Pengembangan bahan ajar materi hidrolisis garam berbasis POGIL (Progress Oriented Guided Inquiry Learning) untuk SMA/MA kelas XI / Sikya Hiswara
Main Author: | Hiswara, Sikya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22382/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHiswaraSikya.2017.PengembanganBahanAjarMateriHidrolisisGaramBerbasisPOGIL(ProcessOrientedGuidedInquiryLearning)untukSMA/MAKelasXI.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)MuntholibS.PdM.Si(II)Drs.MuhammadSodiqIbnuM.Si.KataKuncibahanajarPOGILhidrolisisgaramMenurutparadigmakonstruktivistikdalamprosespembelajaransiswadituntutuntukmembangunsendiripengetahuannya.Salahsatupendekatanpembelajaranyangmengkonstruksisendiripengetahuannyaadalahinkuiri.ModelpembelajaranyangdikembangkandenganpendekataninkuirisalahsatunyaadalahmodelPOGIL.KomunikasipersonaldenganbeberapagurukimiamenunjukkanbahwamateripembelajarankimiaHidrolisisGarammengandungpengetahuanfaktualkonseptualproseduraldanmetakognisiyangsesuaidenganmetodepembelajaranPOGIL.PenelitianinibertujuanmengembangkanBahanAjarHidrolisisGaramBerbasisPOGIL.Pengembanganrancangan4Dyangmeliputi4tahaputamayaitudefinedesigndevelopdandisseminate.Namundemikiankarenaketerbatasanwaktu.Langkahdisseminatetidakdilakukan.Bahanajarhasilpengembangandiujidenganvalidasiisidanujiketerbacaan.Validasiisidilakukandenganmemberikanangketpenilaianterhadapbahanajaryangdikembangkankepadavalidator.Ujiketerbacaandilaksanakanpada10siswakelasXI.Jenisdatayangdiperolehdarihasilvalidasidanujiketerbacaanpengembanganbahanajaradaduayaitudatakuantitatifyangdiperolehdariperhitungannilairata-ratauntukmengetahuibesarnyakelayakanbahanajartersebutdandatakualitatifberupatanggapankritikdansaran.ProdukhasilpengembanganberupaBahanAjarHidrolisisGaram.hasilvalidasiisiolehvalidatormenunjukkanbahwabukusiswamemperoleh8916%(sangatvalid)sedangkanbukugurumenunjukkankriteriasangatvalidsebesar8921%(sangatvalid).Hasilujiketerbacaanmenghasilkanpresentasekelayakansebesar853%(sangatvalid)yangmenunjukkanbahwabahanajarlayakuntukdigunakansebagaisumberbelajar.