Analisis pengetahuan metakognitif larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA / Yezhi Prisvitasari

Main Author: Prisvitasari, Yezhi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/22350/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrisvitasariYezhi.2017.AnalisisPengetahuanMetakognitifLarutanPenyanggaSiswaKelasXIIPASMA.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(I)Prof.Drs.H.EffendyM.Pd.Ph.D.(II)Dr.NazriatiM.Si.Kata-katakuncipengetahuanmetakognitifdeklaratifproseduralkondisionallarutanpenyanggaLarutanPenyanggamerupakanmateriyangdiajarkankepadasiswaSMAdanMAkelasXIsemester2.LarutanPenyanggatermasukmateriyangberpotensisulitdipahamisiswakarenaterdiriataskonsep-konsepabstrakyangdidasarikonsep-konseplainmemerlukankemampuanmatematik/algoritmikdankemampuanberpikirabstrakuntukmemahaminyasertamelibatkanrepresentasimakroskopissubmikroskopisdansimbolik.KesulitansiswamemahamiLarutanPenyanggadisebabkankarenasiswabelummampumemaknaidanmenginterpretasiketigarepresentasikimiahaliniberdampaksiswamengalamisalahkonsep/miskonsepsi.Metakognisiialahkemampuandankesadaranuntukmengontrolmengendalikansertamengaturaspek-aspekkognisipadadiriseseorang.MetakognisidiperlukanuntukmengembangkankemampuanberpikirabstraksehinggasiswamampumenghubungkanketigarepresentasikimiamenjadipemahamankonsepLarutanPenyanggayangutuhdanbenar.Penggunaanmetakognisimenyatudalampemikiransiswadapatmenyebabkanpembelajaranlebihbaikdankinerjalebihtinggi.OlehkarenaituperludilakukanpenelitianyangbertujuanuntukmengetahuiperbedaantingkatpengetahuandeklaratifpengetahuanproseduraldanpengetahuankondisionalsiswasertamengetahuisebarankelompokpengetahuanmetakognitifditinjaudaritingkatberpikirsiswakelasXIIPASMApadamateriLarutanPenyangga.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif.Populasipenelitianialah224siswakelasXIIPASMAN1Trenggalektahunajaran2016-2017yangtersebardalam7kelashomogen.Sampelpenelitianialah60siswakelasXIIPA1danXIIPA7.Datapenelitianberupaskortespengetahuanmetakognitifsiswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataialahinstrumentespengetahuanmetakognitifterdiridari10itemsoaldeklaratif3itemsoalproseduraldan2itemsoalkondisional.UjicobainstrumendilaksanakandikelasXIIPA6sejumlah30siswa.ValiditasinstrumendenganPearsonCorrelationmenunjukkan041sampai082dankoefisienAlphaConbrachreliabilitas074.Instrumendinyatakanvaliddanmemenuhisyaratdigunakanpenelitian.Berdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanpengetahuandeklaratifsiswalebihtinggidaripengetahuanprosedural.Pengetahuanproseduralsiswalebihtinggidaripengetahuankondisional.TingkatanpengetahuanmetakognitifsiswakelasXIIPASMAN1Trenggalekdapatdikategorikanmenjadi4kelompokyakni(1)kelompoksangatrendahsebanyak1siswa(17%)(2)kelompokrendahsebanyak4siswa(67%)(3)kelompokrata-ratasebanyak35siswa(583%)dan(4)kelompoktinggisebanyak20siswa(333%)sedangkankelompokyangke-5(kelompoksangattinggi)belumadasamasekalisiswayangmemilikipengetahuanmetakognitifpadatingkatini(0%).ABSTRACTPrisvitasariYezhi.2017.AnalysisofMetacognitiveKnowledgeBufferSolutionforStudentsClass11thScienceSeniorHighSchool.SarjanasThesisStudyProgramofChemistryEducationFacultyofMathematicsandScienceStateUniversityofMalangAdvisors(I)Prof.Drs.H.EffendyM.Pd.Ph.D.(II)Dr.NazriatiM.Si.KeywordsMetakognitiveknowledgedeclarativeproceduralconditionalbuffersolutionBufferSolutionisamaterialthattaughttohighschoolstudentsclass11thonsecondsemester.BufferSolutionsincludingmaterialsthatarepotentiallydifficulttounderstandstudentsbecauseitconsistsofabstractconceptsbasedonotherconceptsrequirestheabilityofmathematics/algorithmicandabstractivethinkingskillstounderstanditandinvolvesmacroscopicsubmicroscopicandsymbolicrepresentations.Studentsdifficultiesforunderstandthebuffersolutionbecausetheyhavenotbeenabletointerpretofthreechemicalrepresentationsthisaffectsstudentshavemisconceptions.Metacognitionistheabilityandawarenesstocontrolandregulateaspectsofcognitioninaperson.MetacognitionisneededtodevelopabstractivethinkingskillssothatstudentsareabletointerrelatethethreechemicalrepresentationsintoacompleteandtrueunderstandingoftheconceptBufferSolution.Theuseofmetacognitiontogetherinonesthinkingcanleadtobetterlearningandhigherperformance.Thereforeitisnecessarytoconductresearchthataimstoknowdifferentlevelofdeclarativeknowledgeproceduralknowledgeandconditionalknowledgeofstudentsandtoknowthedistributionofmetacognitiveknowledgegroupsintermsofthelevelthinkingofstudentclass11thscienceSeniorHighSchoolonthetopicBufferSolution.Thisresearchisadescriptiveresearch.Thestudypopulationis224studentsclass11thSMAN1Trenggalekacademicyear2016-2017whichspreadin7homogeneousclasses.Thesampleofresearchis60studentsofclass11thscience1and11thscience7.Researchdataintheformofmetacognitiveknowledgetestscoresofstudents.Theinstrumentusedtocollectresearchdataisametacognitiveknowledgetestinstrumentconsistingof10itemsaboutdeclarative3itemsaboutproceduraland2itemsaboutconditional.Thetestoftheinstrumentwasconductedinclass11thscience6totaling30students.TheinstrumentvalidityresultwithPearsonCorrelationshows0.41to0.82andtheAlphaConbrachcoefficientofinstrumentreliabilityis0.74.Theinstrumentisvalidandqualifiesusedresearch.Basedontheresearchresultitismentionedthatthelevelofstudentsdeclarativeknowledgeishigherthanproceduralknowledge.Thestudentsproceduralknowledgeishigherthanconditionalknowledge.Thelevelmetacognitiveknowledgeofstudents11thSMAN1Trenggalekcanbecategorizedinto4groupsnamely(1)verylowgroupof1student(1.7%)(2)lowgroupof4students(6.7%)(3)theaveragegroupof35students(53.3%)and(4)highgroupof20students(33.3%)whereas5thveryhighgroupofmetacognitioninwhichtherearenostudentsatthislevelyet(0%).