Pengembangan bahan ajar hidrolisis garam untuk siswa SMA/MA Programn IPA dengan menggunakan penekatan saintifik / Ninda Astri Andriani
Main Author: | Andriani, Ninda Astri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22343/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAndrianiNindaAstri.2017.PengembanganBahanAjarHidrolisisGaramuntukSiswaSMA/MAProgramIPAdenganMenggunakanPendekatanSaintifik.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SuhartiS.Pd.M.Si(II)Dr.SitiMarfuahM.S.Kata-katakuncibahanajarHidrolisisGarampendekatansaintifikkurikulum2013PendekatansaintifikmerupakanpendekatanpembelajaranyangdisarankanolehKurikulum2013.Prosespembelajarandalampendekatansaintifikmelibatkanketerampilanprosessainsyangbertujuanagarsiswadapatmenemukansendirikonsep-konsepdenganbantuanyangseminimalmungkindariguru.Faktanyamenunjukkanbahwaprosespembelajarandenganmenggunakanpendekatansaintifikcenderungbelumterlaksanadenganbaik.Salahsatupenyebabnyaadalahbelumtersedianyabahanajaryangmemenuhi.HalinidibuktikandengananalisisbeberapabahanajardiSMAyangmenunjukkanbahwabahanajaryangberedarbelumsesuaidenganlangkah-langkahpadapembelajaransaintifikdanketerampilanprosessains.SalahsatumaterikimiaSMAyangtercantumdalamKurikulum2013adalahHidrolisisGaram.MateriHidrolisisGarammencakuprepresentasimakroskopikmikroskopikdansimbolik.Tujuanpenelitianiniadalahmengembangkanbahanajardenganmenggunakanpendekatansaintifikyangmengintegrasikan3representasikimiapadamateriHidrolisisGaramdanmengetahuitingkatkelayakanbahanajaryangdikembangkan.PengembanganbahanajarHidrolisisGaramdilakukandenganmenggunakanmodel4D(fourDmodel)yangdikembangkanolehThiagarajandkk.(1974)denganlangkah-langkahsesuaisintakspadapendekatansaintifik.BahanajaryangdikembangkanberupaBukuKerjaSiswadanBukuPedomanGuru.Ujikelayakanbahanajarmencakupaspekkelayakanpenyajianisikebahasaandankegrafisan.UjikelayakandilakukanberdasarkaninstrumenyangdikembangkanolehBSNPyangtelahdimodifikasimenyesuaikanbahanajaryangdikembangkan.UjikelayakandilakukanmelaluivalidasiolehvalidatorahliyaitudosenJurusanKimiadangurukimiaSMAdanujiketerbacaanolehsekelompokkecilsiswa.HasilvalidasimenunjukkanbahwaBukuKerjaSiswamemilikikelayakanpenyajiansebesar950%kelayakanisi867%kebahasaan908%dankegrafisan867%.Secaraumumdidapatkanpersentaserata-ratakelayakanBukuKerjaSiswasebesar898%.BukuPedomanGurumemilikikelayakanpetunjukumumsebesar967%kelayakanuntukRPPdanpedomanpenilaian924%dankelayakanurutandalammembimbingsiswauntukmengkonstrukkonsep895%.Secaraumumdidapatkanpersentaserata-ratakelayakanBukuPedomanGurusebesar929%.Padaujiketerbacaandidapatkanhasilsebesar771%.DengandemikianbahanajarHidrolisisGaramdenganmenggunakanpendekatansaintifikhasilpengembangandapatdianggaplayakdigunakandalamprosespembelajarandikelas.ABSTRACTAndrianiNindaAstri.2017.DevelopmentofSaltHydrolysisLearningMaterialsforScienceProgramsHighSchoolStudentsusingScientificApproache.ThesisDepartmentofChemistryFacultyofMathematicsandSciencesStateUniversityofMalang.Supervisor(I)Dr.SuhartiS.Pd.M.Si(II)Dr.SitiMarfuahM.S.KeywordslearningmaterialsscientificapproachIndonesias2013CurriculumSaltHydrolysischemistryrepresentationsScientificapproachisarecommendedlearningapproachintheIndonesias2013Curriculum.Thelearningprocessinscientificapproachinvolvesbuildingscienceprocessskillthataimswhichfacilitatestudentstoconstructtheirconceptswithteacherassistanceasminimalaspossible.Howevermanypracticesofscientificapproachwerenotcarriedoutproperly.Oneofimportantfactorwhichinfluencethesuccessfuloftheapproachistheavailabilityoflearningmaterialsthatmeetsyntaxofscientificapproach.SurveyontheavailablelearningmaterialsindicatesthatSaltHydrolysisispresentedasrecommendedbytheIndonesias2013Curriculum.InadditionSaltHydrolysismaterialisrarelyrepresentedatmacroscopicmicroscopicandsymboliclevels.ThereforethepurposeofthisresearchistodevelopthelearningmaterialsusingthescientificapproachintheSaltHydrolysismaterialatthreerepresentationsandtoknowthelevelofeligibilityofthedevelopedmaterials.Thesalthydrolysislearningmaterialsweredevelopmentfollowing4Dmodel(fourDmodel)developedbyThiagarajanetal.(1974)withcorrespondingsyntaxstepsonascientificapproach.LearningmaterialsweredevelopedintheformoftheStudentWorkbookandTeacherHandbook.Theeligibilitytestmaterialscovertheappropriatenessofpresentationcontentlinguisticandgraffiti.ThedatawascollectedusinganinstrumentdevelopedbyBSNPwhichhasbeenmodifiedtomeetthecharacterofthedevelopedmaterialandtherespondentareforLecturerChemistryDepartmentandhighschoolchemistryteacher.Readabilitytestwasdoneatasmallgroupofstudents.ThevalidationresultsindicatedthattheStudentWorkbookhaseligibilityonpresentationof95.0%theeligibilityonthecontentof86.7%linguisticof90.8%andgraffitiof86.7%.IngeneraltheaverageeligibilitypercentageofStudentWorkbookis89.8%.TheTeacherHandbookhaseligibilityofgeneralinstructionsof96.7%eligibilityforRPPandassessmentguidelinesof92.4%andeligibilityofsequencesinguidingstudentsinconstructingconceptof89.5%.IngeneraltheaverageeligibilitypercentageofTeacherHandbookis92.9%.Thereadabilitytestresultsis77.1%.ThereforethedevelopedlearningmaterialsofSaltHydrolysisbyusingascientificapproachisconsideredtobeeligibletobeusedaslearningmaterialfortrialinclassrooms.Improvementcouldbedonefollowingthetrialresults.