Perbedaan hasil belajar kognitif materi sistem koloid yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing-peta konsep dan inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen / Desy Eka Ratnasari

Main Author: Ratnasari, Desy Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/22303/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRatnasariDesy.E.2016.PerbedaanHasilBelajarKognitifMateriSistemKoloidyangDibelajarkandenganModelPembelajaranInkuiriTerbimbingPetaKonsepdanInkuiriTerbimbingpadaSiswaKelasXISMANegeri1Kepanjen.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.DedekSukarianingsihM.PdM.Si.(II)Dr.SitiMarfuahM.S.KatakunciModelPembelajaranInkuiriTerbimbingPetaKonsepHasilBelajarKognitifSistemKoloidKimiamerupakansalahsatucabangdariilmupengetahuanalamdijenjangSekolahMenengahAtasmateriyangyangdipelajaricukupbanyak.Halinimenyebabkansebagiansiswamenganggapmatapelajarankimiamerupakanmatapelajaranyangsulit.Pembelajarankimiasebaiknyadiajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranyangtepatagarsiswadapatmenerimapelajarankimiadenganbaik.SalahsatumodelpembelajaranyangsesuaiuntukditerapkanadalahmodelpembelajaranInkuiriTerbimbing.Modelpembelajaranyangberpusatpadasiswadapatmembantusiswamengkonstrukpengetahuanyangdiperolehnyasehinggapengetahuanataukonsepyangdiperolehakanlebihbermaknadanlebihmelekatdalampemahamansiswa.Kesalahan-kesalahankonsepyangseringdihadapisiswaterjadikarenasiswaharusbelajardenganmembangunpengetahuannyasendiri.Upayayangdapatdilakukanuntukmengurangikesalahankonseptersebutdenganmemberikantugasberupapembuatanpetakonsep.Pembuatanpetakonsepinidapatditerapkaanpadamodelpembelajaraninkuiriterbimbingkarenakeduanyasama-samabertujuanuntukmembantusiswalebihmengkonstrukpemahamannyasendiri.ModelpembelajaranInkuiriTerbimbingPetaKonsepdanInkuiriTerbimbingditerapkanpadamateriSistemKoloid.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)untukmengetahuiketerlaksanaanprosespembelajaranSistemKoloiddenganmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingPetaKonsepdanInkuiriTerbimbingpadasiswakelasXISMANegeri1Kepanjen(2)untukmengetahuiadatidaknyaperbedaanhasilbelajarmateriSistemKoloidantarasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingPetaKonseppadasiswakelasXISMANegeri1Kepanjen.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)denganmodelposttestonlycontrolgroupdesign.Pemilihansampeldilakukandenganteknikrandomsamplingmelaluiduakaliundian.Undianpertamadigunakanuntukmenentukankelassampelpenelitian.UndiankeduaterpilihkelasXIMIA5sebagaikelaseksperimendanXIMIA6sebagaikelaskontrol.KelaseksperimendibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingPetaKonsepdankelaskontroldibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranInkuiriTerbimbing.Instrumenyangdigunakanberupainstrumenperlakuan(silabusRPPLKS)daninstrumenpengukuran(teshasilbelajardanlembarobservasi).DataketerlaksanaanprosespembelajarandannilaikuisdianalisisdengananalisisdeskriptifsedangkandatanilaiulanganhariandianalisisdengananalisisstatistikadenganmenggunakanbantuanprogramSPSS20.0forwindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)keterlaksanaanprosespembelajaranpadasiswakelaseksperimendankelaskontroltermasukdalamkategoriterlaksanadengansangatbaik.Halinidapatdilihatdaripersentaserata-rataketerlaksanaanprosespembelajaranpadasiswakelaseksperimensebesar9485%dansiswakelaskontrolsebesar9328%(2)AdaperbedaanhasilbelajarmateriSistemKoloidantarasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingPetaKonsepdanInkuiriTerbimbingpadasiswakelasXISMANegeri1Kepanjen.Rata-ratanilaihasilbelajarkognitifmateriSistemKoloidsiswakelaseksperimenlebihtinggi(x7739251)daripadasiswakelaskontrol(x7738800).