Pengembangan instrumen asesmen berpikir kritis pada materi asam basa untuk siswa SMA / Dwi Agusningtyas
Main Author: | Agusningtyas, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22364/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAgusningtyasDwi.2017.PengembanganInstrumenAsesmenBerpikirKritispadaMateriAsamBasauntukSiswaSMA.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.SriRahayuM.Ed.Ph.D.(II)M.MuchsonS.Pd.M.Pd.KataKuncikemampuanberpikirkritisinstrumenasesmenasambasaPerubahanrevolusionerpadaabadke-21menyebabkandiperlukannyasiswayangmemilikiliterasisains.BerdasarkanhasilProgrammeforInternationalStudentAssessment(PISA)danTrendsinInternationalMathematicsandScienceStudy(TIMSS)kemampuanliterasisainssiswadiIndonesiamasihtergolongrendah.BerpikirkritismerupakansalahsatukompetensiyangdinilaiPISAsehinggadapatdikatakanbahwaberpikirkritismerupakankegiatandalamberliterasisains.Rendahnyaliterasisainsmenyebabkansainstermasukkimiamenjadipenting.PadapembelajarankimiadiSMA/MAsiswadituntutuntukmembangunkemampuanberpikirtingkattinggikhususnyaberpikirkritis.Berpikirkritissangatdibutuhkandalammemahamikonsep-konsepsulitkimiasepertikonsepasambasa.Berbagaipenelitianmengenaipenerapanpendekatanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissudahbanyakditerapkan.Namuninstrumenyangdigunakanbelummencerminkankemampuanberpikirkritissehinggamasihbelumdapatdiketahuikeefektifanpendekatanpembelajarantersebutdalammeningkatkankemampuanberpikirkritis.Olehsebabitudiperlukaninstrumenasesmenyangsesuai.DengandemikianpenelitibermaksuduntukmenghasilkaninstrumenasesmenyangdapatmengukurkemampuanberpikirkritissiswaSMApadamateriasambasa.Instrumenasesmenberpikirkritiskembangkandenganmemasukkankomponenberpikirkritissesuai12indikatorberpikirkritisEnnisuntukmemenuhituntutankecakapanabad21K13revisi.PengembanganinstrumenasesmeninimengikutimodelResearchDevelopment(RD)menurutBorgdanGallyanghanyasampaitahapketujuh.Desainujicobanyameliputivalidasiisidankonstrukdenganmenggunakanangketvalidasikelayakantampilandanisiprodukyangdivalidasiolehvalidatordosendanguru.Selanjutnyabutirsoalpilihangandadanesaidivalidasioleh122mahasiswaUniversitasNegeriMalang(UM)programstudiS1PendidikanKimiayangsedangmenempuhmatakuliahkimiadasar.Datayangdiperolehdiolahdenganteknikperhitunganpersentasedanteknikanalisisbutirsoal.Teknikanalisisbutirsoalmeliputiujivaliditasreliabilitastarafkesukarandandayabeda.HasilpenelitianmenunjukkanbahwainstrumenasesmenyangdikembangkantermasukdalamkategorisangatlayakdigunakanuntukmengukurkemampuanberpikirkritissiswaSMA.JumlahbutirsoalvalidyangdihasilkanpadabagianIadalahsebanyak23soalpilihangandadan19butirsoalesai.Reliabilitasyangdiperolehuntuksoalpilihangandaadalah0614sedangkanreliabilitasuntuksoalesaiadalah0737.Reliabilitaskeduajenissoaltermasukdalamkategoritinggi.