Pengembangan bahan ajar materi hidrolisis garam berbasis POGIL (Progress Oriented Guided Inquiry Learning) untuk SMA/MA kelas XI / Sikya Hiswara

Main Author: Hiswara, Sikya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/22382/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHiswaraSikya.2017.PengembanganBahanAjarMateriHidrolisisGaramBerbasisPOGIL(ProcessOrientedGuidedInquiryLearning)untukSMA/MAKelasXI.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)MuntholibS.PdM.Si(II)Drs.MuhammadSodiqIbnuM.Si.KataKuncibahanajarPOGILhidrolisisgaramMenurutparadigmakonstruktivistikdalamprosespembelajaransiswadituntutuntukmembangunsendiripengetahuannya.Salahsatupendekatanpembelajaranyangmengkonstruksisendiripengetahuannyaadalahinkuiri.ModelpembelajaranyangdikembangkandenganpendekataninkuirisalahsatunyaadalahmodelPOGIL.KomunikasipersonaldenganbeberapagurukimiamenunjukkanbahwamateripembelajarankimiaHidrolisisGarammengandungpengetahuanfaktualkonseptualproseduraldanmetakognisiyangsesuaidenganmetodepembelajaranPOGIL.PenelitianinibertujuanmengembangkanBahanAjarHidrolisisGaramBerbasisPOGIL.Pengembanganrancangan4Dyangmeliputi4tahaputamayaitudefinedesigndevelopdandisseminate.Namundemikiankarenaketerbatasanwaktu.Langkahdisseminatetidakdilakukan.Bahanajarhasilpengembangandiujidenganvalidasiisidanujiketerbacaan.Validasiisidilakukandenganmemberikanangketpenilaianterhadapbahanajaryangdikembangkankepadavalidator.Ujiketerbacaandilaksanakanpada10siswakelasXI.Jenisdatayangdiperolehdarihasilvalidasidanujiketerbacaanpengembanganbahanajaradaduayaitudatakuantitatifyangdiperolehdariperhitungannilairata-ratauntukmengetahuibesarnyakelayakanbahanajartersebutdandatakualitatifberupatanggapankritikdansaran.ProdukhasilpengembanganberupaBahanAjarHidrolisisGaram.hasilvalidasiisiolehvalidatormenunjukkanbahwabukusiswamemperoleh8916%(sangatvalid)sedangkanbukugurumenunjukkankriteriasangatvalidsebesar8921%(sangatvalid).Hasilujiketerbacaanmenghasilkanpresentasekelayakansebesar853%(sangatvalid)yangmenunjukkanbahwabahanajarlayakuntukdigunakansebagaisumberbelajar.