Pengembangan bahan ajar kurikulum 2013 berbasis inkuiri terbimbing pada materi sifat koligatif larutan untuk siswa kelas XII SMA / Daniar Dinastiti
Main Author: | Dinastiti, Daniar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22318/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDinastitiDaniar.2017.PengembanganBahanAjarKurikulum2013BerbasisInkuiriTerbimbingpadaMateriSifatKoligatifLarutanuntukSiswaKelasXIISMA.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SitiMarfuahM.S(II)Dra.SurjaniWonorahardjoPh.D.KataKuncibahanajarinkuiriterbimbingsifatkoligatiflarutanKurikulum2013menekankanpadapembentukankompetensidankaraktersiswa.ProsespembelajarandikelaspadaKurikulum2013menggunakanpendekatansaintifik.Pendekatansaintifikinidapatmembantusiswauntuklebihmemahamipelajaranterutamamatapelajaranrumpunsains.Salahsatumatapelajaranrumpunsainsadalahkimia.Banyaksiswamengeluhkankurangdapatmemahamimaterikimiamisalnyapadamaterisifatkoligatiflarutan.Halinidisebabkanbahanajaryangdigunakanmasihmenjelaskansecaradeskriptifdiikutirumus-rumussertacontohsoal.BahanajaryangberedarjugakurangsesuaidenganKurikulum2013.SelainituketersediaanbahanajaryangsesuaidengankarakteristikKurikulum2013jumlahnyamasihterbatas.Siswamembutuhkanbahanajaryangdapatmembantumerekamembangunpengetahuan.Salahsatunyadenganmenggunakanbahanajarberbasisinkuiriterbimbing.Langkah-langkahdalaminkuiriterbimbingdapatmembantusiswauntukmembangunpemahamanmereka.PenelitianpengembanganinibertujuanuntukmengembangkanbahanajaryangsesuaikebutuhansiswadantuntutanKurikulum2013.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianpengembanganiniadalahFour-DModel(Model4D)Thiagarajandkk(1974).ModelFour-DModel(Model4D)terdiridariempattahapyaitutahapdefine(membatasi)design(merancang)develop(mengembangkan)dandisseminate(menyebarkan).Pengembanganbahanajarhanyadilakukanpadatahapdefine(membatasi)design(merancang)develop(mengembangkan).Tahapdisseminate(menyebarkan)tidakdilakukan.Bahanajaryangdikembangkanberupabukusiswadanbukuguru.BahanajaryangdikembangkandiujikelayakannyaolehvalidatoryangterdiridarisatudosenkimiadanduagurukimiaSMA.Selainitujugadilakukanujiketerbacaanpadasiswa.Bahanajartermasukdalamkategorilayakiikaskorhasilvalidasilebihbesardari61%.Datavalidasiyangdiperolehyaitudatakualitatifdankuantitatif.Datakualitatifberupakomentardansarandarivalidator.Datakuantitatifberupanilairata-rataangketdarivalidatordanhasilujiketerbacaan.Hasilvalidasiuntukbukusiswadanbukuguruyangdilakukanolehtigavalidatormenghasilkannilairata-ratamasing-masing8408%dan8481%.Hasilujiketerbacaanoleh15siswakelas15MIA7SMAN1Malangmemilikirata-ratasebesar8144%.MengacupadakriteriakelayakanolehRiduawan(200715)ketigaskortersebuttermasukdalamkategorisangatlayakdigunakanpadakegiatanpembelajaran.