Pengembangan buku ajar kimia SMA/MA pada materi termokimia untuk meningkatkan pemahaman peserta didik / Muchammad Darus

Main Author: Darus, Muchammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/22291/
Daftar Isi:
  • DarusMuchammad.2016.PengembanganBukuAjarKimiaSMA/MApadaMateriTermokimiauntukMeningkatkanPemahamanPesertaDidik.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.(II)Dr.H.YahminS.Pd.M.Si.Kata-KataKuncibukuajartermokimiakesulitanbelajarkonflikkognitifperubahankonsepBerdasarkanhasilpenelitianterhadaphasilpembelajarandiperolehfaktabahwapesertadidikmengalamikesulitanbelajardanmiskonsepsipadamateritermokimia.Halinidibuktikandenganhasilpenelitiansebelumnyayangmenunjukkanbahwapesertadidikkesulitantentangkalorkapasitaskalorenergiikatanqm.c.8710TdanHukumHess.Salahsatupenyebabkesulitandanmiskonsepsitersebutadalahbahanajar.Bahanajaryangselamainidigunakanhanyaberupasusunandefinisidanringkasanmateriyangtidakmemperhatikankesulitanyangdialamipesertadidik.Salahsatubahanajaryangtelahdapatmengatasikesulitanbelajaradalahbukuajar.Olehkarenaitudibutuhkanbukuajaryangdapatmengatasikesulitanbelajardanmiskonsepsisehinggadapatmembantumeningkatkanpemahamanpesertadidikpadamateritermokimia.Berdasarkanmasalahtersebutpenelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanbukuajarpadamateritermokimiauntukmeningkatkanpemahamanpesertadidikdanmengetahuikelayakannyadenganmenggunakanvalidasiisidanujiketerbacaan.PadapengembanganbukuajarinimodelpengembangannyamengadaptasimodelpenelitiandanpengembanganpembelajaranmenurutThiagarajan(1974)denganmodifikasinamundibatasihanyasampaitahap3yaitutahapdevelop(tahappengembangan).Datayangdiperolehadalahdatakuantitatifdandatakualitatif.DatakuantitatifberdasarkanskorangketyangdisusundalamskalaLikertuntukmenentukankelayakanbukuajar.Kelayakanbukuajardianalisisdengancaramenghitungpersentasedatakuantitatif.Datakualitatifberdasarkankomentardansaranperbaikan(revisi)olehvalidatorahliyaitudosenkimiadangurukimiaterhadapbukuajaryangdikembangkan.Bukuajardisempurnakandenganmemperbaikibagian-bagianyangperludiperbaikiberdasarkankomentardansaranparavalidatorsertapesertadidik.HasilvalidasibukuajarolehseorangdosendanduagurukimiaSMAmenunjukkanrata-ratapersentasekelayakansebesar90%(sangatvalid).Hasilujiketerbacaanolehsepuluhpesertadidikmenghasilkanpersentasekelayakansebesar86%(sangatvalid).Hasilvalidasiisidanujiketerbacaanmenunjukkanbahwabukuajartermokimiasangatlayakdigunakansebagaisumberbelajarbaikdalampembelajarandikelasmaupunsecaramandiri.Pengembanganbukuajartermokimiauntukmeningkatkanpemahamanpesertadidikhanyamengadaptasimodel4-Dsampaitahapketiga.Tahapkeempatyaitupenyebarluasan(disseminate)belumdilakukan.Olehkarenaitudisarankanuntukmelakukandisseminateuntukmembuktikankefektifanbukuajartermokimiauntukmeningkatkanpemahamanpesertadidik.