Pengembangan buku ajar kimia untuk materi kelarutan dan tetapan hasil kali kelarutan (Ksp) untuk peserta didik SMA kelas XI IPA / Riska Atik Widayati
Main Author: | Widayati, Riska Atik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22284/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWidayatiRiskaAtik.2016.PengembanganBukuAjarKimiauntukMateriKelarutandanTetapanHasilKaliKelarutan(Ksp)untukPesertadidikSMAKelasXIIPA.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.(II)Dra.DedekSukarianingsihM.Pd.M.Si.KataKunciPengembanganBukuAjarKimiaKelarutandanTetapanHasilKaliKelarutan(Ksp)Kelarutandantetapanhasilkalikelarutan(Ksp)merupakansalahsatumaterikimiayangsulitbagipesertadidik.Beberapapenelitianmenunjukkanbahwapemahamanpesertadidikpadamateritersebuttergolongrendah.Rendahnyapemahamandapatmengakibatkanpesertadidikmengalamikesalahandalammemahamikonsep(miskonsepsi).Beberapahalyangmenyebabkankesulitanpesertadidikantaralainkarakteristikmaterikelarutandantetapanhasilkalikelarutan(Ksp)bukuajaryangdigunakanminatbacayangrendahdanprosesbelajarpesertadidik.Berdasarkanhaltersebutperlupengembanganbukuajaryangdapatmenutupikekuranganbukuajaryangtelahadaagardapatmengurangimiskonsepsimeningkatkanpemahamanmeningkatkanminatbacadanmeningkatkanketuntasanbelajarpesertadidikpadamaterikelarutandantetapanhasilkalikelarutan(Ksp).Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkandanmengetahuikelayakanbukuajarkimiapadamaterikelarutandantetapanhasilkalikelarutan(Ksp)untukpesertadidikSMAkelasXIIPA.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandanpengembanganyangmengacupadamodel4-D(fourD-models)yangmeliputi4tahapyaitudefine(perencanaan)design(perancangan)develop(pengembangan)dandisseminate(penyebaran).Penelitiandanpengembanganiniterbataspadatahapdefinedesigndeveloptanpamelakukantahapdisseminate.Bukuajarhasilpengembangandivalidasioleh3validatoryaitusatudosenKimiaUMdanduaguruKimiaSMAN1GrogolKediridanujiketerbacaandilakukanpada10pesertadidikkelasXIIIPASMAN1GrogolKediri.Datahasilvalidasidanujiketerbacaanterdiridariduajenisyaitudatakuantitatifdiperolehdariperhitungannilairata-ratauntukmengetahuikelayakanbukuajardandatakualitatifberupakomentarkritikdansarandarivalidatoruntukmemperbaikibukuajaryangdikembangkan.Produkhasilpengembanganberupabukuajarkimiapadamaterikelarutandantetapanhasilkalikelarutan(Ksp).Hasilvalidasibukuajarolehvalidatormenunjukkanbahwakelayakankomponenisisebesar83%komponenpenyajiansebesar85%komponenkegrafisansebesar88%dankomponenbahasasebesar83%.Sehinggapersentasekelayakanbukuajaryangdiperolehsebesar85%dengankriterialayakdigunakan.Hasilujiketerbacaanolehpesertadidikmenunjukkanpersentasekelayakansebesar90%dengankriteriasangatlayakdigunakan.Bukuajarhasilpengembangandiharapkandapatdimanfaatkansebagaibukupendampingbagigurumaupunpesertadidikdanjugadapatdimanfaatkansebagaipenggantipembelajaranremedialbagipesertadidikyangbelumtuntas.