Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi hidrolisis garam dengan pendekatan saintifik untuk siswa SMA/MA kelas XI semester 2 / Muchammad Zainul Anwar
Main Author: | Anwar, Muchammad Zainul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22283/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnwarMuchammadZainul.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranPadaMateriHidrolisisGaramDenganMenggunakanPendekatanSaintifikUntukSiswaSMA/MAKelasXISemester2.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DarsonoSigitM.Pd.(II)OktaviaSulistinaS.Pd.M.PdKataKunciPerangkatpembelajaranPendekatansaintifikHidrolisisgaramSaatinikurikulumyangberlakudiIndonesiaadalahkurikulum2013.Dalamkurikulum2013digunakanpendekatansaintifikdalamprosespembelajaran.Pendekatansaintifik(scientificapproach)dalamprosespembelajaranmempunyailimapengalamanbelajarmeliputimengamatimenanyamengumpulkaninformasimenalardanmengkomunikasikan.Denganpendekatansaintifikgurudiharapkanbisamembimbingsiswauntuksecaraaktifmencarimengolahdanmengkonstruksipengetahuanmerekasendiriagartidakselalubergantungpadagurusaja.Salahsatumaterikimiayangdianggapsulitolehsiswaadalahmaterihidrolisisgaram.Kesulitanyangdialamisiswadalammempelajarimaterihidrolisisgaramdisebabkantidakterlibatnyasiswapadaprosespenemuankonsep.Pemberiankonsepsecaralangsungolehgurumengakibatkankonsepyangditerimasiswakurangbermakna.Olehkarenaitudiperlukansebuahperangkatpembelajaranyangbisamembantusiswadalammengkonstruksipengetahuannya.Makadariitupenelitianinibertujuanuntuk1)menghasilkanperangkatpembelajarankimiapadamaterihidrolisisgaramdenganpendekatansaintifikberupabukugurudanbukusiswa2)mengetahuikelayakanperangkatpembelajarankimiapadamaterihidrolisisgaramdenganpendekatansaintifikyangdihasilkan.Modelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanmengadopsimodelpenelitiandanpengembangan4-DThiagarajanyangterdiridariempattahapyaitu(1)Define(pendefinisian)(2)Design(perancangan)(3)Develop(pengembangan)dan(4)Disseminate(penyebaran).Namuntahapkeempatdarimodelpengembanganiniyaitutahapdisseminatetidakdilaksanakan.Penilaianterhadapprodukpenelitiandilakukanmelaluivalidasidanujiterbatas.Datahasilpenelitianberupadatakuantitatifdankualitatif.Datakuantitatifdiperolehberdasarkanpenilaianpadainstrumenvalidasidanangketujiketerbacaandenganskalalikertsedangkandatakualitatifdiperolehdarikomentardansaranvalidatordansubyekujiketerbacaan.Produkpengembanganyangdihasilkanberupabukugurudanbukusiswatentanghidrolisisgaramyangdikembangkandenganpendekatansaintifiksesuaikurikulum2013.Hasilvalidasiyangdilakukanpadabukusiswasebesar8350%yangmemenuhikriteriasangatlayakdanhasilvalidasipadabukugurusebesar9300%yangmemenuhikriteriasangatlayak.Sedangkanhasilujiketerbacaanpadabukusiswayangdiperolehsebesar8850%yangmemenuhikriteriasangatlayak.Darikeduahasiltersebutmenunjukkanbahwaperangkatpembelajaransangatlayakdigunakandalampembelajaran.