Pengembangan bahan ajar hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMA/MA kelas XI / Manda Dian Kuswandani
Main Author: | Kuswandani, Manda Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22375/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKuswandaniMandaDian.2017.PengembanganBahanAjarHidrokarbonBerbasisInkuiriTerbimbinguntukSiswaSMA/MAKelasXI.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.H.DermawanAfandy.M.Pd.(2)Dr.SitiMarfuah.M.S.KatakuncibahanajarinkuiriterbimbinghidrokarbonIlmukimiamerupakanilmusainsatauilmupengetahaunalamyangmemilikikarakteristikyaitupengetahuanyangdiperolehmelaluipengamatandanpengumpulandatauntukmenghasilkanataumembuktikanpenjelasansuatufenomena.Matapelajarankimiamemilikibanyakkonsepdaripalingsederhanasampaipalingabstrakdankomplekssehinggadiperlukanpemahamanyangbenarterhadapkonsepdasartersebut.Untukmemaksimalkanprosespembelajarantersebutmakadibutuhkanbahanajarkimiaberbasisinkuiriterbimbingyangdapatmeningkatkanketrampilanprosessiswadalammengkonstrukskonsep.Berdasarkansumberbelajarmaterihidrokarbonyangtelahadamasihbersifatinformatifdantidakmengkonstrukskonsepsehinggatidakmemberikankesempatankepadasiswauntukmemecahkanmasalahdansiswahanyaterpacupadasumberbelajartersebut.OlehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanbahanajarhidrokarbonberbasisinkuiriterbimbinguntuksiswaSMA/MAkelasXIsemester1danuntukmengetahuitingkatkelayakanhasilpengembangan.PengembanganbahanajarpadapenelitianinimenggunakanModel4D(Four-DModel)dariThiagarajandkk(1974)terdiridariempattahapanyaitu(1)tahapmembatasi(todefine)(2)tahapmerancang(todesign)(3)tahapmengembangkan(todevelop)(4)tahapmenyebarluaskan(todisseminate).Namunpengembanganbahanajarinihanyadilakukansampaitahapketiga.Validasibahanajarhasilpengembangandilakukanolehsatudosenkimiadansatugurukimia.Instrumenpengumpulandatavalidasiberupaangketpenilaianyangdisertailembarkomentardansaran.Aspekpenilaianvalidasimeliputikelayakanisidanpenyajianbahasadantataletak.Ujiketerbacaanbahanajarhasilpengembangandilakukankepada10siswakelasXISMAN9Malang.ProdukhasilpengembanganberupabahanajarhidrokarbonberbasisinkuiriterbimbinguntuksiswaSMA/MAkelasXI.Berdasarkanhasilvalidasimenunjukkanbahwabukusiswasangatlayakuntukdigunakandenganmemenuhipersentasesebesar9395%.Begitupuladenganbukuguruyangsangatlayakuntukdigunakandenganmemenuhikriteriapersentasesebesar9687%.Hasilujiketerbacaanterhadapbahanajardiperolehpersentasesebesar8312%sehinggaberdasarkanpenilaiantersebutbahanajarsangatlayakdigunakansiswasebagaisumberbelajardanprosespembelajarandikelas.ABSTRACTKuswandaniMandaDian.2017.DevelopmentofHydrocarbonMaterialsBasedonGuidedInquiryforHighSchoolStudents/MAClassXI.ThesisDepartmentOfChemistryFacultyMathematicsandSciencesStateUniversityOfMalang.Advisors(1)Drs.H.DermawanAfandy.M.Pd.(2)Dr.SitiMarfuah.M.S.KeywordteachingmaterialsguidedinquiryhydrocarbonsChemistryisoneofthesciencethathascharacteristicofknowledgewhichobtainedfromobservingandcollectingdatatoproduceorexplainthephenomenons.Chemistryhasmanyconceptsfromthesimplesttothemostcomplexsoitneedsunderstandingcontentofthebasicconcepts.Tomaximizethelearningprocessitneedschemistrylearningmaterialsguidedinquiry-basedthatcanimprovethestudentsprocessskillsinconstructingtheirconcepts.Basedontheexistingsourcesofhydrocarbonslearningmaterialisstillinformativeitdoesnotconstructtheconceptsoitdoesnotgiveopportunitiestostudentsolvingtheproblemsandtheyareonlystuckbythesourceofit.Thereforethisstudyaimstoproduceaguidedinquiry-basedhydrocarbonsforstudentsofSMA/MAclassXIsemester1andtodeterminethefeasibilityoftheresultsofdevelopment.DevelopmentofteachingmaterialsinthisstudyusingFour-DModelfromThiagarajanetall(1974)consistsoffourstagestheyare(1)todefinestage(2)todesignstage(3)todevelopstage(4)todisseminatestage.Howeverthedevelopmentofthisteachingmaterialsisonlydonetothethirdstage.Thevalidationofteachingmaterialsfromthedevelopmentresultiscarriedoutbyonechemistrylecturerandonechemistryteacher.Theinstrumentofvalidationdatacollectedisintheformofanassessmentquestionnairewithcommentsandsuggestions.Aspectsofthevalidationassessmentincludecontentfeasibilityandpresentationlanguageandlayout.Thelegibilitytestofdevelopmentresultwasdoneto10studentsofclassXISMAN9Malang.Theproductofdevelopmentresultisintheformofaguidedinquiry-basedhydrocarbonresourceforSMA/MAclassXI.Basedonthevalidationresultsshowthatthestudentsbookisveryfeasibletobeusedbythepercentageof93.95%.Similarlythebookofteachersisveryfeasibletobeusedbythepercentagecriteriaof96.87%.Theresultoflegibilitytestofthelearningmaterialsisbythepercentageof83.12%basedontheassessmenttheteachingmaterialsisverysuitableforstudentsasalearningresourceandlearningprocessintheclassroom.