Pengembangan bahan ajar digital berbasis inkuiri terbimbing pada materi Asam Basa untuk SMA/MA kerlas XI / Sulistiawati
Main Author: | Sulistiawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22322/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSulistiawati2017.PengembanganBahanAjarDigitalBerbasisInkuiriTerbimbingPadaMateriAsamBasaUntukSMA/MAKelasXI.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikaDanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MunzilM.Si(II)Dr.SitiMarfuahM.S.KataKunciBahanAjarDigitalAsamBasaInkuiriTerbimbingKimiasebagaisalahsatucabangsainsmengandungbanyakkonsepabstrakdanteoritisyangberhubungandenganfenomenadalamkehidupansehari-hari.Banyakkonsepyangbersifatabstraksehinggamenyebabkanpesertadidikseringmengalamikesulitandankegagalandalambelajarkimia.Konsepkimiamencakuptigarepresentasiyaitumakroskopissubmikroskopisdansimbolik.Salahsatumaterikimiayangmencakupketigarepresentasitersebutyaitumateriasambasa.Penyajianmateridenganketigarepresentasitersebutdapatmembuatpembelajarankimiamenjadilebihbermakna.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmenghasilkanbahanajardigitalberbasisinkuiriterbimbingpadamateriasambasayanglayakdanvalid.Metodepenelitiandanpengembanganyangdigunakanyaitumodel4-Dyangterdiridaridefine(pendefinisian)design(perancangan)develop(pengembangan)dandisseminate(penyebarluasan).Padapenelitianpengembanganinitahapdisseminate(penyebarluasan)tidakdilakukankarenaketerbatasanwaktudanbiaya.Validasiisibahanajardigitaldilakukanolehvalidatordanujiketerbacaanolehpesertadidik.ValidasiahlidilakukanolehsatuorangdosendansatuoranggurukimiaSMAsedangkanujiketerbacaandilakukanolehsepuluhpesertadidikSMA.InstrumenvalidasiberupaangketpenilaianmenggunakanskalaLikertempattingkatdisertaidengankolomkomentardansarandarivalidator.Datayangdiperolehberupadatakuantitatifdankualitatif.Datakuantitatifdiperolehdarinilairata-ratahasilvalidasidenganmenggunakanteknikanalisisrata-rata.Datakualitatifdiperolehdarikomentardansarandenganmenggunakanteknikanalisisdeskriptif.Keduadatatersebutmerupakandasaryangdigunakanuntukmelakukanrevisiterhadapbahanajardigitalyangdikembangkan.Hasilpengembanganadalahbahanajardigitalpokokbahasanasambasaberbasisinkuiriterbimbingyangdapatdijadikansebagaipenunjangdalampembelajarankimia.Berdasarkanvalidasiyangtelahdilakukandiperolehpersentaserata-ratauntukkriteriapenilaianisimaterisebesar777%dankriteriapenilaianmediasebesar796%sehinggadiperolehpenilaianrata-ratasebesar787%.Sedangkanuntukhasilujiketerbacaanpada10orangpesertadidikdiperolehpenilaianrata-ratasebesar792%.BerdasarkankriteriayangtelahditetapkanmakabahanajardigitallayakuntukdijadikansebagaipenunjangdalampembelajaranpokokbahasanasambasadenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbinguntukKelasXISMA/MA.