtinggidansangattinggidenganperolehanpersentase415%atau125siswa49%atau15siswadan16%atau5siswa.DaridatatersebutdapatdisimpulkanbahwatingkatketerampilanmengelolaemosisiswaSMPdiKotaMalangmasukpadakategorirendahyangartinyabanyaksiswamemilikikecenderunganuntukberpotensimelakukanperilakubullyingdisekolah.TujuandaripenelitiandanpengembanganiniialahmenghasilkanpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosisebagaiupayapreventifperilakubullyingsiswaSMPyangterdiridaribukupanduanpelatihanuntukkonselormediaDVDpelatihanuntukkonselorbukumateriuntuksiswadanbukuformatkerjasiswa.ProsedurpenelitianpengembanganinimenggunakanrancanganpenelitianmodelBorgGall(1983)dengantahap-tahapyangdimodifikasisesuaidenganketerbatasandanasumsiuntukmemaksimalsetiaptahappenelitian.Tahapyangdigunakanialah1)penelitianawaldanpengumpulandata2)perencanaan3)pengembanganprodukawal4)ujicobaprodukawal5)perbaikanprodukawaldan6)ujicobaproduklanjutandanperbaikanprodukakhir.Hasilujiahlibimbingandankonselingpsikologidanteknologipendidikanmenunjukkankesepakatanyangtinggiterhadapprodukberdasarkanaspekkegunaankemenarikanketepatandankepatutan.MelaluiskalapenilaianyangdiberikanpadacalonpenggunaprodukmenunjukkanhasilbahwapanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosisebagaiupayapreventifperilakubullyingsiswaSMPtelahmemenuhikriteriakeberterimaanyaitubergunamenariktepatdanpatutuntukditerapkanpadasiswaSMPyangmasukpadaskalaketerampilanmengelolaemosiyangrendah.Sehubungandenganpemanfaatanyangdidasarkanpadahasiltemuandilapanganterdapatsaranbagikonseloragarprodukyangdihasilkaninidapatdigunakandalamkegiatankurikulumpengembangandirisiswadenganmelakukankajianlebihlanjutdenganpihak-pihaksekolahyangberwenang.DisampingituuntukkegiatanpengembanganprodukbagipenelitiselanjutnyaadalahmelaksanakanujikelompokkeciluntukmengetahuikeefektifanpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosisebagaiupayapreventifperilakubullyingsiswaSMP.