Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan ADI (Argument Driven Inquiry) terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis / Inmas Putri Mumpuni

Main Author: Mumpuni, Inmas Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/22321/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMumpuniInmasPutri.2017.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingdanADI(ArgumentDrivenInquiry)terhadapKeterampilanArgumentasiIlmiahdanHasilBelajarPesertaDidikpadaMateriHidrolisis.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)OktaviaSulistinaSPd.M.Pd(II)Dra.SurjaniWonorahardjoPh.D.KataKunciInkuiriTerbimbingADI(ArgumentDrivenInquiry)KeterampilanArgumentasiHasilBelajarKualitaspendidikandiIndonesiaperluditingkatkanuntukmenghadapieraglobalisasi.Prosespembelajaranadalahsalahsatuaspekpentingyangharusdiperbaikikarenakegiatanpembelajaranmasihdidominasiolehguru.KondisiiniyangmenyebabkankurangoptimalnyapesertadidikdalammeningkatkanwacanaargumentatifdanhasilbelajarsehinggadiperlukanprosespembelajaranmelaluimodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanADI(ArgumentDrivenInquiry).ModelpembelajaranADImerupakanpenyempurnaandarimodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganadanyabimbinganargumentasiberjenjang.Dengandemikianpesertadidikdapatdenganmudahmemahamimateridandapatberargumentasisecaraaktif.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuiketerlaksanaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanADIpadamaterihidrolisis(2)mengetahauimodelpembelajaranADI(ArgumentDrivenInquiry)memberikanhasilyanglebihbaikdibandingkanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingterhadapketerampilanargumentasiilmiahpesertadidik(3)mengetahuiperbedaanpengaruhmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanADI(ArgumentDrivenInquiry)terhadaphasilbelajarpesertadidikpadamaterihidrolisis(4)mengetahuihubunganketerampilanargumentasiilmiahdenganhasilbelajarpesertadidikyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanADI(ArgumentDrivenInquiry).Rancanganpenelitianmenggunakandesainpenelitiansemu(QuasiExperimental)denganmodelposttestonlycontrolgroupdesign.PopulasipadapenelitianiniadalahkelasXISMA.Teknikpengambilansampeldilakukanmenggunakanteknikclusterrandomsampling.SampelpenelitianmeliputikelasXIIPA-3sebagaikelasyangdibelajarkanmenggunakanmodelinkuiriterbimbingdankelasXIIPA-5sebagaikelasyangdibelajarkanmenggunakanmodelADI(ArgumentDrivenInquiry).Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahtesuraianketerampilanargumentasidanhasilbelajar.DataketerlaksanaanpembelajarandianalisisdengananalisisdeskriptifsedangkandatanilaiketerampilanargumentasiilmiahdanhasilbelajarpesertadidikdianalisisdengananalisisstatistikmenggunakanbantuanprogramSPSS16.0forwindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)keterlaksanaanpembelajaranmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanADIterlaksanasangatbaikdenganpresentasesebesar9166%dan9200%(2)modelpembelajaranADImemberikanhasilyanglebihbaikterhadapketerampilanargumentasiilmiahpesertadidikdibandingkanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdengannilairata-rataketerampilanargumentasiilmiahpesertadidikkelasADIlebihtinggi(7051)daripadanilairata-rataketerampilanargumentasiilmiahpesertadidikkelasinkuriterbimbing(6323)(3)adaperbedaanpengaruhmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanmodelpembelajaranADIterhadaphasilbelajarpesertadidikdengannilairata-ratahasilbelajarpesertadidikkelasADIlebihtinggi(7182)dibandingkandenganhasilbelajarpesertadidikkelasinkuriterbimbing(6488)(4)adahubunganantaraketerampilanargumentasiilmiahdenganhasilbelajarpesertadidikpadakelasyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdankelasyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranADI.