Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi hidrolisis garam dengan pendekatan saintifik untuk siswa SMA/MA kelas XI semester 2 / Muchammad Zainul Anwar

Main Author: Anwar, Muchammad Zainul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/22283/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnwarMuchammadZainul.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranPadaMateriHidrolisisGaramDenganMenggunakanPendekatanSaintifikUntukSiswaSMA/MAKelasXISemester2.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DarsonoSigitM.Pd.(II)OktaviaSulistinaS.Pd.M.PdKataKunciPerangkatpembelajaranPendekatansaintifikHidrolisisgaramSaatinikurikulumyangberlakudiIndonesiaadalahkurikulum2013.Dalamkurikulum2013digunakanpendekatansaintifikdalamprosespembelajaran.Pendekatansaintifik(scientificapproach)dalamprosespembelajaranmempunyailimapengalamanbelajarmeliputimengamatimenanyamengumpulkaninformasimenalardanmengkomunikasikan.Denganpendekatansaintifikgurudiharapkanbisamembimbingsiswauntuksecaraaktifmencarimengolahdanmengkonstruksipengetahuanmerekasendiriagartidakselalubergantungpadagurusaja.Salahsatumaterikimiayangdianggapsulitolehsiswaadalahmaterihidrolisisgaram.Kesulitanyangdialamisiswadalammempelajarimaterihidrolisisgaramdisebabkantidakterlibatnyasiswapadaprosespenemuankonsep.Pemberiankonsepsecaralangsungolehgurumengakibatkankonsepyangditerimasiswakurangbermakna.Olehkarenaitudiperlukansebuahperangkatpembelajaranyangbisamembantusiswadalammengkonstruksipengetahuannya.Makadariitupenelitianinibertujuanuntuk1)menghasilkanperangkatpembelajarankimiapadamaterihidrolisisgaramdenganpendekatansaintifikberupabukugurudanbukusiswa2)mengetahuikelayakanperangkatpembelajarankimiapadamaterihidrolisisgaramdenganpendekatansaintifikyangdihasilkan.Modelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanmengadopsimodelpenelitiandanpengembangan4-DThiagarajanyangterdiridariempattahapyaitu(1)Define(pendefinisian)(2)Design(perancangan)(3)Develop(pengembangan)dan(4)Disseminate(penyebaran).Namuntahapkeempatdarimodelpengembanganiniyaitutahapdisseminatetidakdilaksanakan.Penilaianterhadapprodukpenelitiandilakukanmelaluivalidasidanujiterbatas.Datahasilpenelitianberupadatakuantitatifdankualitatif.Datakuantitatifdiperolehberdasarkanpenilaianpadainstrumenvalidasidanangketujiketerbacaandenganskalalikertsedangkandatakualitatifdiperolehdarikomentardansaranvalidatordansubyekujiketerbacaan.Produkpengembanganyangdihasilkanberupabukugurudanbukusiswatentanghidrolisisgaramyangdikembangkandenganpendekatansaintifiksesuaikurikulum2013.Hasilvalidasiyangdilakukanpadabukusiswasebesar8350%yangmemenuhikriteriasangatlayakdanhasilvalidasipadabukugurusebesar9300%yangmemenuhikriteriasangatlayak.Sedangkanhasilujiketerbacaanpadabukusiswayangdiperolehsebesar8850%yangmemenuhikriteriasangatlayak.Darikeduahasiltersebutmenunjukkanbahwaperangkatpembelajaransangatlayakdigunakandalampembelajaran.