Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan problem solving terhadap hasil belajar kognitif dan High Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas XI SMAN 1 Kediri pada materi larutan penyangga / Tutur Taliningsih
Main Author: | Taliningsih, Tutur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22282/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTaliningsihTutur.2016.PengaruhPenggunaanModelPembelajaranKooperatifTipeThinkPairShare(TPS)DenganProblemSolvingTerhadapHasilBelajarKognitifDanHighOrderThinkingSkill(HOTS)SiswaKelasXISMANegeri1KediriPadaMateriLarutanPenyangga.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingIDr.MunzilM.SiPembimbingIIDrs.H.RidwanJoharmawanM.SiKataKunciThinkPairShare(TPS)ProblemSolvinghasilbelajarkognitifHighOrderThinkingSkill(HOTS).Hasilobservasimenunjukkanbahwasiswakurangaktifdidalamkelasyangmengakibatkantidakbermaknanyasebuahpembelajaran.Haltersebutberimbaspadahasilbelajarsiswayangmenurunsehinggaguruharusmencaricarauntukmembuatsiswalebihaktifdanhasilbelajarnyadapatmeningkat.Modelpembelajaranyangdapatmenjadialternatifuntukdigunakanadalahmodelpembelajarankooperatif.tipeThinkPairShare(TPS).NamunselainmemilikikeunggulansepertiyangtelahditulismodelpembelajaranThinkPairSharejugamemilikikelemahanyaitutingkatkesulitanataukualitaspertanyaanataumasalahyangdisampaikanolehguruakanmemengaruhipembelajaran.Haltersebutmenunjukkanbahwadibutuhkanmasalahdengankualitasyangtinggiataudapatdikatakansulitagardiskusisiswadapatdilakukansecaramaksimalsertadapatmelatihkemampuanberpikirtingkattinggisiswayangselamainidianggaprendah.SalahsatumodelpembelajaranyangdiharapkandapatdigunakanadalahProblemSolving.ModelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS)yangdipadudenganProblemSolvingmerupakansebuahalternatifyangdapatdigunakan.TujuandaripenelitianiniadalahmengetahuiapakahterdapatpengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSharedenganProblemSolvingterhadaphasilbelajarkognitifdanHOTSsiswakelasXISMAN1Kediridalammempelajarimaterilarutanpenyangga.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudenganmodelposttestonlycontrolgroupdesign.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXIMIIASMAN1Kediri.PengambilansampelmenggunakanteknikclusterrandomsamplingdandiperolehduakelasyaitukelasXIMIIACsebagaikelaseksperimenyangdibelajarkanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS)denganProblemSolvingdankelasXIMIIADsebagaikelaskontrolyangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare.Analisisstatistikdenganuji-tindependentsampletestdigunakanuntukmengujiperbedaanhasilbelajarkognitifdankemampuanHOTSsiswapadakelaseksperimendankelaskontrol.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhpenggunaanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSharedenganProblemSolvingpadahasilbelajarkognitifsiswadengannilaisignifikansi