Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan ADI (Argument Driven Inquiry) terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis / Inmas Putri Mumpuni
Main Author: | Mumpuni, Inmas Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22321/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMumpuniInmasPutri.2017.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingdanADI(ArgumentDrivenInquiry)terhadapKeterampilanArgumentasiIlmiahdanHasilBelajarPesertaDidikpadaMateriHidrolisis.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)OktaviaSulistinaSPd.M.Pd(II)Dra.SurjaniWonorahardjoPh.D.KataKunciInkuiriTerbimbingADI(ArgumentDrivenInquiry)KeterampilanArgumentasiHasilBelajarKualitaspendidikandiIndonesiaperluditingkatkanuntukmenghadapieraglobalisasi.Prosespembelajaranadalahsalahsatuaspekpentingyangharusdiperbaikikarenakegiatanpembelajaranmasihdidominasiolehguru.KondisiiniyangmenyebabkankurangoptimalnyapesertadidikdalammeningkatkanwacanaargumentatifdanhasilbelajarsehinggadiperlukanprosespembelajaranmelaluimodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanADI(ArgumentDrivenInquiry).ModelpembelajaranADImerupakanpenyempurnaandarimodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganadanyabimbinganargumentasiberjenjang.Dengandemikianpesertadidikdapatdenganmudahmemahamimateridandapatberargumentasisecaraaktif.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuiketerlaksanaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanADIpadamaterihidrolisis(2)mengetahauimodelpembelajaranADI(ArgumentDrivenInquiry)memberikanhasilyanglebihbaikdibandingkanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingterhadapketerampilanargumentasiilmiahpesertadidik(3)mengetahuiperbedaanpengaruhmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanADI(ArgumentDrivenInquiry)terhadaphasilbelajarpesertadidikpadamaterihidrolisis(4)mengetahuihubunganketerampilanargumentasiilmiahdenganhasilbelajarpesertadidikyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanADI(ArgumentDrivenInquiry).Rancanganpenelitianmenggunakandesainpenelitiansemu(QuasiExperimental)denganmodelposttestonlycontrolgroupdesign.PopulasipadapenelitianiniadalahkelasXISMA.Teknikpengambilansampeldilakukanmenggunakanteknikclusterrandomsampling.SampelpenelitianmeliputikelasXIIPA-3sebagaikelasyangdibelajarkanmenggunakanmodelinkuiriterbimbingdankelasXIIPA-5sebagaikelasyangdibelajarkanmenggunakanmodelADI(ArgumentDrivenInquiry).Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahtesuraianketerampilanargumentasidanhasilbelajar.DataketerlaksanaanpembelajarandianalisisdengananalisisdeskriptifsedangkandatanilaiketerampilanargumentasiilmiahdanhasilbelajarpesertadidikdianalisisdengananalisisstatistikmenggunakanbantuanprogramSPSS16.0forwindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)keterlaksanaanpembelajaranmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanADIterlaksanasangatbaikdenganpresentasesebesar9166%dan9200%(2)modelpembelajaranADImemberikanhasilyanglebihbaikterhadapketerampilanargumentasiilmiahpesertadidikdibandingkanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdengannilairata-rataketerampilanargumentasiilmiahpesertadidikkelasADIlebihtinggi(7051)daripadanilairata-rataketerampilanargumentasiilmiahpesertadidikkelasinkuriterbimbing(6323)(3)adaperbedaanpengaruhmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanmodelpembelajaranADIterhadaphasilbelajarpesertadidikdengannilairata-ratahasilbelajarpesertadidikkelasADIlebihtinggi(7182)dibandingkandenganhasilbelajarpesertadidikkelasinkuriterbimbing(6488)(4)adahubunganantaraketerampilanargumentasiilmiahdenganhasilbelajarpesertadidikpadakelasyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdankelasyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranADI.