Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan problem solving terhadap hasil belajar kognitif dan High Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas XI SMAN 1 Kediri pada materi larutan penyangga / Tutur Taliningsih

Main Author: Taliningsih, Tutur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/22282/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTaliningsihTutur.2016.PengaruhPenggunaanModelPembelajaranKooperatifTipeThinkPairShare(TPS)DenganProblemSolvingTerhadapHasilBelajarKognitifDanHighOrderThinkingSkill(HOTS)SiswaKelasXISMANegeri1KediriPadaMateriLarutanPenyangga.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingIDr.MunzilM.SiPembimbingIIDrs.H.RidwanJoharmawanM.SiKataKunciThinkPairShare(TPS)ProblemSolvinghasilbelajarkognitifHighOrderThinkingSkill(HOTS).Hasilobservasimenunjukkanbahwasiswakurangaktifdidalamkelasyangmengakibatkantidakbermaknanyasebuahpembelajaran.Haltersebutberimbaspadahasilbelajarsiswayangmenurunsehinggaguruharusmencaricarauntukmembuatsiswalebihaktifdanhasilbelajarnyadapatmeningkat.Modelpembelajaranyangdapatmenjadialternatifuntukdigunakanadalahmodelpembelajarankooperatif.tipeThinkPairShare(TPS).NamunselainmemilikikeunggulansepertiyangtelahditulismodelpembelajaranThinkPairSharejugamemilikikelemahanyaitutingkatkesulitanataukualitaspertanyaanataumasalahyangdisampaikanolehguruakanmemengaruhipembelajaran.Haltersebutmenunjukkanbahwadibutuhkanmasalahdengankualitasyangtinggiataudapatdikatakansulitagardiskusisiswadapatdilakukansecaramaksimalsertadapatmelatihkemampuanberpikirtingkattinggisiswayangselamainidianggaprendah.SalahsatumodelpembelajaranyangdiharapkandapatdigunakanadalahProblemSolving.ModelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS)yangdipadudenganProblemSolvingmerupakansebuahalternatifyangdapatdigunakan.TujuandaripenelitianiniadalahmengetahuiapakahterdapatpengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSharedenganProblemSolvingterhadaphasilbelajarkognitifdanHOTSsiswakelasXISMAN1Kediridalammempelajarimaterilarutanpenyangga.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudenganmodelposttestonlycontrolgroupdesign.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXIMIIASMAN1Kediri.PengambilansampelmenggunakanteknikclusterrandomsamplingdandiperolehduakelasyaitukelasXIMIIACsebagaikelaseksperimenyangdibelajarkanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS)denganProblemSolvingdankelasXIMIIADsebagaikelaskontrolyangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare.Analisisstatistikdenganuji-tindependentsampletestdigunakanuntukmengujiperbedaanhasilbelajarkognitifdankemampuanHOTSsiswapadakelaseksperimendankelaskontrol.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhpenggunaanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSharedenganProblemSolvingpadahasilbelajarkognitifsiswadengannilaisignifikansi