Pengaruh mind map pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMAN 10 Malang pada materi hidrolisis garam / Lydia Rohmawati
Main Author: | Rohmawati, Lydia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22342/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRohmawatiLydia.2017.PengaruhMindMapPadaModelPembelajaranInkuiriTerbimbingTerhadapHasilBelajarDanKemampuanBerpikirTingkatTinggiSiswaKelasXISMAN10MalangPadaMateriHidrolisisGaram.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HParlanM.Si(II)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.Katakuncimodelpembelajaraninkuiriterbimbingmindmaphasilbelajarkognitifkemampuanberpikirtingkattinggi.HasilPISAmenunjukkanskorsainsIndonesia(403)dibawahrata-rataskornegaraOECD(493)dimanakimiamerupakansalahsatucabangsainsyangdievaluasidalamPISA.Hidrolisisgaramsebagaisalahsatumateriyangdipelajaridalamkimia.Ketuntasanbelajarsiswaterhadapmateriinicukuprendahyaitusebesar56%diBrawijayaSmartSchoolMalangsedangkantingkatpemahamankonsepdanalgoritmiksiswapadamateriinitergolongrendahberturut-turutsebesar272%dan158%diSMAN10Malang.CukuprendahnyahasilbelajarkognitifsiswatingkatpemahamankonsepalgoritmikdanhasilsainsIndonesiadalamPISAdidugakarenasiswakurangmengaitkankonsepmengembangkankemampuanberpikirtingkattinggidankurangdidisiplinnyasiswauntukbelajar.Untukitudiperlukanmodelpembelajaranyangkonstruktivistikyaituinkuiriterbimbingsebagaiupayauntukmengembangkankemampuanberpikirtingkattinggidisampingitukedisiplinansiswauntukmengorganisirdanmengaitkankonsepyangtelahdiperolehdapatdilakukandenganmemberikantugasmembuatmindmap.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuiketerlaksanaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingbaikyangdisertaimindmapmaupuntanpamindmap(2)mengetahuiperbedaanhasilbelajarkognitifdankemampuanberpikirtingkattinggipadasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingyangdisertaimindmapmaupuntanpamindmap(3)korelasiantarakemampuanmembuatmindmapdenganhasilbelajarkognitifdankemampuanberpikirtingkattinggipadasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingyangdisertaimindmappadasiswakelasXIMIPASMAN10padamaterihidrolisisgaram.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)denganmodelposttestonlycontrolgroupdesign.PemilihansampeldilakukandenganteknikclusterrandomsamplingsehinggadiperolehkelasXIMIPA-6F4sebagaikelaseksperimendanXIMIPA-6G4kelaskontrol.Kelaseksperimendibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdisertaimindmapdankelaskontroldibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingtanpamindmap.Instrumenyangdigunakanberupainstrumenperlakuan(silabusRPPLKS)daninstrumenpengukuran(soaltesdanlembarobservasi).Analisisdatamenggunakananalisisdiskriptifdananalisisstatistik.AnalisisstatistikmenggunakanbantuanprogramSPSS21.0forwindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Prosespembelajaranmenggunakaninkuiriterbimbingyangdisertaimindmapmaupuntanpadisertaimindmaptelahterlaksanadengansangatbaik(2)Adaperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingyangdisertaimindmap(x7738372)dengansiswayangdibelajarkantanpamindmap(x7737763)dankemampuanberpikirtingkattinggisiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingyangdisertaimindmap(x7737613)dengansiswayangdibelajarkantanpamindmap(x7737003)(3)Adakorelasiantarakemampuanmembuatmindmapdenganhasilbelajarkognitifsiswa(r0567)dankorelasi(r0528)antarakemampuanmembuatmindmapdengankemampuanberpikirtingkattinggisiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdisertaimindmap.