Identifikasi miskonsepsi siswa kelas XI SMAN 10 Malang pada materi hidrolisis garam menggunakan soal three tier / Triana Rahmawati
Main Author: | Rahmawati, Triana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22346/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahmawatiTriana.2016.IdentifikasiMiskonsepsiSiswaKelasXISMAN10MalangpadaMateriHidrolisisGaramMenggunakanSoalThreeTier.Skripsi.JurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.ParlanM.Si.(II)Drs.DermawanAfandyM.Pd.KataKunciidentifikasimiskonsepsiHidrolisisGaramHidrolisisGarammerupakansalahsatutopikdalampelajarankimiadiSMAdanMAyangbanyakmencakupkonsepabstrak.Untukmemahamikonsepabstrakdibutuhkanpemahamanberpikirabstrak.Namunhasil-hasilpenelitianmenunjukkanbahwasebagianbesarsiswaSMAdanMAbelumsepenuhnyamengembangkankemampuantersebut.DisampingitupembelajaranHidrolisisGarammencakuptigatingkatrepresentasiyaiturepresentasimakroskopiksub-mikroskopikdansimbolik.Hasil-hasilpenelitianmengungkapkanadanyakesulitansiswaSMAdalammenghubungkanketiganya.OlehkarenaituHidrolisisGarammerupakansalahsatumateripelajaranyangberpotensisulituntukdipahamiolehsiswa.Kesulitanitudapatmengakibatkankesalahanpemahamandanbilaberlangsungsecarakonsistenakanmenimbulkanmiskonsepsi.Jikamiskonsepsitersebuttidakdieliminasimakaberpotensiuntuktimbulnyamiskonsepsipadakonseplainyangberkaitan.Selamainiidentifikasimiskonsepsidilakukanmenggunakansoalessayatauwawancara.Persoalannyacaratersebutmemerlukanbanyakwaktusehinggacaratersebutkurangefisienuntukmengidentifikasimiskonsepsisiswa.Untukmengatasihaltersebutdikembangkancarabarudalammengidentifikasimiskonsepsiyaitudenganmenggunakansoalpilihangandatwotier.Persoalannyaadalahsoalpilihangandatwotiertidakdapatmembedakansiswayangmengalamimiskonsepsidengantidakpahamkonsep.Untukmengatasihaltersebutdikembangkansoalpilihangandathreetier.Soalpilihangandathreetiermerupakaninstrumendiagnostikyangefisienkarenadapatmengidentifikasimiskonsepsisiswadenganwaktupengoreksianyangcepatdandapatmembedakansiswayangpahamkonsepkurangpahamkonseptidakpahamkonsepmiskonsepsidanmenebak.Selainitusoalpilihangandathreetiermemilikitingkatkepercayaanyangtinggi.Haltersebutterbuktidarihasilpenelitianyangmenemukanbahwasoalpilihangandathreetiermemilikinilaikoefisienreliabilitaslebihtinggidaripadasoalpilihangandabiasaataupunsoalpilihangandatwotier.PenelitianinibertujuanuntukmengidentifikasimiskonsepsisiswapadamateriHidrolisisGarammenggunakansoalpilihangandathreetierdanmengetahuisumber-sumbermiskonsepsitersebut.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptif.Subyekpenelitianadalah52siswaSMAN10Malangdariduakelas(XIMIPAGdanXIMIPAH)yangdiambildarilimakelasyanghomogen.DatapenelitianadalahjawabansiswaterhadaptesmateriHidrolisisGaramdanrekamanhasilwawancara.Jawabansiswaterhadapsoal-soalmaterihidrolisisgaramdikumpulkanmenggunakansoalpilihangandathreetieryangterdiridari20itemdenganvaliditasisisebesar836%dankoefisienreliabilitasdihitungdenganpersamaanCronbachAlphasebesar085.Wawancaramenggunakanpedomanwawancara.JawabantesmateriHidrolisisGaramdianalisissecaradeskriptif.Berdasarkanhasilanalisissiswadikategorikanmenjadipahamkonsepkurangpahamkonseptidakpahamkonsepmenebakdanmiskonsepsi.Padasiswayangmengalamimiskonsepsidilakukanwawancarauntukmengetahuisumbermiskonsepsi.Darihasilanalisisdatapenelitiandiidentifikasienammiskonsepsiyaitu(1)kationgaramdaribasakuatterhidrolisis(2)aniongaramdariasamkuatterhidrolisis(3)larutangaramyangterhidrolisistotalselalubersifatnetralkarenagaramnyaberasalasamlemahdanbasalemah(4)larutangaramhasilreaksiasamkuatdanbasalemahbersifatasamkarenayangterhidrolisisadalahaniondariasamkuat(5)semuagaramselalubersifatnetral(6)garamyangmengandungatomHselalubersifatasam.Adapunsumbermiskonsepsiyangdominanadalahpenggunaanistilahkimiayangtidakkonsistenbukutemandiskusidanpenalaransiswasendiri.