Pengembangan instrumen asesmen berpikir kritis pada materi asam basa untuk siswa SMA / Dwi Agusningtyas

Main Author: Agusningtyas, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/22364/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAgusningtyasDwi.2017.PengembanganInstrumenAsesmenBerpikirKritispadaMateriAsamBasauntukSiswaSMA.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.SriRahayuM.Ed.Ph.D.(II)M.MuchsonS.Pd.M.Pd.KataKuncikemampuanberpikirkritisinstrumenasesmenasambasaPerubahanrevolusionerpadaabadke-21menyebabkandiperlukannyasiswayangmemilikiliterasisains.BerdasarkanhasilProgrammeforInternationalStudentAssessment(PISA)danTrendsinInternationalMathematicsandScienceStudy(TIMSS)kemampuanliterasisainssiswadiIndonesiamasihtergolongrendah.BerpikirkritismerupakansalahsatukompetensiyangdinilaiPISAsehinggadapatdikatakanbahwaberpikirkritismerupakankegiatandalamberliterasisains.Rendahnyaliterasisainsmenyebabkansainstermasukkimiamenjadipenting.PadapembelajarankimiadiSMA/MAsiswadituntutuntukmembangunkemampuanberpikirtingkattinggikhususnyaberpikirkritis.Berpikirkritissangatdibutuhkandalammemahamikonsep-konsepsulitkimiasepertikonsepasambasa.Berbagaipenelitianmengenaipenerapanpendekatanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissudahbanyakditerapkan.Namuninstrumenyangdigunakanbelummencerminkankemampuanberpikirkritissehinggamasihbelumdapatdiketahuikeefektifanpendekatanpembelajarantersebutdalammeningkatkankemampuanberpikirkritis.Olehsebabitudiperlukaninstrumenasesmenyangsesuai.DengandemikianpenelitibermaksuduntukmenghasilkaninstrumenasesmenyangdapatmengukurkemampuanberpikirkritissiswaSMApadamateriasambasa.Instrumenasesmenberpikirkritiskembangkandenganmemasukkankomponenberpikirkritissesuai12indikatorberpikirkritisEnnisuntukmemenuhituntutankecakapanabad21K13revisi.PengembanganinstrumenasesmeninimengikutimodelResearchDevelopment(RD)menurutBorgdanGallyanghanyasampaitahapketujuh.Desainujicobanyameliputivalidasiisidankonstrukdenganmenggunakanangketvalidasikelayakantampilandanisiprodukyangdivalidasiolehvalidatordosendanguru.Selanjutnyabutirsoalpilihangandadanesaidivalidasioleh122mahasiswaUniversitasNegeriMalang(UM)programstudiS1PendidikanKimiayangsedangmenempuhmatakuliahkimiadasar.Datayangdiperolehdiolahdenganteknikperhitunganpersentasedanteknikanalisisbutirsoal.Teknikanalisisbutirsoalmeliputiujivaliditasreliabilitastarafkesukarandandayabeda.HasilpenelitianmenunjukkanbahwainstrumenasesmenyangdikembangkantermasukdalamkategorisangatlayakdigunakanuntukmengukurkemampuanberpikirkritissiswaSMA.JumlahbutirsoalvalidyangdihasilkanpadabagianIadalahsebanyak23soalpilihangandadan19butirsoalesai.Reliabilitasyangdiperolehuntuksoalpilihangandaadalah0614sedangkanreliabilitasuntuksoalesaiadalah0737.Reliabilitaskeduajenissoaltermasukdalamkategoritinggi.