Perbedaan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIA MAN I Malang yang dibelajarkan dengan mpdel pembelajaran inkuiri terbimbing kolaboratif dan inkuiri terbimbing non-kolaboratif pada materi larutan penyangga (buffer) / Mentari Arie Dian Safitri

Main Author: Safitri, Mentari Arie Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/22317/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSafitriMentariA.D.2017.PerbedaanHasilBelajarkognitifSiswaKelasXIMIAMAN1MalangyangDibelajarkandenganModelPembelajaranInkuiriTerbimbingKolaboratifdanInkuiriTerbimbingNon-KolaboratifpadaMateriLarutanPenyangga(Buffer).SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)DrsRidwanJoharmawanM.Si(II)Drs.SodiqIbnuM.Si.KataKunciInkuiriTerbimbingKolaboratifHasilBelajarLarutanPenyangga(Buffer)Larutanpenyanggamemuatkonsep-konsepyangpadaumunyasulitdipahamiolehsiswa.BerdasarkanbeberapapenelitianyangtelahdilakukansebelumnyainkuiriterbimbingdapatmemberikanpengaruhterhadaphasilbelajarkognitifpadamateriLarutanPenyangga.Keterbatasanpembelajaraninkuiriterbimbingyaitusiswamembutuhkanwaktulebihlamadalamprosespembelajaransedangkanwaktuguruterbatas.Selainitukemampuansiswadalammemahamimateriberbeda.Kekurangantersebutdapatdiatasidenganpenerapanpembelajarankolaboratif.Padapembelajarankolaboratifdiawalidengankegiatanindividukemudiankegiatankelompokdandilanjutkandengankegiatanindividukembali.Kolaborasiantarasiswamemungkinkansiswaberinteraksidengankelompoknya.TujuanpenelitianiniadalahuntukmembedakanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganinkuiriterbimbingdaninkuiriterbimbingkolaboratifpadamateriLarutanPenyangga(Buffer).Penelitianinimenggunakanrencanapenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign).PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIMAN1Malang.Penentuansampeldalampenelitianinidilakukansecaraclusterrandomsampling.Padakelaskontroldibelajarkandenganinkuiriterbimbingsedangkandikelasekperimendibelajarkandenganinkuiriterbimbingkolaboratif.InstrumenyangdigunakanadalahinstrumenperlakukanberupasilabusRPPdanteskemampuankognitifsebanyak30butirsoaldenganreliabilitias0769.Padapenelitianinidiperolehdatalembarketerlaksanaanprosespembelajarandanhasilbelajarkognitifyangdianalisisstatistikkuantitatifberupauji-tpadasignifikasi005.BerdasarkanhasilpenelitiandiperolehhasilbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganmodelinkuiriterbimbingdaninkuiriterbimbingkolaboratifpadamateriLarutanPenyangga.Siswayangdibelajarkandenganmodelinkuriterbimbingkolaboratifmemperolehrata-ratahasilbelajarsebesar7191sedangkansiswayangdibelajarkandenganinkuiriterbimbingmemperolehhasilbelajarsebesar6476.