Pengembangan bahan ajar hidrokarbon menggunakan penekatan saintifik berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA/MA kelas XI semester 1 / Dharul Handri Pranowo

Main Author: Pranowo, Dharul Handri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/22390/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHandriDharul.2015.PengembanganBahanAjarHidrokarbonMenggunakanPendekatanSaintifikBerbasisInkuiriTerbimbinguntukSMA/MAKelasXISemester1.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)MuntholibS.PdM.Si.(II)Dr.AmanSantosoM.Si.Katakuncibahanajarhidrokarbonpendekatansaintifikinkuiriterbimbing.Salahsatumasalahyangdihadapiolehsekolahdalammenerapkankurikulum2013adalahketerbatasanbahanajaryangsesuaidengantuntutankurikulum.Kurikulum2013menempatkanmetodesaintifiksebagaipendekatanpembelajarandenganfokuslimapengalamanbelajaryaknimengamati(observing)menanya(questioning)mengumpulkandata(experimenting)mengasosiasi(associating)danmengkomunikasikan(communicating).Tujuandaripengembanganbahanajariniantaralain(1)menghasilkanbahanajarhidrokarbonmenggunakanpendekatansaintifikberbasisinkuiriterbimbing(2)memperolehpenilaiankomentardansaranterhadapbahanajarhasilpengembanganmelaluivalidasiisibahanajartersebut.Pengembanganbahanajarinimemperhatikankarakteristikpembelajarankimia.ModelpengembanganyangdigunakandalampengembanganinimerujukpadaFour-Dmodel(Model4D)yangdirekomendasikanolehThiagarajanSemmeldanSemmel(1974).Model4Dterdiridariempattahapanyaitudefine(mendefinisikan)design(merancang)develop(mengembangkan)dandisseminate(menyebarluaskan).Padapenelitianpengembanganinitahapdisseminatetidakdilakukan.ValidasiisidilakukanolehsatudosenkimiadanduagurukimiaSMA.Instrumenvalidasidanujiketerbacaanmenggunakanangket.Klasifikasipadaangketvalidasidanangketujiketerbacaanmenggunakankriteriatertentu.Datayangdiperolehdalampengembanganiniberupadatakualitatifdandatakuantitatifyangdianalisissesuaidengankarakteristikmasing-masing.HasilpengembanganberupabahanajarhidrokarbonmenggunakanpendekatansaintifikberbasisinkuiriterbimbinguntuksiswaSMA/MAkelasXIyangdisajikandalambentukbahanajarcetak.Hasilvalidasimenunjukkanbahwaprodukpengembanganinimemperolehskor80%dengankriterialayak.Ujiketerbacaandiperolehpersentasesebesar84%dengankriteriasangatlayak.Bahanajarhasilpengembanganterdiridaribagianpendahuluanisidanpenutup.Bagianisimencakupkegiatanbelajardenganpendekatansaintifiktingkatinkuiriterbimbing.Isipembelajaranmencakuppengalamanbelajaryaknimengamatimenanyamengumpulkandatadanmenganalisisdatamengkomunikasikandanmengasosisasi.